Kata Kata & Cara Mengirim CV Lewat Email yang Benar

Sudah berapa kali kamu kirim CV ke email perusahaan tapi belum juga dapat respon? Sudah berapa kopi yang kamu habiskan untuk memikirkan kata-kata dalam CV yang kamu kirim? Kalau sudah mengalaminya, bisa jadi masalah tersebut terjadi lantaran kamu belum menggunakan cara mengirim CV lewat email yang benar.

Bisa juga gara-gara isi body email lamaran pekerjaan yang kamu tulis, masih banyak memiliki kesalahan. Dan lagi, seringkali orang-orang masih belum memahami etika mengirim CV yang benar. Maka dari itu, di artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang cara mengirim CV, kata-kata yang harus digu

Lantas, bagaimana sih cara mengirim CV lewat email, kata-kata, dan etika dalam mengirim CV? Yuk lanjut baca!

Cara Mengirim CV Lewat Email di Laptop

Cara mengirim lamaran lewat email sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa coba melakukan beberapa langkah berikut.

1. Buka browser yang biasanya kamu gunakan.

2. Di kolom mesin pencari, ketik Gmail.com atau melalui platform yang kamu gunakan untuk membuat email lainnya.

3. Tekan Enter.

4. Setelah itu akan muncul tempat untuk kamu Login.

5. Isi nama email dan juga password yang kamu pakai.

6. Jika kamu masuk ke Gmail.com, selanjutnya kamu hanya perlu mengklik tanda + yang ada di samping kiri atas.

7. Setelah itu kamu akan ditampilkan kolom yang berisi Kepada, Subjek, dan Badan E-mail.

8. Isilah kolom tersebut sesuai dengan yang diperlukan. Pada kolom Kepada, isilah alamat email perusahaan yang kamu tuju. Subjek, kamu isi dengan tujuan kamu mengirim e-mail sesuai dengan syarat yang diberikan oleh perusahaan. Dan, Badan e-mail, harus kamu isi dengan kata maupun kalimat yang menjadi kata pengantar untuk CV yang dikirimkan.

9. Silakan klik Lampiran atau simbol Klip yang ada di bawah badan e-mail.

10. Kamu akan ditampilkan storage dari laptop yang dimiliki.

11. Pilihlah file CV yang sebelumnya telah kamu buat, kemudian klik Open.

12. Proses mengupload CV mu ke e-mail membutuhkan sedikit waktu. Setelah selesai, klik Kirim.

13. Selanjutnya, cara mengirim CV lewat email di HPadalah dengan mengecek notifikasi. Jangan sampai lupa ya cek notifikasi di sebelah kiri bawah e-mail yang muncul setelah mengirim e-mail dan jangan lupa untuk cek e-mail terkirimnya.

14. Selesai.

Itulah cara mengirim CV lewat email melalui laptop yang kamu gunakan. Sangat mudah kan?

Baca juga artikel lainnya tentang CV:

Cara Kirim CV Lewat Email di HP

Cara Mengirim CV Lewat Email di HP
Cara mengirim CV lewat email di HP

Cara mengirim CV lewat email di HP yang sebelumnya adalah harus kamu gunakan jika mengirim email lewat laptop. Tetapi, jika kamu hanya memiliki HP dan perlu untuk mengirim CV, jangan khawatir. Ada kok cara mengirim CV lewat email lewat HP.

1. Kalau lewat HP, pastikan dulu kamu memiliki aplikasi Gmail atau dari platform e-mail lainnya.

2. Jalankan aplikasi tersebut.

3. Jika di laptop, untuk mengirim e-mail kamu harus menekan ikon +, kalau di HP yang perlu ditekan adalah ikon Pensil yang ada di sebelah kanan bawah.

4. Setelah itu, kamu akan ditampilkan beberapa kolom diantaranya, To, Subject, dan Badan E-mail. Untuk kolom To, isilah dengan alamat e-mail yang kamu tuju. Kolom Subject, isilah dengan tujuan kamu mengirim e-mail. Dan kolom Badan e-mail, isilah dengan pengatar yang menjelaskan keperluanmu dalam melamar pekerjaan.

5. Untuk menambahkan file, kamu hanya perlu menekan ikon Klip. Kemudian, kamu akan ditampilkan storage dari HP kamu.

6. Pilihlah file CV yang telah kamu buat sebelumnya.

7. Jika proses upload file ke e-mail sudah selesai, barulah kamu bisa menekan ikon > untuk mengirimnya.

8. Jangan lupa untuk mengecek laporan terkirim atau tidaknya, ya!

9. Selesai.

Nah, itulah beberapa cara mengirim CV lewat email di HP. Bisa dibilang gampang banget kan?

Wow, ada lebih dari 500+ Contoh CV Lamaran Kerja yang siap dipakai. Baca yuk di artikel Contoh CV ini.

Kata Kata Mengirim CV Lewat Email

kata kata mengirim cv lewat email
Kata kata mengirim cv lewat email

Cara mengirim cv lewat email yang benar adalah juga dengan mengisi badan e-mail. Ini perlu agar ketika penerima e-mail membaca e-mail masuk darimu, mereka bisa tahu tujuanmu mengirimnya untuk apa. Contohnya adalah sebagai berikut:

“Nama saya (Isi nama kamu). Saya menulis lamaran ini untuk bekerja di posisi content writer. Saya pernah menulis ratusan tulisan dan sudah banyak dimuat di media kenamaan. Saya bisa menulis dengan rapi dan terstruktur serta kreatif sesuai yang diinginkan. Jika Bapak/Ibu berkenan, bisa menghubungi kontak saya di 08XXX)

Itulah yang bisa kamu jadikan contoh body email lamaran kerja yang bisa kamu gunakan.

Kata Kata Kirim CV Lewat WA

Contoh di atas adalah saat kamu kirim CV melalui e-mail. Tapi jika lewat WA ada contoh yang berbeda. Isilah dengan subjek Perihal, tujuan penerima e-mail, data diri, dan salam hormat. Untuk kata-kata yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

“Saya menulis lamaran ini untuk bekerja sebagai editor. Saya pernah menjadi editor di beberapa majalah lifestyle dan juga fashion. Saya bekerja di perusahaan A selama dua tahun. Latar belakang keilmuan yang saya miliki adalah Jurnalistik dan ini sangat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan yang saya miliki”

Itu bisa kamu jadikan contohnya. Setelah itu tulislah penutup sebagaimana biasanya menulis penutup.

Contoh Kata-kata untuk Mengirim Email ke Perusahaan

Sebenarnya sih, kalau kata-kata yang digunakan itu harus mengandung jawaban dari pertanyaan mengapa kamu melamar pekerjaan, pekerjaan yang dilamar, kualifikasi kamu, dan apa yang kamu tawarkan terhadap perusahaan. Untuk kata-kata boleh memakai yang sederhana seperti :

“Saya ingin melamar pekerjaan sebagai Staff Administrasi yang lowongannya sedang dibuka. Saya terbiasa bekerja secara disiplin, rapi, dan juga teliti serta detail dalam hal apapun. Selain itu, saya juga memiliki manajemen waktu yang baik. Jika diterapkan dalam perusahaan, maka manajemen waktu di perusahaan akan semakin efektif dan efisien”

Gitu-gitu saja. Tapi ingat, sesuaikan dengan pekerjaan dan posisi yang kamu lamar ya. Sisanya tinggal otak-atik dan kreatif untuk menyusun kata. Formatnya sama saja kok.

Baca juga artikel lainnya:

Etika Mengirim CV Lewat Email

Ini nih yang jarang diperhatikan. Padahal penting banget. Untuk mengirim e-mail lamaran pekerjaan, ada etika yang harus diperhatikan loh. Kalau nggak, wah, bisa dicuekin dan ditolak mentah mentah.

Etika yang harus diperhatikan adalah:

1. Isilah Subjek E-mail

2. Perkenalkan dirimu di Badan E-mail yang dikirim

3. Pastikan kamu mengirim e-mail pada jam kerja saja

Dengan mengikuti beberapa cara mengirim CV lewat email, kata-kata apa yang pas digunakan dalam badan email ketika mengirim CV, mengirim CV lewat laptop maupun HP, dan mempertimbangkan etika dalam pengiriman CV, semoga jalan kamu dalam melamar pekerjaan bisa dilancarkan, ya!

Selain menggunakan cara di atas, pastikan kamu berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat bagimu ya sobat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar