Cara Menggemukan Sapi Kurus dan QnA LENGKAP tentang Sapi

Mau beternak sapi tapi tidak punya ilmunya? Dewasa ini mendapatkan ilmu pengetahuan bukanlah hal sulit karena semua informasi bisa kamu dapatkan dengan mudah dari internet. Ingin tahu bagaimana cara menggemukan sapi kurus? Cukup buka Google dan ketikan kata kuncinya secara otomatis segala informasi akan kamu dapatkan.

Cara Menggemukan Sapi Kurus

Punya sapi di rumah tapi tidak tahu bagaimana cara pemeliharaan yang benar? Sebelum sapi milikmu bertambah kurus atau mengalami gizi buruk. Yuk kenali panduan cara menggemukan sapi kurus berikut ini:

1. Kandangkan Sapi di Kandang Terpisah

Sapi merupakan salah satu hewan yang terbiasa hidup berkelompok. Namun bukannya mengandangkan semua sapi dalam satu kandang yang sama baiknya kamu membuat sekat atau tembok pemisah. Apa keuntungannya? Tujuannya supaya semua sapi yang kamu rawat tumbuh gemuk secara merata karena memperoleh nutrisi yang sama dan seimbang.

Terkadang membiarkan sapi makan bersama hanya akan membuat satu atau beberapa sapi kekurangan nutrisi. Satu sisi sapi makan lebih banyak sementara yang lainnya serba kekurangan.

2. Pilih Pakan Berkualitas

Cara menggemukan sapi bali kurus pada dasarnya sama saja dengan jenis sapi lainnya. Selain memperhatikan struktural kandangnya, kamu juga wajib memilih pakan paling bagus dan berkualitas.

Pilih jenis pakan yang kaya akan zat gizi, biasakan untuk mengecek secara langsung kandungan pakan sapi sebelum memberikannya ke ternak. Tips selanjutnya buatlah jadwal pemberian pakan yang jelas.

Tahukah kamu jika sapi membutuhkan nutrisi ekstra 1%-2% dan nutrisi utama dari pakan hijau sebanyak 10-12% dari total beratnya? Sama seperti manusia, sapi juga makan sebanyak 3x dalam satu hari.

3. Lakukan Pengobatan pada Sapi Sakit

Ketika kedua cara menggemukan sapi kurus telah kamu lakukan tapi berat sapi belum juga bertambah bisa jadi sapimu sedang sakit. Membiarkan sapi sakit sama saja dengan membiarkan sapimu menjadi kurus dari waktu ke waktu.

Daripada menunggu hingga sapimu menunjukkan gejala sakit lakukanlah cek kesehatan secara berkala. Cek kesehatan akan membantumu mengetahui kondisi terkini kesehatan para sapi. Agar hasilnya akurat minta bantuan dari dokter hewan bersertifikat dan ahli.

Manfaat Gula Merah untuk Penggemukan Sapi

Cara Menggemukan Sapi Kurus
Cara Menggemukan Sapi Kurus

Tidak banyak yang tahu jika gula merah termasuk salah satu nutrisi atau bahan makanan yang peternak berikan untuk kelancaran proses penggemukan sapi. Lantas, apa saja manfaatnya?

  1. Sumber Energi Sapi agar Tidak Gampang Sakit

Gula merah tidak hanya peternak berikan pada ayam kampung atau kambing saja. Pemberian gula merah juga terkadang diberikan pada pakan sapi. Memberikan gula merah pada sapi diyakini dapat membantu menjaga energi sapi sehingga memiliki sistem imun yang baik. Sudah menjadi rahasia umum jika sapi kurus kering terkadang disebabkan oleh penyakit.

  1. Aroma dan Rasanya Membantu Meningkatkan Nafsu Makan Sapi

Memberikan gula merah pada sapi juga efektif untuk menambah nafsu makan sapi. Konon, aroma dan rasa pakan sapi akan lebih tajam setelah ditambah dengan gula merah. Sapi yang sebelumnya malas makan pun akan menjadi lebih semangat untuk menghabiskan pakannya.

