3 Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad dengan Mudah

Apakah kamu punya hobi menulis tapi gak tahu mau di publish dimana? Wattpad adalah jawabannya. Aplikasi ini bisa banget lho mewadahi karya tulisanmu. Itung-itung, dari pada disimpan di laptop dan gak ada yang baca, mending di publish aja di wattpad. Selain karyamu bisa dibaca orang lain, kamu pun punya kesempatan buat dapatin cuan lho. Lalu gimana ya cara menghasilkan uang dari Wattpad

Sudah ada ribuan cerita lho yang di publish melalui wattpad. Bentuknya pun bermacam-macam seperti cerpen, puisi, artikel dan berbagai jenis cerita lainnya. Bahkan, bisa dibilang kalau kini wattpad merupakan platform publikasi terlaris dengan jumlah pembaca terbanyak. Gimana, tertarikkah untuk mengirimkan karyamu ke aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang ini?

Wattpad itu Apaan Sih?

Wattpad itu merupakan platform yang dipakai untuk mewadahi para penulis pemula. Di aplikasi yang dibuat pada tahun 2016 ini, kamu bisa mempublis berbagai format penulisan, seperti puisi, cerpen, novel, artikel, essay dan lain sebagainya. Wattpad merupakan media yang memberikan kesempatan seluas-luasnya buat penulis untuk menuangkan karya tulis terbaiknya. Tapi tetap harus mematuhi norma dan aturan yang berlaku ya.

Ternyata, tidak hanya penulis saja nih yang wara-wiri di wattpad, namun juga para pembaca merupakan bagian penting dari aplikasi wattpad. Pasalnya, menurut informasi yang beredar, semakin banyak pembaca yang meluangkan waktu mengunjungi tulisanmu, semakin besar pula kesempatan penulis memperoleh banyak uang. Benarkah demikian? Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari wattpad ? 

Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad

Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad
Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad

Ada opsi mendapatkan duit dari wattpad. Walaupun sebenarnya wattpad tidak pernah secara langsung membayar penulis-penulisnya, namun ada beberapa alternatif untuk menghasilkan uang dari wattpad.

Baca juga:

Saat penulis mempublis tulisan di platform digital ini, maka bisa digunakan sebagai media untuk promosi gratis. Sedangkan, para penerbit banyak pula yang memantau karya penulis yang masuk dalam kategori populer. Beberapa cara menghasilkan uang dari wattpad adalah sebagai berikut.

1. Wattpad Paid Stories

Melalui wattpad paid stories, sobat bisa membuat cerita bersambung. Untuk melanjutkan di episode berikutnya, pembaca wajib membayar sejumlah uang. Melalui fitur paid story inilah salah satu cara mendapatkan uang dengan menulis cerita. 

Kalau cerita yang sobat buat bagus dan alurnya mengalir, pastinya banyak kok yang rela mengeluarkan duit demi melanjutkan cerita yang kamu tulis. Tapi, memang tidak semua penulis berhak menggunakan fitur paid stories pada wattpad. Hanya penulis yang karyanya memiliki banyak pembaca saja berkesempatan memanfaatkan paid stories. Kualitas memang tidak bisa bohong lho sobat, semakin baik tulisanmu, bertambah pula pembaca ceritamu. 

2. Memanfaatkan Patreon

Cara menghasilkan uang dari Wattpad lainnya adalah memanfaatkan Patreon. Sebagai aplikasi online penghasil uang, Patreon memungkinkan writer mendapatkan keuntungan tanpa batas melalui karya-karya terbaiknya. 

Pembaca yang sudah melakukan pembayaran rutin setiap bulan akan mempunyai akses seluas-luasnya untuk membuka berbagai konten yang sudah disediakan oleh pihak penulis. 

Cara menggunakan Patreon di wattpad terbilang cukup mudah lho sobat, bahkan bisa di setting sesuai keinginanmu. Kalian juga berkesempatan untuk membagikan episode spesial khusus bagi pengguna Patreon. Bisa dibilang, kalau menggunakan Patreon terjadi simbiosis mutualisme. 

Pembaca yang berlangganan berhak memperoleh cerita seru dan mengakses seluruh episode tanpa batas, sedangkan penulis mendapatkan apresiasi melalui pendapatan setiap bulannya. 

3. Kirimkan Ceritamu di Wattpad ke Penerbit

Beberapa film yang kalian tonton di bioskop rupanya banyak juga lho hasil karya penulis di wattpad. Namun umumnya telah diterbitkan menjadi sebuah novel terlebih dahulu. Melihat peluang ini, tidak ada salahnya kan mencoba mengirim ceritamu di wattpad ke penerbit buku. 

Entah diterbitkan atau tidak, itu urusan nanti, yang penting coba dulu aja, siapa tahu rejeki. Tentu upaya tersebut bisa jadi alternatif cara menghasilkan uang dari Wattpad. Mulai dari wattpad, namamu bisa melambung sebagai penulis terkenal. 

Tips Mudah Raup Keuntungan dari Wattpad

Berkarya di wattpad menjadi langkah awal untuk menunjukkan karya-karya tulismu kepada publik. Dari pada tulisanmu cuma numpuk dan menuh-menuhin hardisk, lebih baik diposting di wattpad kan. Siapa tahu, karyamu bisa jadi salah satu cara menghasilkan uang dari Wattpad. 

Sebenarnya, mendapatkan keuntungan dari wattpad tidak semudah itu diperoleh. Ada beberapa tips supaya karya-karyamu bisa jadi cara mendapatkan uang dari menulis di Wattpad.

1. Riset Audiens

Kalau sobat mau karyanya cepat memperoleh perhatian para pembaca, ada baiknya melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan audiensi di wattpad. Mulai dari usia, jenis kelamin, genre yang sedang digandrungi dan lain sebagainya.

Kebanyakan, pecinta wattpad adalah penggila cerita Roman dan fun fiction. Melihat segmen tersebut, lakukan riset dan mencari tahu beberapa hal yang terlewatkan oleh penulis lain namun berpotensi untuk menonjolkan ceritamu. 

2. Konsisten Menulis

Banyak orang memiliki kemampuan menulis sangat baik, akan tetapi tidak semuanya bisa konsisten mengungkapkan idenya melalui tulisan. Walaupun wattpad bakal menerbitkan tulisanmu secara gratis, konsistensi harus tetap dipertahankan ya sobat.

Apabila kalian bisa menulis secara konsisten, bukan tidak mungkin, menulis bisa sebagai cara menghasilkan uang dari Wattpad. Jangan membuat pembaca menunggu terlalu lama cerita lanjutan yang sudah dibagikan. Setidaknya rutin menulis dua kali seminggu, bakal membuat karyamu dinanti-nantikan banyak orang. Jangan lupa membubuhkan tagar populer supaya tulisanmu gampang ditemukan.

3. Buatlah Desain Cover Menarik

Desain cover yang menarik, mampu mengundang pembaca meluangkan waktu membaca kisah yang kalian bagikan di wattpad. Sangat disarankan, penulis membuat desain cover terbaiknya untuk menghiasi halaman wattpad.

Sudah banyak kok situs desain online yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat desain cover. Bisa juga memanfaatkan aplikasi desain seperti CorelDraw maupun Photoshop untuk menghasilkan desain cover indah. Siapa tahu dengan desain cover menarik, mampu membuat cara menghasilkan uang dari Wattpad yang sedang kalian usahakan, berbuah manis.

Kalau kalian masih bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari Wattpad, bisa langsung tunjukkan karya-karya terbaikmu dulu, dengan memposting langsung di platform penulisan ini. Urusan cuan sih mengalir aja ya sobat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar