Cara Mengirim File dari Google Drive ke Whatsapp Mudah

Cara mengirim file dari Google Drive ke Whatsapp mungkin kamu butuhkan ketika ingin mengirimkan file dalam size yang cukup besar. Bahkan cenderung merupakan hal yang harus dilakukan lantaran Whatsapp membatasi size file yang dikirimkan. Tentu saja, pembatasan tersebut membuat pengguna Whatsapp kerepotan.

Seperti yang telah diketahui, Whatsapp merupakan salah satu aplikasi untuk percakapan yang sudah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Walaupun sudah populer dan memiliki berbagai fitur yang menarik, Whatsapp masih saja memiliki keuangan, salah satunya adalah untuk mengirim file. 

Biasanya, file yang dikirim lewat Whatsapp berupa video ataupun foto, resolusinya menjadi lebih rendah dibandingkan resolusi aslinya. Salah satu penyebabnya adalah batasan yang diberikan yakni size file maksimal yang bisa dikirimkan melalui Whatsapp hanyalah 16 MB saja. 

Maka dari itu, untuk file dengan size besar seperti dokumen dan video, kamu masih harus menggunakan bantuan dari pihak ketiga, salah satunya adalah Google Drive. Berikut ini penjelasan lengkap yang bisa kamu simak. 

Cara Mengirim File dari Google Drive ke Whatsapp

Sebelum kamu mengirim file Google Drive ke Whatsapp, kamu harus menyiapkan akun atau mendaftar akun Gmail ke Google Drive terlebih dahulu. Jika kamu menggunakan smartphone, silakan download aplikasi Google Drive di Play Store ataupun App Store. 

Namun, jika kamu menggunakan PC ataupun laptop, yang perlu kamu persiapkan hanyalah Whatsapp Web dan juga mengunjungi situs drive.google.com. 

1. Cara Mengirim File dari Google Drive ke Whatsapp dengan Fitur Upload

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur upload file. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

  1. Silakan buka aplikasi Google Drive melalui smartphone yang digunakan. 
  2. Kamu juga bisa membuka langsung website resmi dari Google Drive yakni di drive.google.com. 
  3. Setelah membukanya, di menu utama kamu akan ditampilkan ikon tambah atau plus +. 
  4. Klik ikon tersebut. 
  5. Pilih opsi Upload. 
  6. Kamu bisa mengupload file size besar sesuai dengan yang kamu inginkan. 
  7. Jika kamu sudah menguploadnya, silakan tekan ikon tiga titik yang letaknya ada di sebelah pojok kanan atas Google Drive.
  8. Setelah itu, langsung saja klik Copy Link. 
  9. Silakan pindah ke aplikasi Whatsapp. Cari ke kontak yang ingin dikirimi file size besar. Lalu, silakan tempelkan atau paste link yang sudah di-copy sebelumnya. 

Dengan cara ini, pihak penerima file tersebut bisa langsung membuka link yang telah disediakan. 

2. Cara Mengirim File dari Google Drive ke Whatsapp dengan Membuat Folder Baru

cara mengirim file dari google drive ke whatsapp
Cara mengirim file dari Google Drive ke Whatsapp

Cara mengirim file lewat Google Drive lewat HP lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan membuat folder baru di Google Drive. Dengan menggunakan folder, pihak penerima akan bisa langsung melihat beberapa daftar file yang sebelumnya sudah kamu kirimkan. Cara mengirim file dari google drive ke whatsapp yakni sebagai berikut:

  1. Silakan buka aplikasi Google Drive atau membuka website resminya secara langsung. 
  2. Setelah itu, silakan klik ikon + untuk mengupload file. 
  3. Kemudian, pilih opsi folder. Setelah itu, berikan nama pada folder tersebut. 
  4. Klik folder yang sudah dibuat untuk membukanya. 
  5. Setelah membukanya, klik lagi ikon + untuk menambahkan file video, foto, ataupun dokumen apapun. 
  6. Lakukan hal yang sama dengan mengklik tiga titik yang ada di sebelah pojok kanan atas. 
  7. Kemudian, Copy Link dan tempelkan pada kolom chat penerima file tersebut. 

Dengan cara mengirim file dari Google Drive ke Whatsapp ini, orang yang menerima chat tersebut bisa langsung membuka satu folder yang berisi beberapa file sekaligus. Dengan ini, file yang ada di dalamnya bisa lebih rapi dan bisa lebih terstruktur. Itu adalah salah satu cara mengirim file lewat link Google Drive yang juga bisa dilakukan. 

3. Cara Memperpendek Link Google Drive

Cara mengirim video dalam bentuk file di Whatsapp ataupun file lainnya seperti foto ataupun dokumen bisa kamu lakukan dengan cara ini. Banyak yang beranggapan bahwa beberapa cara di atas sangat tidak nyaman dilakukan lantaran link yang diberikan terlalu panjang. 

Nah, jika kamu merasakan hal yang demikian, kamu bisa memperpendek link yang dibagikan kok, tenang saja. Caranya yakni sebagai berikut:

  1. Silakan lakukan cara di atas hingga pada tahap Copy Link. 
  2. Setelah kamu melakukan Copy Link, langsung saja kunjungi website Bit.ly. 
  3. Kemudian, pastekan link tersebut ke dalam kolom Shorten Your Link yang sudah disediakan. 
  4. Ketika sudah muncul link baru, kamu sudah bisa mulai menggunakannya. 
  5. Kamu juga bisa mengubah atau mengedit link tersebut sesuai dengan yang diinginkan. 
  6. Copy link dari Bit.ly lalu silakan pindah ke Whatsapp dan pastekan link tersebut pada kolom chat orang yang ingin dikirimkan file tersebut. 

Dengan ketiga cara mengirim file dari Google Drive ke Whatsapp tersebut, kini kamu bisa langsung mengirimkan file dalam ukuran besar sekaligus. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar