Cara Pasang Indihome yang Belum Ada Jaringan

Bagaimana cara pasang indihome yang belum ada jaringan? Pertanyaan ini sering diucapkan oleh setiap orang yang akan menggunakan indihome, khususnya masyarakat pedesaan. Jangankan kabel indihome, bahkan pemancar jaringan di pedesaan sangat minim sekali.

Namun, tidak memungkiri hal ini juga dapat terjadi di perkotaan dengan penduduk yang super padat. cara pasang indihome yang belum ada jaringan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Harus petugas khusu dari Telkom atau agan pemasangan kabel indihome. Pada artikel kali ini kami akan membahas apa itu indihome, dan cara pemasangan indihome yang belum ada jaringan.

Pengertian Indihome

Tahukah kamu apa itu indihome? Indihome merupakan satu dari beberapa jasa penyedia internet dari rumah di Indonesia yang biasa disebut dengan internet service provider (ISP). ISP telah memiliki banyak pelanggan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Penawaran berbagai paket internet indihome membuat siapa saja dapat memasang indihome di rumahnya. 

Jaringan Internet Indihome

Internet indihome diduga mampu memberikan akses yang jauh lebih cepat dari paket data yang ada di ponsel. Sebenarnya hal ini tergantung pada paket data kartu yang digunakan. Seperti jaringan telkomsel yang memiliki akses lebih luas dari jaringan indosat. 

Namun, karena indihome memakai jaringan fiber optik, itulah sebabnya internet indihome jauh lebih cepat dan stabil dari pada paket data. Bagaimana dengan daerah yang belum ada jaringan, akan tetapi ingin memasang indihome? Hal ini akan dibahas setelah ini dalam pembahasan cara pasang indihome yang belum ada jaringan.

Alasan Menggunakan Indihome

Mengapa sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan indihome dari pada paket data internet? Ada banyak alasan yang akan menjawab hal ini. Pertama, paket data hanya dapat digunakan oleh satu pengguna, jika pengguna diperbanyak maka kecepatan jaringan akan lemot dan tidak stabil.

Adapun indihome dapat diakses dan digunakan oleh siapa saja yang berada dalam jangkauannya. Tentu hal ini akan semakin menghemat pengeluaran individu dan beralih menjadi pengeluaran keluarga yang jauh lebih terjangkau. Adapun jika kendalanya adalah tidak ada jaringan, tenang. Karena ada pembahasan khusus tentang cara pasang indihome yang belum ada jaringan.

Pengecekan Jaringan Indihome

Pengecekan jaringan internet indihome penting untuk dilakukan. Sebab tidak semua wilayah memiliki jaringan indihome, baik daerah perkotaan maupun pedesaan. Apalagi bagi kamu yang ingin melakukan pemasangan indihome. Bagaimana cara pengecekan jaringan indihome? Saat ini untuk mengecek jaringan indihome di daerahmu tidak perlu harus datang ke kantor Telkom. 

Cara pengecekannya cukup mudah. Kamu cukup menggunakan hp milikmu, yaitu dengan mengunjungi laman fibermap.indihome.co.id, disitu kamu akan diminta untuk mengisi data secara lengkap, termasuk nama provinsi, kota, desa hingga RT dan RW. Barulah kamu tahu apakah daerahmu telah terdapat jaringan indihome atau belum.

Cara Pasang Indihome yang Belum Ada Jaringan

cara pasang indihome yang belum ada jaringan
Cara pasang IndiHome yang belum ada jaringan

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang pada akhirnya memilih untuk melakukan pemasangan indihome, sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut ini beberapa cara cara pasang indihome yang belum ada jaringan, antara lain:

1. Melakukan Pengajuan Secara Kolektif

Melakukan pengajuan ini adalah bagi daerah yang belum ada satupun warganya yang menggunakan indihome. Biasanya ini terjadi pada daerah pedesaan. Agar internet indihome dapat terpasang dibutuhkan ODP (optical distributor point) atau jaringan indihome. Ketetapan tersedia atau tidaknya ODP adalah berdasarkan kebijakan Telkom pada daerah masing-masing.

Jika belum tersedia maka cara pasang indihome yang belum ada jaringan adalah, dengan menunggu pemerataan jaringan yang akan dilakukan oleh Telkom. Meskipun belum terdapat ODP pada daerahmu, kamu tetap dapat melakukan pemasangan. Salah satunya adalah dengan mengajukan pada Telkom secara kolektif dengan minimal delapan pelanggan yang juga akan memasang indihome. 

2. Melakukan Permintaan Perluasan Area Indihome

Cara pasang indihome yang belum ada jaringan kedua adalah dengan meminta pengajuan perluasan area indihome. Tentunya hal ini juga diajukan pada pihak Telkom. Hanya saja caranya berbeda dan lebih mudah. Caranya adalah dengan melakukan vote indihome. Vote indihome dapat kamu akses melalui laman vote.indihome.co.id, lalu ikutilah petunjuk yang disampaikan.

Langkah selanjutnya adalah menunggu, akan tetapi jika kamu ingin vote permintaanmu diterima lebih dahulu. Kamu dapat mengajak tetanggamu untuk melakukan vote yang sama. Dengan ini pihak Telkom akan mempercepat pemasangan jaringan ODP pada daerahmu. Semakin banyak tetangga yang melakukan vote, maka daerahmu akan diprioritaskan terlebih dahulu.

3. Menggunakan Indihome Direct to Home

Jika kedua cara diatas belum berhasil, mungkin kamu dapat menggunakan cara ketiga. Menggunakan indihome direct to home. Ketika menggunakan ini kamu tidak perlu bingung bagaimana cara pasang indihome yang belum ada jaringan, karena layanan direct to home ini hampir sama dengan paket data. Hanya saja layanan ini jangkauannya lebih luas.

Kelebihan indihome direct to home adalah kamu tidak perlu melakukan pemasangan kabel, tidak perlu menunggu adanya pemasangan jaringan ODP, internet dapat digunakan banyak orang, serta jaringan cepat dan stabil. Namun, tentunya memiliki perbedaan dengan yang melakukan pemasangan kabel. Entah kualitas internetnya, lebih hemat, dan lain-lain.

4. Melakukan Penarikan Kabel Indihome

Lain halnya dengan cara keempat karena ini bagi yang daerahnya telah terdapat jaringan atau ODP, hanya saja jaraknya terlalu jauh. Pemasangan indihome pada daerah yang telah terdapat ODP tentu jauh lebih mudah. Namun, jika jarak kabel ODP terlalu jauh, maka harus dilakukan penarikan.

Jarak maksimal dari rumahnya dengan ODP adalah 250 meter. Jika melebihi ini, maka harus ada penarikan kabel dengan biaya Rp 5000-Rp 7000 rupiah untuk setiap meternya. 

Itu dia empat cara pasang indihome yang belum ada jaringan, hanya saja untuk cara nomor empat ini jaringan akan agak lambat. Sebab terlalu jauh dengan letak ODP. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar