Beberapa Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik

Ada yang lagi bingung mau bisnis apa? Sudah mulai jualan tapi keuntungan yang didapat tidak seberapa? Masih belum nemu tempat kulakan yang sesuai dengan budget-mu? Atau mau mencoba lebih dari reseller? Jangan bingung dulu. Buat kamu yang memilih menggeluti dunia perdagangan baju, tulisan ini akan menjadi angin segar lantaran saya akan membeberkan cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik.

Jika kamu mantap menjadi distributor baju, saya kira itu adalah pilihan yang tepat. Alasan saya mengatakan demikian lantaran pakaian atau baju adalah kebutuhan primer manusia. Karena kebutuhan pokok tersebut, mau tidak mau kita akan membelinya. Nah, untuk satu manusia pun saya yakin tidak hanya memiliki satu baju. Minimal, mencapai angka puluhan.

Terlebih saat ini pilihan model baju sangat beragam. Fashion pun menjadi perhatian penuh di era digital ini. Itu artinya, terjun ke dalam bisnis pakaian memiliki peluang yang cukup besar. Tentunya dengan catatan tau cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik yang oke ya.

Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik

Kamu sudah tau bukan kerja distributor? Jika kamu belum, ada baiknya sebelum saya beberkan cara jadi distributor pakaian. Distributor yaitu orang yang mendistribusikan barang dagangan. Tugas kamu adalah menyalurkan barang (baju) ke orang lain seperti reseller misalnya untuk dijual ke konsumen. Nah berikut ini cara menjadi distributor.

1. Pahami Aturan atau Pola yang Berlaku

Saat kita terjun ke hal yang baru, kita harus mengerti benar bagaimana sistem di dalamnya berjalan. Termasuk ketika memutuskan menjadi distributor baju dari pabriknya langsung. Tidak boleh asal-asalan dan gegabah, beberapa hal terkait aturan bisnis ini perlu dipahami.

Seperti misalnya berapa besaran modal minimal yang harus dikeluarkan, syarat dan ketentuan yang ditetapkan pabrik, jumlah pengambilan dan pengambilan barang, cara order barang langsung dari pabrik, juga hal-hal lain yang mempengaruhi langkah kita menjadi distributor. Memahami aturan ini tidak lain demi kenyamanan dan keamanan kita sendiri sebagai pelaku usaha.

2. Tentukan Target Pasar

Karena jangkauan pasar pakaian cukup luas, kita harus tentukan terlebih dahulu target pasar yang akan kita tuju. Apakah baju laki-laki atau perempuan, baju anak atau orang dewasa, baju ibu hamil, atau baju muslim muslimah.

Ketika menentukan pasar pun, sebagai seorang distributor mesti jeli melihat peluang dan minat pasar agar tidak salah ambil langkah. Misalnya ketika melihat tren hijab yang kian marak, hal ini bisa menjadi pertimbangan.

Contoh lain yaitu maraknya baju import. Kamu bisa juga memanfaatkan situasi ini dan  menjajalnya. Siapa tau ke depan bisa jadi distributor baju import terbesar di Indonesia. Intinya, selalu jeli melihat tren fashion yang terus berkembang.

3. Buat List Pabrik Beserta Track Record-nya

Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik
Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik

Salah satu cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik yang cukup krusial yaitu dalam memilih pabrik itu sendiri. Kamu tidak mau bukan, sudah serius terjun ke dunia bisnis dan pasang modal besar tapi ternyata berhenti di tengah jalan karena salah memilih pabrik? Nah, untuk itu kamu kudu pintar menentukan pabrik mana yang sekiranya tepat.

Untuk menemukan pabrik yang tepat, mestinya kamu harus list dulu beberapa pabrik yang membutuhkan distributor 2021. Tidak semua pabrik membuka peluang menjadi distributor setiap saat, jadi kamu harus cermat mencarinya.

Tidak cukup sampai di situ. Setelah menemukan beberapa pabrik yang masih membuka peluang, cek sekaligus bagaimana rekam jejak pabrik tersebut. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari penipuan dan kerugian di kemudian hari. Bagaimana pun, kamu harus selalu waspada sejak awal.

Pernah pengen buka usaha loket pembayaran listrik? Intip artikel peluang usaha loket pembayaran listrik ini.

4. Pertimbangkan Kualitas

“Ada harga, ada kualitas” istilah ini tampaknya perlu kamu perhatikan saat memutuskan menjadi distributor baju. Maksudnya meskipun harga barang dari distributor yang langsung dari pabriknya relatif lebih murah, bukan berarti kamu bisa asal-asalan dalam menentukan kualitas barang daganganmu.

Dalam memilih kualitas ini kamu perlu menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki dan pasar yang kamu tuju. Masing-masing pabrik juga memiliki kualitasnya sendiri. Itu berarti sembari mengecek pabrik mana yang tepat, kamu bisa juga melihat kualitas barangnya. Nah, itu dia cara menjadi distributor baju langsung dari Pabrik yang keempat.

5. Tentukan Budgeting

Meskipun keberhasilan bisnis tidak ditentukan seratus persen oleh besaran budget kamu, tapi modal awal ini cukup penting juga. Sebab tentunya pabrik memiliki besaran minimum untuk menjadi distributor, kamu harus menyiapkan budget yang cukup pula. Poin cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik yang satu ini juga perlu diperhatikan putarannya agar bisnis kamu terus berjalan.

6. Tentukan Pabrik dan Mendaftar

Setelah semua langkah di atas tadi sudah kamu pertimbangkan dengan matang, saatnya menentukan pilihan. Pilih pabrik yang paling pas untuk keadaan kamu dan segera mendaftar. Jangan lupa siapkan identitas diri seperti KTP, KK, rekening bank, dan persyaratan lainnya yang harus kamu penuhi. Ketika mengisi formulir perjanjian kerjasama, jangan lupa baca dengan teliti agar kamu tidak misinformasi.

Untuk menghindari kesalahan atau kelalaian di waktu mendatang, ada baiknya kamu gandakan surat perjanjian (jika ada) dan kesepakatan lainnya. Seperti kwitansi, bukti transfer atau transaksi lainnya.

7. Perluas Kerjasama dengan Pedagang

Cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik yang terakhir yaitu memperluas jangkauan kerja sama dengan pedagang. Jangan puas hanya dengan satu dua pedagang. Semakin banyak pedagang untuk mendistribusikan barang kamu, semakin besar juga peluang bisnis kamu makin maju.

Itu dia beberapa cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik yang mesti kamu perhatikan. Semoga tulisan ini bisa membantumu yang sedang bingung menentukan langkah, ya. Apa pun pilihan kamu, semoga menjadi ladang kebahagian. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar