Cara Merawat HP Samsung A30 Spesifikasi Tinggi Agar Awet

Kali ini Wong Cerdas akan membahas mengenai cara merawat HP Samsung A30 dengan spesifikasi tinggi. Penasaran? Baca artikel ini hingga habis ya sobat.

Menghemat baterai untuk ponsel Android juga dibutuhkan, agar ponsel kamu seperti tipe Samsung A30 bisa lebih terawat dan baterai tidak cepat rusak. Karena, kadang sebagian orang tidak menyadari dalam penggunaan baterai yang tidak benar bisa ikut merusak ponsel tersebut. 

Namun, ada beberapa cara untuk menghemat baterai dengan menggunakan aplikasi tertentu. Kali ini coba deh sobat lakukan dengan tanpa menggunakan aplikasi, jika tertarik ikutilah cara merawat HP Samsung A30 di bawah ini.

Cara Merawat HP Samsung A30 Spesifikasi Tinggi

Tidak banyak yang tau cara merawat HP, terutama HP Samsung A30 dengan spesifikasi tinggi. Gak maukan HP kesayanganmu rusak secara cepat? Nah, jika kamu menginginkan hp yang awet atau tahan lama, bisa deh ikuti cara merawat HP Samsung A30 berikut ini.

1. Kurangi Bagian Kecerahan Layar

Jika ingin baterai tetap awet, coba kurangi kecerahan cahaya pada layar ponsel. Karena, makin terang cahaya pada layar akan makin mempercepat daya baterai habis dari energi yang diserap oleh cahaya. Di mana sobat bisa mengurangi cahaya tersebut hingga 30 %.

2. Power Mode Diaktifkan

Pada ponsel ini, kamu bisa menonaktifkan power modenya. Hal tersebut juga bisa menghemat daya baterai Samsung milikmu. Karena, power mode memang berfungsi untuk hal tersebut dan fitur ini juga terdapat pada tipe Samsung.

3. Matikan Sinkronisasi

Apabila kamu memiliki akun google atau Samsung dan memasukinya, pastinya akan secara otomatis melakukan sinkronisasi. Untuk itu, matikan fitur sinkronisasi tersebut untuk menghemat baterai.

Pada Samsung A30 spesifikasi terbaik, ada ukuran layar 6.4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixels dan RAM 3GB/4GB. Sehingga, mode sinkronisasi bisa otomatis dan non otomatis. Kamu bisa memilih yang non otomatis sehingga lebih dapat memperpanjang usia komponen agar tidak panas.

4. Nonaktifkan GPS

cara merawat HP Samsung A30 yang selanjutnya adalah dengan menonaktifkan GPS. Jika kamu sedang menghemat baterai untuk keperluan yang lain, matikan fitur-fitur yang sedang tidak digunakan. Terutama fitur yang memang bisa menyerap daya pelan-pelan berkurang. Salah satunya fitur GPS disarankan untuk dimatikan atau dinonaktifkan.

Karena, jika ponsel mengeluarkan energi untuk melakukan pencarian bersamaan dengan menggunakan kuota maka baterai sebagai tenaga dari ponsel akan sedikit berkurang.

5. Gunakan Charger Original

Cara Merawat HP Samsung A30
Cara Merawat HP Samsung A30
Gambar: Blibli.com

Selain pada penggunaan ponsel Samsung A30 spesifikasi, cara lain yang juga membantu daya baterai tidak cepat habis adalah dengan melakukan pengisian daya dengan menggunakan charger original atau asli dari ponsel tersebut. Selain itu, pengisian dengan menggunakan charger lain juga bisa membuat ponsel cepat rusak karena tidak sesuai dengan ketentuannya.

6. Jangan Banyak Install Aplikasi

Dalam kondisi baterai mulai melemah dan kamu membutuhkan melakukan sesuatu seperti menelepon, jangan melakukan penginstalan aplikasi yang banyak. Kenapa demikian? Jadi begini, jika aplikasi terlalu banyak yang diinstal, maka banyak juga daya yang terserap pada masing-masing aplikasi.

Simpelnya sih, semakin banyak aplikasi, maka semakin besar daya yang dibutuhkan untuk menggunakan ponsel tersebut.

7. Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Menggunakan sesuatu yang bergerak seperti wallpaper bergerak juga bisa membuat baterai cepat habis secara perlahan. Oleh karena itu, jangan gunakan yang seperti itu jika kamu tidak ingin baterai cepat habis.

8. Biasakan Update Software

Software atau aplikasi yang selalu minta update, kadang bisa membuat baterai cepat habis jika tidak dilakukan. Maka, jangan lupa untuk selalu meng-update software tersebut. 

9. Aktifkan Dark Mode

Fitur dark mode memang sedang viral dan populer di kalangan gadget mania, tipe-tipe ponsel terbaru sudah memiliki fitur ini. Jika kamu menginginkan baterai lebih hemat, maka aktifkan fitur yang mengubah tampilan menjadi hitam semua ini. 

10. Kalibrasi Baterai Samsung

Selanjutnya juga dengan melakukan kalibrasi baterai pada Samsung A30 spesifikasi seperti ini, maka baterai yang kamu gunakan akan menjadi lebih hemat penggunaannya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Terapkanlah beberapa tips di atas sebagai cara merawat HP Samsung A30 dengan pintar agar kamu bisa menghemat pemakaian baterai. Jika salah satu cara atau semuanya sobat lakukan, dijamin deh kamu bisa selalu menghemat baterai ponsel kesayanganmu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar