Cara Root STB Indihome Tanpa PC dengan Mudah

Cara root STB Indihome tanpa PC mungkin sangat dibutuhkan oleh kamu yang belum memiliki PC ataupun laptop di rumah. Banyak orang yang ingin melakukannya namun masih belum mengerti caranya. 

Padahal, dengan kamu mengerti cara root STB Indihome Tanpa PC, kamu bisa menikmati serangkaian manfaat yang ada dalam paket televisi Indihome. Biasanya, ketika kamu memilih untuk berlangganan paket, kamu akan mendapatkan seperangkat STB. 

Walaupun sudah diberikan paket, tetap tidak ada gunanya jika kamu tidak mengerti bagaimana cara root yang harus dilakukan. Selain itu, kamu masih harus menggunakan alat-alat tertentu jika ingin melakukan root STB. 

Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui dulu sekilas tentang STB ini. Setelahnya, baru akan disampaikan bagaimana cara root STB Indihome tanpa PC.

Apa Itu STB Indihome?

Sebelum mengetahuinya, kamu juga harus tahu paket STB tambahan yang diberikan oleh Indihome ketika berlangganan. STB merupakan singkatan dari Set Top Box yang merupakan suatu perangkat dekoder yang fungsinya adalah untuk menerima sinyal ataupun saluran televisi. 

Selain itu, STB juga berfungsi untuk melakukan konversi secara langsung terhadap sinyal video yang nantinya akan ditampilkan di layar televisi kepada audiens atau orang yang berlangganan.

Perangkat ini, menggunakan sistem yang berbasis android. Dan hal ini, tentu saja bisa membuat kamu hanya bisa memasang atau menginstal aplikasi yang memang diizinkan oleh perusahaan tempat kamu berlangganan—dalam hal ini Indihome.

Hal ini tentu saja membuat para pelanggan Indihome merasa tidak nyaman. Maka dari itu, tak heran jika banyak yang mencari bagaimana unlock dan juga bagaimana cara root Indihome tanpa PC agar lebih memudahkannya.  

Mengapa Harus Melakukan Root?

Banyak pelanggan yang mungkin penasaran tentang hal ini, mungkin salah satunya adalah kamu. Ada alasan mengapa banyak yang mencarinya. Hal yang tentu saja menjadi alasan utama adalah manfaat yang akan didapatkan bagi siapapun yang mengetahui cara root tersebut. 

STB Indihome, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menggunakan sistem yang berbasis android terbatas. Hal ini menyebabkan, pengguna Indihome tidak bisa menginstal sejumlah aplikasi yang memang tidak diizinkannya. 

Nah, fungsi dari root di sini, adalah agar para penggunanya bisa mendapatkan tingkat kontrol yang lebih tinggi pada perangkat yang digunakan. Salah satunya adalah izin untuk mendownload, menginstall, atau menjalankan sistem operasi apapun. 

Hal ini yang bisa menjelaskan mengapa cara root STB Indihome tanpa PC banyak dicari. Karena memang, setelah proses root sudah kamu lakukan, kamu diberikan kebebasan untuk mengedit, mengubah, dan juga memodifikasi semua yang memang ada di dalam sistem. 

Misalnya saja, ketika ada yang ingin STB Indihome unlock all channel, maka cara root ini sangat berfungsi bagi mereka. Dengan root, kamu bisa menikmati banyak channel televisi yang mungkin sebelumnya tidak bisa kamu tonton. 

Berbeda halnya jika kamu tidak melakukan root. Yang bisa kamu lihat hanya itu-itu saja dan berlangganan Indihome serasa pakai TV kabel: salurannya terbatas. Daripada ‘merugi’ ada baiknya jika kamu mencoba saja untuk melakukan root pada STB Indihome yang kamu miliki. 

Alat dan Bahan Root STB Indihome Tanpa PC

Cara Root STB Indihome Tanpa PC
Cara Root STB Indihome Tanpa PC

Bagi kamu yang sudah kebelet untuk mengerti cara root STB Indihome tanpa PC yang kamu miliki, harap jangan buru-buru. Ada baiknya jika kamu mengetahui lebih dulu alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan dalam proses rooting nanti. 

Siapkan alat dan bahan ini agar nanti tak kerepotan dan bisa melakukan proses rooting dengan cepat dan mudah. Alat dan bahan yang harus kamu persiapkan sebelum melakuakn cara root STB Indihome tanpa PC adalah sebagai berikut:

  1. STB Indihome yang dipakai. 
  2. Kabel USB to TTL.
  3. Kabel jumper.
  4. Kabel OTG.
  5. HP Android yang dipasang OTG atau yang juga bisa memakai USB 2 pada STB.
  6. SD card atau Flashdisk yang di dalamnya sudah berisikan FW.
  7. Aplikasi Serial USB Terminal. Download aja di Google Play Store.
  8. Aplikasi Keyboard with Ctrl Key
  9. File untuk root

Nah, kalau sudah, kamu bisa melanjutkan cara root STB Indihome dengan flashdisk namun tetap tanpa PC. 

Cara Root STB Indihome Tanpa PC

Cara ini bisa dilakukan terhadap beberapa jenis termasuk sebagai cara root STB Indihome B860H. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Agar tak salah ketika melakukannya, silakan simak langkah-langkah tersebut di bawah ini dengan cermat. 

  1. Bongkar STB Indihome dari bagian bawah. 
  2. Silakan hubungkan kabel jumper dari USB TTL ke STB Indihome yang tadi sudah dipersiapkan. 
  3. Kemudian, ekstrak file root yang sebelumnya sudah kamu download. 
  4. Setelah kamu selesai mengekstrak file root, silakan pindah file tersebut ke dalam SD Card ataupun flashdisk yang sebelumnya telah dihubungkan ke STB Indihome.
  5. Langsung hubungkan antara HP dan USB dengan cara menggunakan kabel OTG yang telah dipersiapkan.
  6. Setelah menghubungkannya, nantinya di android kamu akan muncul beberapa pilihan. 
  7. Klik Ok terlebih dulu.
  8. Silakan buka aplikasi USB Terminal yang sebelumnya telah di download. 
  9. Masuk ke pengaturan, lalu ubah baudrate ke angka 115200.
  10. Setelah itu, icon berupa socket akan muncul. Biasanya, icon tersebut akan muncul di samping ikon delete. 
  11. Kemudian, klik perintah berikut ini: cd/mnt/sda1/root/ kamu menggunakan flashdisk. Tapi jika kamu menggunakan SD Card, silakan ketikkan perintah berikut: cd/mnt/sdcard/root.
  12. Ketik lagi “sh root.sh”
  13. Cek adanya aplikasi super user. Kalau masih belum, silakan yang telah diberikan pada serial USB Terminal. 
  14. Kalau super user sudah ada, gas aja buka.
  15. Ketika super user meminta kamu untuk melakukan update binary, kamu hanya perlu memilih mode normal lalu ketikkan “sh root.sh” di serial USB Terminal.

Itulah beberapa langkah yang merupakan cara root STB Indihome tanpa PC yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa menyiapkan alat dan bahannya lebih dulu ya. Tanpanya, kamu tidak akan bisa melakukan proses rooting. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar