Cara Menonaktifkan WA Sementara Dengan Mudah Tanpa Ribet

Siapa sih yang tidak kenal WhatsApp? Ya, WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang sangat populer di dunia. Di Indonesia sendiri, hampir semua menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan. Namun ada kalanya seseorang mencari cara menonaktifkan WA sementara karena suatu alasan tertentu.

Jika kamu termasuk orang yang saat ini sedang mencari cara menonaktifkan WA sementara, maka akan kami berikan langkah-langkahnya dalam pembahasan artikel ini. Namun sebelum itu, cari tahu dulu yuk apa sih WhatsApp itu!

Sekilas Tentang WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang populer dan bisa digunakan untuk berkomunikasi secara cepat dan mudah melalui pesan teks, panggilan suara, dan panggilan video. Aplikasi ini dikembangkan oleh WhatsApp Inc. dan awalnya diluncurkan pada tahun 2009. Sejak saat itu, WhatsApp telah menjadi salah satu platform komunikasi paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Dengan WhatsApp kamu bisa mengirim pesan teks, gambar, video, dan dokumen secara langsung ke kontak teman atau rekan kerja. Kamu juga dapat membuat grup obrolan dengan beberapa kontak sekaligus untuk berkomunikasi dalam kelompok. Aplikasi ini tersedia di berbagai platform, seperti Android, iOS, Windows Phone, dan desktop.

Cara Menonaktifkan WhatsApp

cara menonaktifkan wa sementara

Untuk cara menonaktifkan WA sementara, baik itu di Android maupun iPhone, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut:

Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android

Jika kalian pengguna android, maka cara menonaktifkan WA sementara adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel mu.
  • Pada tampilan layar WhatsApp, pilih dengan klik ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas untuk membuka menu.
  • Pilih Pengaturan dari menu dropdown.
  • Di menu Pengaturan, ketuk Akun.
  • Pilih Privasi di bawah opsi Akun.
  • Gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi Terlihat Terakhir dan Status. Kedua opsi ini akan mempengaruhi kapan dan bagaimana orang lain dapat melihat aktivitas onlinemu. Kamu dapat memilih untuk menyembunyikan aktivitas onlinemu dengan memilih Tidak Ada atau Kontak Saya untuk kedua opsi ini.
  • Selanjutnya, kembali ke menu Pengaturan Akun dan ketuk Privasi Grup.
  • Pilih Tidak Ada untuk opsi Siapa yang dapat mengundang saya ke grup.
  • Setelah mengubah pengaturan privasimu sesuai keinginan, kembali ke layar utama WhatsApp dan lakukan Log Out.
Baca juga:  Rekomendasi 7 Aplikasi Matematika Terbaik

Cara Menonaktifkan WA Sementara Pada iPhone

Untuk pengguna iPhone, langkah-langkahnya hampir sama seperti cara menonaktifkan WA sementara pada android. Mengenai langkah-langkahnya, kamu bisa ikuti tutorial dibawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone mu.
  • Di bagian bawah layar, ketuk Pengaturan yang berbentuk gigi.
  • Pilih Akun dari menu pengaturan.
  • Di bawah Akun, ketuk Privasi.
  • Di menu Privasi, kamu akan menemukan opsi Terlihat Terakhir, Foto Profil, dan Status. Kamu dapat mengatur siapa yang dapat melihat aktivitas onlinemu dengan memilih Tidak Ada atau Kontak Saya untuk masing-masing opsi ini.
  • Selanjutnya, kembali ke menu Pengaturan Akun dan ketuk Grup.
  • Pilih Tidak Ada untuk opsi Siapa yang dapat menambahkan saya ke grup.
  • Setelah mengubah pengaturan privasimu sesuai keinginan, lakukan Log Out.

Hal yang Akan Terjadi Jika WA Dinonaktifkan

Jika kamu menonaktifkan WhatsApp sementara, beberapa hal berikut mungkin terjadi, seperti:

1. Tidak Dapat Mengirim dan Menerima Pesan

Setelah WhatsApp dinonaktifkan, kamu tidak akan dapat mengirim atau menerima pesan teks, gambar, video, atau pesan lainnya melalui aplikasi tersebut.

2. Kontak dan Riwayat Pesan Tidak Tersedia

Ketika WhatsApp dinonaktifkan, daftar kontak dan riwayat percakapan kamu mungkin tidak lagi tersedia di aplikasi. Namun, informasi tersebut dapat dipulihkan saat kamu mengaktifkan WhatsApp kembali.

3. Tidak Ada Notifikasi

Jika WhatsApp dinonaktifkan, kamu tidak akan menerima notifikasi pesan baru atau panggilan dari aplikasi ini.

4. Tidak Bisa Menggunakan Fitur Lain

Jika WhatsApp dinonaktifkan, kamu tidak akan dapat menggunakan fitur-fitur tersebut selama periode dinonaktifkan.

5. Status dan Foto Profil Tidak Dapat Diakses

Selama WhatsApp dinonaktifkan, status kamu dan foto profil kamu mungkin tidak akan terlihat oleh kontak kamu, dan kamu juga tidak dapat melihat status dan foto profil kontak kamu.

Baca juga:  Cara Mudah Campaign di WhatsApp Pakai Client pro¬†

6. Backup Tidak Dapat Dilakukan

Jika kamu menggunakan fitur backup di WhatsApp, proses backup tidak dapat dilakukan selama periode WhatsApp mu dinonaktifkan.

7. Kontak Tidak Tahu Kamu Dinonaktifkan

Jika kamu dinonaktifkan, kontak kamu mungkin tidak akan mengetahui bahwa kamu telah dinonaktifkan kecuali mereka mencoba mengirimkan pesan kepada kamu.

Cara Mengaktifkan Kembali WhatsApp yang Dinonaktifkan Sementara

Untuk mengaktifkan kembali WhatsApp yang telah dinonaktifkan sementara, ikuti langkah-langkah berikut:

Pada Android

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel mu.
  • Ketika kamu membuka aplikasi, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor teleponmu. Masukkan nomor telepon yang digunakan untuk daftar WA yang ingin diaktifkan kembali..
  • Setelah nomor telepon dimasukkan, kamu akan dikirim kode verifikasi melalui SMS berupa 6 digit nomor. Masukkan kode di aplikasi untuk proses verifikasi.
  • Setelah berhasil memasukkan kode verifikasi, kamu akan diarahkan kembali ke akun WhatsApp mu yang telah dinonaktifkan.

Pada iPhone

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone mu.
  • Ketika kamu membuka aplikasi, kamu juga akan diminta untuk memasukkan nomor teleponmu. 
  • Setelah nomor telepon dimasukkan, kamu nantinya akan menerima kode verifikasi enam digit melalui SMS. Masukkan kode verifikasi ke WA jika tidak terhubung secara otomatis.
  • Setelah berhasil memasukkan kode verifikasi, kamu akan diarahkan kembali ke akun WhatsApp mu yang telah dinonaktifkan.

Jika kamu berhasil mengaktifkan kembali WhatsApp, kamu akan dapat menggunakan aplikasi seperti biasa. Semua riwayat percakapan, kontak, dan data lainnya akan tetap ada seperti sebelumnya. 

Manfaat Tidak Menggunakan WhatsApp

Selain cara menonaktifkan WA sementara. Disini kami juga akan memberikan ulasan tentang manfaat jika kalian tidak menggunakan WA. 

Tidak menggunakan WhatsApp memiliki beberapa manfaat, terutama dalam konteks kesehatan mental, produktivitas, dan privasi. Berikut adalah beberapa manfaat dari tidak menggunakan WhatsApp:

1. Mengurangi Kecanduan Ponsel

Tidak menggunakan WhatsApp dapat membantu mengurangi kecanduan mu terhadap ponsel dan ketergantungan terhadap media sosial. Dengan mengurangi waktu yang kamu habiskan di ponsel, kamu dapat lebih fokus pada kegiatan di dunia nyata.

2. Kesehatan Mental Lebih Baik

Terkadang, banyak notifikasi dan pesan di WhatsApp dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Dengan tidak menggunakan WhatsApp, kamu dapat menghindari tekanan untuk selalu merespons pesan dan memberi dirimu waktu untuk bersantai tanpa gangguan.

3. Privasi Lebih Terjaga

WhatsApp menyimpan informasi pribadi seperti nomor telepon dan data pengguna lainnya. Dengan tidak menggunakan WhatsApp, kamu dapat menjaga privasimu dan mengurangi kemungkinan data pribadimu dibagikan dengan pihak lain.

4. Lebih Fokus pada Produktivitas

Tanpa gangguan dari pesan WhatsApp, kamu dapat lebih fokus pada pekerjaan atau kegiatan produktif lainnya. Ini dapat meningkatkan efisiensi dan konsentrasi mu.

5. Lebih Baik dalam Interaksi Sosial

Tanpa ketergantungan pada pesan teks, kamu mungkin lebih cenderung untuk berinteraksi secara langsung dengan teman-teman dan keluarga, yang dapat meningkatkan hubungan sosialmu.

Sampai disini dulu pembahasan kita tentang cara menonaktifkan WA sementara. Jadi sekarang kamu bisa tahu kan betapa mudahnya cara menonaktifkan WA sementara? Selamat mencoba, dan selamat beristirahat dari WA untuk sementara!

Tinggalkan komentar