8 Cara Setting Personal Hotspot iPhone dengan Mudah

Cara Setting Personal Hotspot iPhone dengan Mudah – Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Apple. Fitur ini hadir untuk berbagi jaringan internet dengan orang lain, sehingga Anda bisa menggunakan jaringan tersebut ke beberapa perangkat, komputer misalnya. 

Dulu, jika ingin menggunakan jaringan internet di komputer, maka kita harus membeli sebuah benda berukuran sedang dengan panjang paling tidak 10 cm sebagai alat pemberi jaringan, atau yang kita kenal dengan modem. Kini, canggihnya dunia digital membawa kita dapat menikmati akses keren ini, cukup mengatur personal hotspot saja, maka kita sudah bisa menggunakan jaringan internet di berbagai perangkat. 

Yang perlu Anda ketahui, bahwa ketika Anda sudah mengaktifkan fitur personal hotspot ini, maka secara otomatis jumlah baterai yang dikonsumsi oleh iPhone Anda akan lebih banyak, sebab semua perangkat di dalamnya meski bekerja secara ekstra.

Jika Anda bingung cara setting personal hotspot iPhone ini, maka tenang saja, karena kami akan membahasnya secara tuntas di artikel ini. 

Cara Setting Personal Hotspot iPhone
Cara Setting Personal Hotspot iPhone dengan Mudah

Cara Setting Personal Hotspot iPhone

Sederhananya, berikut ada 8 langkah atau cara mengatur hotspot pribadi di iPhone yang bisa kamu ikuti.

  1. Anda bisa membuka bagian setting di iPhone Anda.
  2. Kemudian, Anda bisa mencari cellular->cellular data options-> cellular data network. 
  3. Lalu, Anda bisa mengisi nama pengguna (username) beserta password yang Anda kehendaki. 
  4. Cara setting personal hotspot iPhone selanjutnya adalah pada bagian APN bisa bisa Anda kosongkan saja.
  5. Selanjutnya, close menu setting di Hp Anda, dan nantikan beberapa pengaturan yang berubah. 
  6. Nanti, Anda akan mendapatkan menu baru di setting tadi yang bernama hotspot personal. 
  7. Kemudian, Anda bisa mengetuk menu tadi, dan menggeser tombol personal hotspot menjadi aktif. 
  8. Selain itu, ganti password sesuai yang Anda inginkan sebagai izin menggunakannya nanti. 

Done, kamu sudah berhasil mengikuti cara setting personal hotspot iPhone. Tapi, ada hal lain yang meski Anda tahu nih seputar hotspot personal iPhone.  Jadi, personal hotspot di iPhone terbilang cukup sering error atau ada gangguan, misalnya hilang secara tiba-tiba, atau tiba-tiba tak berfungsi.  Hal ini berdampak kepada gagalnya Anda membagikan akses internet ke berbagai perangkat yang lain.

Ketika mengalami kendala tersebut, pasti dong Anda merasa panic dan berpikiran bahwa iPhone Anda rusak. Anda tak perlu bingung ya, karena hal ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kerusakan di iPhone Anda, melainkan hanya butuh konfigurasi saja kok. Jika fiturnya hilang, atau sama sekali tidak dapat digunakan, maka Anda bisa mengembalikannya dengan cukup mudah.

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone yang Hilang atau Error

Nah, jika Anda mengalami kendala ini, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Yuk simak caranya di bawah.

Me-restart iPhone

Cara pertama mengatasi personal hotspot iPhone Anda yang tidak berfungsi adalah dengan merestartnya. Cara ini sangat simple, mudah, dan sederhana. Meski demikian, beberapa masalah di iPhone Anda bisa teratasi loh, salah satunya adalah hotspot personal yang hilang ini. 

Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol home, kemudian tekan  sleep/wake bersamaan hingga logo iPhone terlihat menghiasi layar. 

 Me-reset Network Setting

Jika ternyata selesai proses restart masih tidak berhasil, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara memunculkan hotspot di iPhone yang kedua ini yaitu mengatur jaringannya ulang, atau reset network setting. Kenapa? Karena masalah tersebut bisa saja disebabkan adanya kesalahan pengaturan sehingga mengakibatkan terdapat perubahan tak disengaja saat upgrade. 

Berikut langkah-langkah mereset network setting yang meski Anda lakukan. 

  • Buka iPhone Anda, lalu cari menu pengaturan. 
  • Kemudian, Anda bisa mencari menu general, geser ke bawah terus hingga terdapat pilihan reset. Lalu klik. 
  • Anda akan menemukan sebuah peringatan pop-up, dan tetap pilih reset network setting.

Saat proses ini berlangsung, Anda tak perlu khawatir, karena semua data-data Anda yang ada di dalam dipastikan aman, karena proses ini hanya akan membuat iPhone Anda kembali ke pengaturannya yang awal, tidak berpengaruh sama sekali terhadap data Anda. 

  • Terakhir, Anda bisa menunggu prosesnya selesai. Jika sudah, Anda bisa mulai memeriksa layar, lalu pengaturan, dan mengaktifkan lagi hotspotnya. 

 Setting APN

Jika kedua cara di atas masih gagal, maka Anda bisa mencoba cara pengaturan APN hotspot pribadi iPhone. Berikut caranya:

  • Anda bisa langsung membuka menu pengaturan. 
  • Kemudian cari menu cellular, kemudian klik. Jika sudah tampil, maka pilih bagian cellular data network. 
  • Lalu isi APN, nama pengguna, serta password id bagian cellular data, Anda bisa menyelesaikannya dengan operator yang Anda pakai. 
  • Selanjutnya, isi lagi APN, nama pengguna, dan password serupa di bagian hotspot pribadi. 
  • Terakhir, aktifkan hotspot pribadi Anda. 

Jika sewaktu-waktu ternyata menu hotspot pribadi di iPhone Anda hilang, maka Anda tinggal mengikuti step by step yang sudah dijelaskan di atas ya. mudah kan?

Demikian penjelasan mengenai cara setting personal hotspot iPhone dan mengatasi hotspot pribadi yang error atau tidak muncul di iPhone dari Wong Cerdas. Jadi, sudah jelas ya, jika menunya hilang bukan diakibatkan oleh kerusakan, tapi membutuhkan konfigurasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar