Cara Sukses Jualan Es Tebu 100% Mudah

Siapa nih yang suka es tebu? Rasanya yang segar dengan manis alami ga ngebosenin ini pasti pernah kamu minum dong. Tapi apa kamu pernah berpikir untuk jualan es tebu? Es tebu juga bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan loh. Asal cara sukses jualan es tebu yang dilakukan sudah dipraktekkan dengan tepat.  

Kalau kamu pengen jualan es tebu tapi bingung bagaimana cara memulai, tidak perlu khawatir sobat, artikel ini membahas cara sukses jualan es tebu yang dijamin menguntungkan. .

Mengapa Harus Jualan Es Tebu?

Terkadang kita dituntut untuk menemukan alasan kenapa harus menjual produk tertentu. Alasan tersebut tentu menjadi pertimbangan agar bisnis yang dijalankan tidak mati di tengah jalan. Dengan kata lain, mengetahui peluang dari jualan es tebu merupakan salah satu cara sukses jualan es tebu. Lalu, kenapa jualan es tebu patut dicoba?  

  1. Modal murah dan bahan baku es tebu mudah ditemui 
  2. Target pasar konsumen adalah semua kalangan sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan terbuka lebar
  3. Proses pembuatan es tebu sangat sederhana dan bisa dikerjakan oleh siapapun
  4. Lokasi untuk berjualan es tebu bebas dimana saja
  5. Es tebu adalah jenis minuman yang sehat dikonsumsi sehingga aman untuk tubuh.

Gambaran Analisa Jualan Es Tebu

Cara Sukses Jualan Es Tebu
Cara Sukses Jualan Es Tebu
Sumber: Youtube Kota Tape

Jika kamu masih ragu untuk menjalankan bisnis es tebu. Analisa berikut bisa jadi pertimbangan kamu untuk mengukur modal dan menerawang penghasilan yang akan didapat nanti. 

  1. Asumsi Modal Investasi Awal
GerobakRp1,800,000
Mesin Pemeras Es TebuRp2,500,000
Mesin Cup SealerRp1,500,000
EmberRp15,000
Termos Untuk EsRp80,000
SaringanRp10,000
Pisau dan GolokRp50,000
Teko untuk Menyimpan Sari TebuRp30,000
SpandukJumlahRp90,000Rp6.075.000 
Asumsi Modal Investasi Awal

2.   Biaya Operasional

Batang Tebu (10 kg x 5000)  Batang Tebu (10 kg x 5000)  Rp50.000
Cup Plastik dan SedotanRp30.000
Es Batu, dan bahan lainRp30.000
Listrik, air, dllRp50.000
JumlahRp160.000 
Biaya Operasional

3.  Pendapatan

50 gelas/hari x 6000/gelas    =           Rp300.000

4.  Keuntungan

Pendapatan – Biaya Operasional = 300.000 – 160.000 = 140.000

Penghasilan sebulan yang diperkirakan adalah sebesar Rp140.000 x 30 hari = 4.200.000 sehingga dapat disimpulkan modal akan kembali dalam waktu kurang dari 2 bulan. Jadi, tidak dibutuhkan waktu lama untuk kamu mendapatkan penghasilan bersih. 

Asumsi tersebut bukan menjadi patokan perhitungan karena di setiap daerah pasti memberikan harga yang berbeda-beda. Namun kamu bisa menggunakan perhitungan tadi sebagai gambaran modal investasi awal dan penghasilan dari jualan es tebu. 

Begitulah kira-kira analisa jualan es tebu, yuk selanjutnya baca mengenai cara sukses jualan es tebu sampai habis di bawah ini.

Bagaimana Cara Sukses Jualan Es Tebu ?

Cara Sukses Jualan Es Tebu
Cara Sukses Jualan Es Tebu

Sebelum memulai, kamu tentu harus mempersiapkan bahan, alat, dan juga modal. Pastikan kamu menggunakan batang tebu yang berkualitas dan manisnya pas. Pemilihan alat untuk pembuatan es tebu seperti gerobak dan mesin juga harus teliti. 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan strategi dan cara sukses jualan es tebu ala kompetitor. Alangkah lebih baik jika bisnis es tebu kamu memiliki keunikan sebagai value yang memberikan kesan berbeda dengan penjual es tebu lainnya. 

Misal soal rasa, kamu menambahkan varian rasa yang tidak hanya original agar konsumen tidak merasa bosan. Dari segi pemasaran, kamu bisa menerapkan strategi penjualan yang lebih modern. Tidak hanya jualan es tebu di pinggir jalan, kamu bisa melebarkan sayap membuka stand es tebu di Mall maupun di pameran kuliner di daerahmu. 

Lalu, kamu juga bisa memulai usaha es tebu kemasan yang menarik dengan packaging yang tidak membosankan. Untuk selanjutnya bisa kamu sesuaikan dengan inovasi untuk strategi jualan kamu ya

Kemudian ada branding, menciptakan sebuah brand seperti pemberian nama dan logo untuk bisnis es tebu kamu juga penting banget nih. Dengan nama yang unik dan berbeda, orang lain akan mengingat bahwa es tebu dengan nama tersebut adalah milik kamu. So, ciptakan daya tarik untuk bisnis jualan es tebu mu seunik mungkin. 

Tapi jika kamu tidak mau repot mencari alat dan bahan untuk jualan es tebu, kamu bisa membangun kemitraan dengan franchise es tebu murni yang saat ini sudah tersedia di berbagai kota. 

Cara jualan es tebu bisa kamu kembangkan dengan metode franchise atau waralaba. Artinya, kamu membuka bisnis es tebu dengan nama merek dan produk yang sudah ada. Biasanya pemilik franchise menawarkan paket dengan rincian benefit yang didapatkan dengan harga tertentu. Saat ini, sudah banyak penawaran franchise es tebu murah yang bisa kamu manfaatkan.

Apakah sudah berminat jualan es tebu? Cara sukses jualan es tebu di atas harus banget kamu coba. Selain berusaha, hal lain yang harus dilakukan agar bisnis lancar adalah berdoa. Tetap semangat dan semoga sukses.

Bagikan:

Tinggalkan komentar