Cara Ternak Ikan Mas Koki yang Gampang Banget

Jika kamu adalah seorang pemula, maka wajar akan mencari artikel mengenai cara ternak ikan mas koki. Tenang sob, kali ini Wong Cerdas akan membahasnya hingga tuntas!

Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati, sebagai bentuknya yang sangat unik dan cantik. Sebelum masuk ke dalam bisnis ini sebaiknya kamu mempelajari cara ternak ikan mas koki yang baik dan benar, mengingat ikan satu ini rentan dan sensitif.

Alat dan Bahan Budidaya Ikan Mas Koki

Alat dan bahan yang digunakan untuk budidaya ikan mas koki diantaranya : 

  1. Wadah. Ikan memerlukan wadah untuk bisa hidup dan berkembang biak, wadah ini bisa kamu siapkan berupa aquarium, ember, atau kolam terpal. Ukurannya dapat disesuaikan dengan jumlah ikan di dalamnya. 
  1. Aerator. Alat yang lazim digunakan para pecinta ikan hias ini memiliki fungsi yang cukup penting dan tidak boleh ditinggalkan. Alat ini berfungsi untuk menyuplai oksigen ke dalam air. Jika air memiliki kadar oksigen rendah ikan mas koki akan kesulitan bertahan hidup. 
  1. Filter. Cara ternak ikan mas koki selanjutnya membutuhkan Filter. Filter berfungsi untuk menyaring air dari kotoran. Sehingga kamu tidak perlu terlalu sering mengganti air. 
  1. Sikat. Sikat berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada dinding akuarium atau wadah lainnya. 
  1. Air. Air yang digunakan untuk ternak ikan mas koki harus air steril yang bebas dari bakteri dan virus serta memiliki suhu dan kadar pH yang sesuai. 
  1. Makanan ikan. Pemberian makanan ikan bisa dilakukan sehari 3x, namun porsinya harus diperhatikan tidak boleh berlebihan sebab sisa makanan ikan bisa membuat air jadi kotor. Pakan yang bisa diberikan berupa pakan ikan instan, cacing sutra, kutu air, pelet, jentik nyamuk, vitamin dan lain sebagainya. 
  1. Tanaman air seperti eceng gondok sangat diperlukan selain sebagai tempat berteduh juga sebagai media telur ikan menempel. 

Cara Ternak Ikan Mas Koki

Cara mengembangbiakkan ikan mas koki ada berbagai macam mulai dari budidaya dalam ember, aquarium, hingga kolam terpal. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Perlu diperhatikan jika ikan mas koki bisa hidup dan ringan baik pada air yang memiliki kadar pH 7 dengan suhu berkisar 24-27 °C. 

Di bawah ini ada cara budidaya ikan mas koki di kolam terpal:

  1. Cara ternak ikan mas koki pertama yang harus dilakukan adalah memasang filter bertingkat berupa kapas, zeolit, dan lava rock. 
  2. Memastikan kecukupan oksigen untuk ikan dengan cara memasang aerator atau menggunakan kincir air. 
  3. Beri penutup pada bagian atas kolam ikan, agar ikan tidak terkena sinar matahari langsung dan mencegah kenaikan suhu dan pH air akibat paparan sinar matahari. 
  4. Ganti air kolam secara berkala setiap bulan sebanyak 30% dari jumlah air keseluruhan. 
  5. Terakhir, cara ternak ikan mas koki yaitu membersihkan kolam. Bersihkan kolam 3 bulan sekali dari kotoran yang menempel seperti lumut.

Cara Ternak Ikan Mas Koki dalam Aquarium

Ada cara ternak ikan mas koki di aquarium yang mudah sekali, begini kira-kira sob:

  1. Sediakan filter air. 
  2. Pasang aerator. 
  3. Pasang lampu untuk pencahayaan. 
  4. Jangan dekorasi aquarium menggunakan tanaman hidup, sebaiknya gunakan tanaman plastik saja. 
  5. Ganti air secara berkala setiap 2 Minggu sekali sebanyak 30%. 

Cara ternak ikan mas koki di ember bisa jadi alternatif pilihan bagi kamu yang memiliki lahan sempit dan budget minim. Keuntungan dari budidaya ikan mas koki dalam ember diantaranya : 

  1. Hemat tempat. 
  2. Modal sedikit sebab harga ember murah. 
  3. Portable bisa dipindah pindah. 
  4. Mudah dibersihkan.
  5. Bisa diletakkan dimana saja. 

Perbedaan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Cara Ternak Ikan Mas Koki
Cara Ternak Ikan Mas Koki
Gambar: viva.co.id

Cara membedakan ikan mas koki jantan dan betina adalah sebagai berikut: 

  1. Ikan mas koki jantan memiliki tubuh yang ramping sedangkan ikan betina memiliki tubuh yang lebih bulat dan berisi. 
  2. Sirip ikan mas koki jantan ada bercak putihnya sedangkan yang betina tidak ada bercak. 
  3. Bentuk anus ikan mas koki oval dan datar, sedangkan ikan betina bulat menonjol. 
  4. Saat proses pengurutan ikan mas koki jantan akan mengeluarkan cairan putih sedangkan betina mengeluarkan cairan kuning. 

Cara Mengawinkan Ikan Koki di Aquarium

Mau tau cara agar ikan mas koki cepat bertelur? Mari simak ulasan di bawah ini : 

  1. Pemijahan dilakukan dengan memilih indukan betina yang berusia minimal 8 bulan 1 ekor dengan 3 jantan berusia sama. 
  2. Cara agar ikan mas koki cepat bertelur adalah saat masa pemijahan jangan lupa untuk diberi makan yang cukup sebanyak 3x sehari. 
  3. Masukkan eceng gondok kedalam akuarium sebagai media penempelan telur. 
  4. Gunakan aerator dengan kekuatan rendah, agar tidak merusak telur. 
  5. Waktu pemijahan dilakukan ketika dini hari atau saat subuh. 
  6. Setelah bertelur indukan harus dipisahkan agar telur tidak dimakan induknya. 
  7. Larva ikan akan menetas 2-4 hari setelah dibuahi. Ambil telur yang tidak menetas agar tidak busuk dan mencemari air. 

Kesulitan Budidaya Ikan Mas Koki

Jika ditanya perihal kesulitan, maka jelas saja apapun pekerjaannya pasti ada rintangan. Lalu, apa saja kesulitan budidaya ikan mas koki ini? Yuk baca di bawah ini sob:

  1. Perawatan harus detail. Ikan mas koki adalah salah satu jenis ikan hias yang rawan stres dan mati apabila perawatannya salah. Cara budidaya ikan hias mas koki lebih ribet dibanding ikan hias kecil lainnya. Harus selalu memperhatikan arus air, kadar oksigen, kebersihan aquarium, kadar pH dan suhu air, serta kualitas air. 
  1. Rentan terhadap penyakit. Misalnya akan muncul bercak putih pada permukaan tubuh ikan jika suhu air rendah. Air yang tidak steril bisa membuat ikan mudah diserang bakteri dan virus. 
  1. Harus rajin membersihkan kotoran atau sedimen tanah yang menempel secara berkala. 
  1. Ikan mas koki tidak bisa hidup jika kadar oksigennya rendah, jadi memerlukan suplai oksigen tambahan pada aquarium dan aerator pada kolam saya hujan turun. 
  1. Takaran pakan ikan harus disesuaikan tidak boleh asal kasih. Jika terlalu banyak diberi pakan dan tidak habis bisa mencemari air. 
  1. Ikan mas koki tidak bisa hidup di air kotor jadi harus menambahkan alat filter. 
  1. Perawatan ikan mas koki mahal, sebab membutuhkan banyak peralatan. 

Cara ternak ikan mas koki bisa dilakukan oleh siapa saja yang penting ada niat dan usaha. Pasar ikan mas koki itu sangat luas apalagi jenisnya ada banyak sekali, harapan hidupnya tinggi rata rata mencapai lebih dari 10 tahun, dan yang terpenting harga jualnya relatif tinggi kualitas dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar