Cara Ternak Kacer Biar Cepat Bertelur Mudah & Lengkap

Burung kacer menjadi salah satu primadona yang banyak diidamkan oleh masyarakat. Pasalnya, burung ini memiliki suara kicau yang sangat bagus yang membuatnya memiliki kans besar untuk memenangkan suatu perlombaan kicau burung. Maka tak heran jika banyak yang mencari cara ternak kacer biar cepat bertelur. 

Khusus untuk burung kacer jantan, suaranya amat lantang dan juga merdu. Apalagi saat burung kacer sudah pandai berkicau, biasanya, ia dapat menentukan sendiri irama dengan berbagai variasi. 

Ketika dilihat dari luar, burung kacer berkicau dengan cara mendongakkan kepala sambil mengeluarkan suara yang aman lantang dan juga berirama. Sudah lantang, merdu pula Tak heran jika banyak banget yang sangat ingin memilikinya. 

Selain suaranya, burung kacer juga memiliki warna bulu yang indah. Ia memiliki perpaduan warna antara hitam dan juga putih di sebelah kanan kiri sayapnya. Akan tetapi, tingginya permintaan akan burung kacer tidak dibarengi dengan adanya orang yang menjualnya. 

Biasanya sih masalahnya berkisar pada durasinya untuk bertelur, bisa dibilang lumayan lama. Nah, jika kamu memang niat berbisnis burung kacer ini, tentu saja kamu harus tahu bagaimana cara ternak kacer biar cepat bertelur. Tujuannya? Apalagi kalau bukan untuk memenuhi permintaan pasar.

Daripada kelamaan, yuk cus saja langsung membahas cara-caranya. 

Cara Ternak Kacer biar Cepat Bertelur

Ada beberapa cara yang diberikan menurut informasi yang telah dirangkum oleh kami selaku pemberi metode efektif, berikut ini caranya. 

1. Menyiapkan Kandang yang Layak

Salah satu cara ternak kacer biar cepat bertelur adalah dengan menyiapkan kandang yang layak. Kamu bisa memilih beberapa jenis kandang seperti kandang penangkaran, sangkar gantung, atau dengan menggunakan model sarang.

Kalau kamu ingin membuat kandang dengan jenis kandang sangkar, maka pastikan ukuran luas dan kedalamannya 15 x 15 cm. Jangan lupa juga untuk melubanginya dengan bentuk bulat ataupun kotak. Plus sertakan juga beberapa daun kering lengkap dengan rantingnya untuk tempat burung bertengger. 

Beda halnya jika kamu ingin beternak kacer dengan menggunakan kandang gantung. Ukuran kandang yang harus dibuat adalah 50 x 50 x 50 sentimeter. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan sarang bagi burung kacer betina jika ingin mengerami telur-telurnya. 

Bisa juga kamu menggunakan kandang penangkaran budidaya burung kacer. Ini bisa kamu lakukan jika memiliki lahan yang cukup luas. Kamu bisa membuat kandang dengan ukuran panjang 100 – 200 sentimeter dengan lebar 90 – 10 sentimeter plus tingginya 170 – 200 sentimeter.

2. Menjodohkannya

Tak hanya manusia, burung kacer pun butuh untuk dijodohkan. Biasanya, usia optimal kacer dijodohkan adalah ketika ia berumur satu ataupun dua tahun. Saat burung betina dan jantan dijodohkan, jangan lupa untuk memastikan bahwa mereka berdua punya tingkat birahi stabil dan juga agresif saat ada dalam satu ranjang, sorry, kandang. 

Tapi, jangan langsung dijodohkan dan dikumpulkan dalam satu kandang begitu saja. Seperti manusia, kacer juga butuh pendekatan. Cara ternak kacer biar cepat bertelur yang kedua ini adalah dengan menyekat kandang antara keduanya. Biarkan kedua burung ini saling berpandangan dalam waktu beberapa minggu dan dipantau apakah cinta telah tumbuh di hati mereka. 

3. Perhatikan Kualitas Pakan

Cara ternak kacer biar cepat bertelur tentunya dengan memperhatikan kualitas pakan yang akan diberikan pada burung tercintamu ini. Makanan yang diberikan tentu harus bergizi bagi kacer seperti kroto, jangkrik, belalang, dan hewan lain yang memiliki tingkat protein yang tinggi. 

Selain protein, daftar makanan di atas juga merupakan makanan kacer agar cepat birahi. Tentu hal ini harus diberikan agar kacer bisa cepat melakukan reproduksi dan menghasilkan telur dalam waktu yang singkat. 

4. Melindunginya Saat Masa Mengerami

cara ternak kacer biar cepat bertelur
Cara ternak kacer biar cepat bertelur

Yang perlu kamu lakukan sebagai salah satu cara ternak kacer biar cepat bertelur adalah menjaga si betina saat sedang dalam masa mengerami telur-telurnya. Biasanya, burung kacer betina membutuhkan waktu 2 minggu untuk melewati masa pengeramannya. 

Saat proses pengeraman dari burung kacer betina berlangsung, silakan memberikan perlindungan ekstra kepadanya agar tidak membuat kacer betina tidak mudah stres dan memastikan kondisi sekitar tetap tenang. Hal ini harus dilakukan agar kacer betina tidak memecahkan telur-telurnya. 

Selain itu, ketika burung kacer betina sedang menjalani proses pengeraman, dua hari sebelum proses tersebut dilakukan, berilah ia asupan kroto agar proses kelahirannya bisa lancar. 

Dan lagi, jangan sampai lupa untuk memindahkan burung kacer jantan agar tidak mengganggu kacer betina saat sedang menikmati masa-masa awalnya menjadi seorang ibu dari telur yang belum menetas. 

Bikinlah suasana kandang senyaman mungkin dengan menghindarkannya dari gangguan tikus tengil, cicak menyebalkan, dan juga kecoak yang menggelikan.  Dengan perlindungan ekstra tersebut, kamu bisa mendapatkan telur berkualitas yang kamu inginkan. 

5. Merawat Anak Burung Kacer

Nah, ini adalah pasca kegiatan pengoptimalan cara ternak kacer biar cepat bertelur. Selain merawat ibu dari telur-telur tersebut, kamu juga harus merawat anakan burung kacer yang baru lahir dengan sepenuh hati. 

Jangan lupa untuk memberikannya makan tiga kali sehari yakni pagi, siang, dan juga sore hari. Kamu bisa memberi makanan ke anak burung kacer dengan menyuapinya menggunakan penjepit kecil dari bambu atau yang sejenis. 

Untuk makanannya, berikan kroto yang memiliki banyak protein di dalamnya. Namun, seperti bayi manusia, kamu harus memberi kroto tersebut dengan air agar anakan burung kacer bisa mudah mencerna makanan. 

Ketika usia anakan burung kacer sudah dua minggu atau lebih, anakan tersebut sudah bisa diberikan jangkrik namun kepala dan kakinya harus dibuang terlebih dahulu. Nantinya, ketika anakan kacer sudah berusia 8 minggu, kamu bisa memindahkannya ke kandang baru. 

Itulah cara ternak kacer biar cepat bertelur yang bisa kamu lakukan. Semoga berhasil!

Bagikan:

Tinggalkan komentar