Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 Kg yang Sukses

Gas kini menjadi salah satu alternatif bahan bakar memasak yang paling banyak digunakan masyarakat. Sebab harganya terjangkau, mudah didapat, serta tidak menghasilkan banyak emisi. Ukurannya pun beragam tapi yang paling sering digunakan masyarakat adalah gas elpiji 3 kg, atau biasa disebut gas melon. Nah peluang ini bisa kamu manfaatkan sebagai bisnis. Berikut ada cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg yang dijamin bakal sukses. 

Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 kg

Apakah kamu bertanya-tanya perihal cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg? Kita kupas tuntas di artikel ini.

Kini keberadaan gas elpiji menjadi hal yang penting, sebab hampir semua masyarakat sudah beralih menggunakan bahan bakar satu ini untuk memasak. Peluang bisnis ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi ladang bisnis salah satunya adalah dengan cara menjadi agen gas tabung elpiji atau menjadi pengecer. Usaha satu ini bisa kamu jadikan sebagai sampingan atau sumber pendapatan utama. 

Modal menjadi sub agen gas elpiji 3 kg 2021 tidak terlalu besar hanya berkisar 500-2 juta rupiah tergantung berapa banyak tabung gas yang kamu inginkan. Menjadi pengecer gas tidak memerlukan izin yang rumit serta syarat yang sederhana. 

Cara menjadi agen gas elpiji 3 kg lebih rumit jika dibandingkan menjadi pengecer. Kalo pengecer tak memerlukan izin usaha berbeda dengan agen, mereka memerlukan beberapa jenis izin tertulis, serta modal yang jauh lebih besar. Baik dari segi jumlah tabung serta tempat yang lebih luas. Oiya, saat ingin memulai sebuah usaha menjadi pengecer gas maka kamu perlu tau dulu resikonya.

Baca dulu resiko usaha gas elpiji di artikel Wong Cerdas.

Langkah Awal Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 Kg

Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 kg
Langkah Awal Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 kg

Sebelum memulai usaha sebaiknya berdoa dulu serta memantapkan niat, komitmen serta konsistensi selalu dibutuhkan dalam pekerjaan apapun termasuk menjual gas. Berikut cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg :

Target Pasar

Target pasar bisa diartikan sebagai “kepada siapa kamu mau jual”. Misal untuk ibu ibu komplek perumahan kamu. Nantinya target ini akan mempengaruhi tempat Sera strategi pemasaran kamu. Nah, ini cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg yang pertama mesti dilakukan.

Tempat 

Setelah menentukan target, cara memulai usaha gas elpiji 3 kg selanjutnya adalah pemilihan tempat. Misal targetnya adalah ibu rumah tangga komplek perumahan kamu maka kamu bisa memanfaatkan salah satu ruangan di dalam rumah. Contoh sebagian dari teras rumah. Atau tempat lain yang sekiranya mudah dilihat orang. Jadi orang bisa langsung tau kalau kamu berjualan gas.

Setelah itu, letakkanlah gas di tempat yang aman dan jauh dari panas api atau sumber sumber yang bisa memicu ledakan. 

Modal 

Sebelum memulai usaha kamu harus mempersiapkan modal awal yang berupa : 

  1. Tempat penyimpanan. 
  2. Tabung gas elpiji 3 kg. 
  3. Isi gas elpiji 3 kg. 
  4. Rantai besi. 
  5. Gembok. 
  6. Alas, bisa menggunakan papan, MMT bekas, atau terpal (opsional).

Kenapa gas dan isinya memiliki harga terpisah? Sebab biasanya ketika seseorang membeli gas elpiji 3 kg yang dibeli hanyalah isinya. Jadi sebelum menjual isinya kamu wajib punya tempatnya dulu. 

Harga beli isi gas elpiji 3 kg beragam tergantung dari agen mana yang kamu ambil. Harga gas 3 kg di agen biasanya berkisar antara Rp 15.000 – Rp 18.000. Hal ini dipengaruhi tangan ke berapa gas yang sampai ke tempat kamu. Semakin banyak berpindah tangan maka harganya juga akan semakin mahal. 

Rantai besi dan gembok diperlukan sebagai alat keamanan agar gas elpiji tidak di curi orang, apalagi jika tempat penyimpanannya berada pada area depan rumah. 

Selanjutnya adalah alas. Tabung gas terbuat dari besi, jika permukaan lantai kamu terbuat dari keramik maka perlu menggunakan alas agar lantai tidak rusak. 

Saat mempelajari cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg, mari kita mulai hitung-hitungan tentang modal yang akan dikeluarkan : 

  1. Tempat = gratis (rumah sendiri) 
  2. Tabung gas = @Rp 120.000 × 10 = Rp 1.200.000.,
  3. Isi gas elpiji @Rp 16.000 × 10 = 160.000.,
  4. Rantai besi 10 meter @Rp 40.000 UK 10 mm = Rp 400.000., 
  5. Gembok besar = Rp 60.000., 

Total = Rp 1.820.000.

Sebaiknya sebelum menentukan harga jual gas elpiji 3 kg, kamu mensurvei dulu harga gas di sekitar kamu agar bisa menentukan harga yang sesuai.

Gak punya modal? Pengen mengajukan dana bantuan ke pemerintah, coba baca format proposal usaha gas elpiji 3 kg ini.

Cari Agen Gas Elpiji 3 Kg

Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 kg
Mencari Agen adalah Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 kg

Selanjutnya, cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg biar makin mantap adalah dengan mencari agen gas. Mencari agen merupakan poin penting dan sangat krusial, karena nantinya agen inilah yang akan menyuplai gas ke tempat kamu. Berikut tips mendapatkan agen yang baik: 

  1. Carilah agen yang paling murah dan dapat dipercaya. Misalnya mendapatkan gas langsung dari Pertamina. Selain harganya yang murah, keamanan, serta kualitas gas dapat dipercaya. 
  1. Pilihan kedua jika tidak melalui Pertamina adalah mencari agen gas yang lain dengan harga murah serta terpercaya. Sebelum mengambil gas sebaiknya lakukan survei ke beberapa tempat dulu perihal harga serta kualitas. Sebab saat ini banyak sekali gas elpiji 3 kg oplosan yang berbahaya bagi penggunanya. 
  1. Cari agen yang paling dekat dengan rumah sebab jarak berpengaruh pada biaya transportasi serta tenaga yang dibutuhkan. 
  1. Bangun relasi yang baik dengan agen gas yang kamu pilih, siapa tau bisa dapat “harga kawan”. 

Keuntungan sebagai pengecer gas pada awalnya tidak terlalu besar namun jika kamu kurang puas kamu bisa mencoba cara menjadi agen lpg rumahan. Tentu saja untung yang bisa kamu dapatkan semakin besar dan harus siap menanggung resiko yang lebih besar pula. 

Cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun asalkan ada niat. Jangan ragu dan takut rugi. Selama dapur masih mengepul gas kamu pasti akan tetap laku. Kuncinya adalah konsistensi dan jangan menjual gas dengan harga tinggi. Tentukan harga umum atau sedikit lebih murah dari penjual lain.

Bagikan:

Satu pemikiran pada “Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 Kg yang Sukses”

Tinggalkan komentar