Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Indosat

Operator seluler di Indonesia memang cukup beragam dan satu di antaranya adalah Indosat. Beberapa paket dari Indosat memiliki kuota utama dan kuota malam Nah, mungkin kamu bertanya kenapa kuota malam Indosat tidak bisa digunakan? Tentu saja hal ini sudah menjadi ketentuan provider tersebut. Namun, ternyata terdapat sejumlah cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama Indosat yang bisa kamu coba.

Sebelum membahasnya, kamu mungkin perlu tahu bahwa terdapat beberapa paket yang menyertakan kuota malam di dalamnya, yaitu Freedom Combo, Yellow dan Extra Quota. Kuota malam Indosat ini lumayan besar bahkan kadang lebih besar jumlahnya dari kuota utama. Untuk dapat menggunakannya secara penuh, kamu hanya perlu mencoba beberapa cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama Indosat ini.

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Indosat dengan Pengaturan Zona Waktu

Cara mengubah kuota malam Indosat yang pertama ini cukup mudah untuk dilakukan yaitu dengan jalan mengubah setting menu GMT atau Time Zone pada perangkat ponsel kamu. Simak langkah-langkahnya berikut ini: 

  1. Buka settings atau menu pengaturan pada ponsel 
  2. Kemudian, cari opsi “tanggal dan waktu” atau “date and time”
  3. Nonaktifkan bagian tanggal otomatis atau “automatic date and time
  4. Selanjutnya, masuk ke opsi time zone dan pilih waktu dengan hitungan mundur dari GMT+7. Kamu bisa memilih GMT+6 , GMT +5 atau waktu yang lain
  5. Jangan lupa ubah juga zona waktunya, contoh dengan memilih New York, atau tempat lainnya sesuai keinginan kamu dengan setting siang hari
  6. Jika pengubahan waktu dan tempat tersebut sudah dilakukan, segera restart ponsel, dan tunggu ponsel hidup kembali
  7. Setelah itu, coba gunakan untuk membuka streaming film, sosmed atau YouTube. Jika kuota malam terpotong, berarti cara ini berhasil! 

Cara Mengubah Kuota Malam dengan Menggunakan Aplikasi Psiphon

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Indosat
Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Indosat

Cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama Indosat selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Psiphon. Kamu dapat mencarinya di Google Play dan mengunduhnya. Untuk menggunakannya, perhatikan caranya di bawah ini:

  1. Ubah pengaturan Time Zone seperti cara yang sudah dijelaskan di atas.  
  2. Setelah melakukan pengubahan zona waktu, unduh aplikasi dan install Psiphon Pro dari Google Play.
  3. Setelah aplikasi Psiphon Pro terinstall pada ponsel, buka aplikasi tersebut. Jangan dikoneksikan terlebih dahulu, kamu harus mengubah server VPN ke negara yang Zona Waktu nya ingin kamu pakai. 
  4. Segera masuk ke menu Option, cari Select Region untuk memilih server VPN dari negara yang sama dengan zona waktu yang telah kamu pilih sebelumnya. Contohnya: jika sudah memilih New York, kamu wajib memilih server VPN dari United States.
  5. Setelah itu, buka halaman utama dan pilih tombol start untuk menghubungkan Psiphon Pro ke server.
  6. Jika Psiphon Pro sudah terhubung, maka akan muncul icon kunci pada statusbar ponsel, 
  7. Coba jalankan internet untuk browsing atau membuka sosmed. Sesudahnya, cek kuota kamu. Apabila kuota malam berkurang, berarti kamu sudah berhasil menjadikannya kuota reguler. 
  8. Namun, bila kuota malam belum terpotong, kamu bisa mencoba lagi untuk mengubah pengaturan zona waktu dan server VPN  Psiphon Pro tersebut.

Cara Mengubah Kuota Malam dengan Aplikasi Anonytun

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Indosat
Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Indosat Pakai Aplikasi Anonytun

Cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama Indosat ini juga bisa kamu coba, yaitu dengan menggunakan aplikasi Anonytun. Menurut sejumlah informasi,  aplikasi ini memiliki fitur yang dapat mengubah fungsi paket data internet. Aplikasi ini mungkin dapat dijadikan pula sebagai cara menggunakan kuota lokal Indosat. Jika penasaran, kamu bisa mengunduhnya dari Google Play dan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Anonytun, lalu ketuk ikon titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas. Pilih VPN setting, kemudian lakukan pengaturan setting sesuai dengan petunjuk di bawah ini. Untuk setting yang lainnya, cukup dibiarkan menjadi default. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Compress package on/off : ON

MTU size : 1400

Route all pn/off : ON

DNS forwarding on/off: OFF

Google DNS : OFF

2. Sesudahnya kamu bisa menuju ke bagian settingan stealth. Jika nanti kamu sudah menyelesaikan bagian ini, segera lanjut menuju opsi edit custom tcp atau http header. Untuk setting stealth, berikut pengaturannya: 

Stealth tunnel on/off : ON

Connection protocol : HTTP

Connection port : 8080

Connect via parent proxy : OFF

Custom tcp/http header : ON

3. Langkah berikutnya, ubat pengaturan http header. Pada bagian url/host, isikan data berikut ini : 202.152.162.239/lpisat/ramadhan. Pada kotak–kotak yang muncul, kamu bisa centang yang keep-alive. Bagian setting yang lainnya bisa dibiarkan saja sesuai settingan awal.  Setelah itu, tekan opsi Simpan/SAVE.

4. Segera cari dan tekan tombol Connect. Biarkan proses loading berjalan, dan setelah itu, coba untuk browsing atau streaming. Jika kuota malam terpakai, berarti kamu berhasil menggunakan aplikasi ini.

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Indosat dengan Streaming

Cara yang berikut ini juga bisa kamu coba. Kamu hanya perlu memiliki  kuota malam yang cukup. Pastikan kuota tersebut masih dapat digunakan, kemudian ikuti langkah-langkah ini: 

  1. Pastikan kamu sudah tidak mempunyai kuota reguler dan pulsa di ponsel. Cek ketersediaan kuota malam dan pastikan jumlahnya masih cukup.
  2. Setelah itu, lakukan streaming dengan kuota malam tersebut.
  3. Waktu terbaik untuk melakukannya yaitu menjelang batas penggunaan  kuota malam yaitu kira-kira pukul 05.30
  4. Sebaiknya tonton video dengan durasi panjang lebih dari 30 menit, sehingga streaming dapat berlangsung hingga lebih dari pukul enam pagi.
  5. Jika kamu berhasil melakukan cara ini, kemungkinan kamu akan dapat menggunakan kuota malam tersebut seharian.

Itulah sejumlah cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama Indosat. Jika kamu tertarik, segera saja coba sejumlah cara tersebut. Siapa tahu kuota malam yang biasanya jarang digunakan, nantinya akan dapat dipakai untuk keperluan yang berguna.

Bagikan:

Tinggalkan komentar