3 Cara Menjadi Tengkulak Sayur yang Sukses dan Budiman

Tidak sebatas mengembangkan teknologi pertanian yang modern, kamu bisa lho membangun bisnis menguntungkan sebagai tengkulak sayur. Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menjadi tengkulak sayur yang baik dan budiman? Pihak yang tidak hanya membantu pemerintah tapi juga memakmurkan para petani dalam negeri.

Sebenarnya tidak sulit sama sekali menjadi tengkulak sayur asalkan kamu sudah mengenal betul medan yang akan kamu hadapi. Apalagi menjual sayur yang perkebunannya punya untung yang besar seperti hidroponik. Lakukan juga beberapa cara berikut supaya kamu menjadi tengkulak sayur yang sukses dan berbudi luhur.

Cara Menjadi Tengkulak Sayur

Tahukah kamu jika ada lima peran yang diemban oleh tengkulak sayur? Faktanya selain menjadi pemasar, tengkulak sayur juga berperan sebagai pengumpul, penghubung, pembeli juga kreditor. Agar bisa masuk dan berperan dengan baik sebagai tengkulak sayur, lakukanlah semua cara di bawah ini:

1. Memiliki Kios Strategis pada Pasar Induk

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, salah satu peran tengkulak sayur adalah sebagai pemasar. Demi mendukung peran tersebut, tengkulak sayur harus memiliki atau menyewa kios pada pasar induk. Siapa yang bertugas mengelola kiosnya?

Kamu bisa mengurus seorang diri atau menimpakan tugas tersebut pada orang lain. Jika meminta bantuan dari orang lain, pilih tangan kananmu yang bisa dipercaya dan bekerja secara transparan.

2. Memiliki Kelompok Tani

cara menjadi tengkulak sayur
cara menjadi tengkulak sayur

Apakah cara menjadi pemasok sayuran di pasar sama seperti menjadi tengkulak sayur?  Mereka yang kesehariannya bekerja sebagai pemasok sayuran memastikan stok sayuran yang akan dikirim ke pasar berada dalam kondisi ideal atau memenuhi kuota.

Sementara tengkulak sayur memiliki tugas yang lebih banyak dari itu. Selain memasok sayuran ke jaringan konsumennya, mereka juga mengumpulkan para petani untuk membangun kelompok tani.

Bila tidak bisa membangun kelompok tani sendiri, tengkulak biasanya menjadi bagian dari kelompok tani tertentu. Tujuannya untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari para petani sehingga mereka tertarik menjual hasil pertaniannya pada tengkulak.

3. Membangun Koperasi Petani

Cara menjadi tengkulak sayur berikutnya dengan membangun koperasi petani. Koperasi bisa kamu jadikan sebagai wadah komunikasi dan beraktivitas bersama para petani. Melalui koperasi petani, kamu harus memperoleh kepercayaan para petani sehingga mereka memilih menjual hasil panen ke kamu.

Koperasi petani yang kamu kembangkan juga bisa menjadi wadah kreativitas dan inovasi produk sayuran terbaru yang hendak didistribusikan ke pasar. Semakin banyak usaha yang kamu pusatkan pada koperasi petani semakin besar pula kemungkinan sukses dan go internasional.

Saat ini Usaha Daun Kelor dan Tanaman Hias Menguntungkan
Baca:
Peluang Usaha Budidaya Kelor
Peluang Usaha Tanaman Hias

Cara Menjual Hasil Pertanian

cara menjadi tengkulak sayur
cara menjadi tengkulak sayur

Sebelumnya kami telah menjelaskan beberapa tips menjadi tengkulak sayur profesional dan budiman. Pada kesempatan kali ini, kami juga akan menjelaskan pada kamu tips jual hasil tani yang cepat dan sukses berikut ini:

1. Jual Langsung ke Lapangan

Pertama adalah menjual hasil pertanian kamu langsung ke pasar induk atau konsumen. Untuk bisa melakukan cara ini, kamu harus memiliki kios sebagai tempat berjualan dan staf marketing.

Berjualan langsung memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan para pedagang lain maupun konsumen.

2. Tawarkan Hasil Pertanian pada Komunitas

Informasi mengenai cara menjadi tengkulak sayur membantumu mengembangkan ide bisnis jangka panjang. Sebelum sampai pada tahap itu, coba menjadi penjual sayur yang baik dengan menawarkan sayuranmu ke komunitas.

Komunitas petani tidak hanya memberikan tambahan ilmu bermanfaat tapi juga bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan hasil tani pasca panen. Kamu tidak perlu khawatir mendapatkan harga murah karena umumnya komunitas mengenal dengan baik harga pasar hasil pertanian saat ini.

Baca juga informasi tentang memulai usaha di bidang tanaman yang menguntungkan:

3. Menjadi Supplier Hotel atau Restoran

Bagaimana cara menjadi supplier sayuran yang berhasil menjual habis sayuran hasil panennya setiap hari? Bukan hanya menjual langsung ke pasar induk, kamu juga bisa merambah bisnis yang lebih besar dan konsisten yakni hotel dan restoran.

Kedua target marketing tersebut membutuhkan banyak pasokan sayur berkualitas untuk menjalankan bisnis. Supaya hotel dan restoran tetap menggunakan jasa kamu, pastikan kualitas sayuran yang kamu distribusikan tetap bagus dan premium.

Tidak sulit bukan menjadi tengkulak sayur? Selain memiliki modal yang besar kamu juga harus memahami rangkaian cara menjadi tengkulak sayur yang telah kami jelaskan di atas. Usai sukses, jadilah tengkulak sayur yang jujur dan bertanggung jawab.

Bagikan:

Satu pemikiran pada “3 Cara Menjadi Tengkulak Sayur yang Sukses dan Budiman”

Tinggalkan komentar