Vitamin Sapi agar Cepat Gemuk

Salah satu cara menggemukan sapi kurus adalah dengan memberikan vitamin sapi sesuai kebutuhan. Apa saja jenis vitamin yang bagus untuk tumbuh kembang sapi?

  1. Vitamin A

Pemberian vitamin pada sapi biasanya dilakukan secara eksternal baik melalui produk vitamin jadi maupun pakan biasa. Fungsi utama vitamin A adalah menambah daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata sekaligus menyehatkan kulit.

  1. Vitamin B Kompleks

Jenis vitamin lain yang dibutuhkan oleh para sapi adalah vitamin B kompleks. Vitamin ini termasuk vitamin B1, B5, B2, B12, B6, B9 juga B7. Apa manfaat vitamin B kompleks untuk proses penggemukan sapi?

Vitamin ini membantu menjaga metabolisme sel sapi serta berfungsi sebagai sumber energi. Sapi yang mendapatkan vitamin B kompleks mencukupi tidak mudah sakit dan loyo.

  1. Vitamin E

Cara menggemukan sapi kurus berikutnya dengan pemberian vitamin E sesuai porsi yang dibutuhkan. Vitamin E membantu sapi terhindar dari gangguan otot dan saraf. Cara mendapatkan vitamin E untuk sapi sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat pakan hijau yang kaya vitamin E. Bila ingin lebih cepat, beli saja produk vitamin E sapi di pasaran.

  1. Vitamin D

Sama seperti tubuh manusia, sapi juga memiliki gigi dan tulang. Solusi mengatasi sapi kurus sekaligus menjaga kesehatan sapi dengan memberikan vitamin D. Vitamin ini mempercepat pertumbuhan gigi maupun tulang. Gigi sapi yang kuat akan membantu sapi mengunyah pakan dengan mudah dan cepat.

Selain keempat jenis vitamin tersebut, masih ada beberapa vitamin yang bisa menjadi obat sapi kurus di antaranya vitamin K dan vitamin C.

Tanya Jawab Seputar Sapi

Masih mau tahu lebih banyak fakta-fakta menarik seputar cara menggemukan sapi kurus? Yuk temukan semua jawabannya dengan membaca Q&A berikut ini:

  1. Apa makanan sapi biar cepat gemuk?

Selain memberikan pakan hijau dan pakan tambahan para peternak terkadang memberikan vitamin pendamping. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, pemberian gula merah pada pakan sapi juga efektif untuk mempercepat pertambahan berat sapi.

  1. Bagaimana cara menggemukan sapi?

Cara menggemukan sapi kurus terbagi dalam beberapa metode. Metode pertama adalah teknik atau panduan pemberian pakan. Sapi juga harus memiliki kandang yang sempurna untuk proses penggemukan dan terakhir adalah penanggulangan penyakit.

  1. Berapa bulan sapi besar?

Lama cepatnya penggemukan sapi tergantung dari metode yang kamu lakukan. Jika kamu melakukan cara-cara yang telah kami jelaskan sebelumnya niscaya sapi akan gemuk dalam waktu 3-6 bulan ke depan.

  1. Sapi makan apa saja?

Normalnya, para peternak sapi memberikan 3 varian pakan sapi yakni pakan hijau, pakan tambahan juga pakan konsentrat. Masing-masing makanan tersebut kaya akan nutrisi yang efektif menggemukan sapi.

  1. Apa makanan sapi perah?

Apakah cara menggemukan sapi kurus perah berbeda dengan pedaging? Sapi perah mendapatkan nutrisi dari dua jenis pakan yakni pakan kasar dari macam-macam rerumputan dan pakan konsentrat dari campuran berbagai bahan makanan.

  1. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan pakan ternak?

Kebutuhan pakan ternak adalah faktor penentu dalam keberhasilan penggemukan sapi. Sapi yang tidak terpenuhi kebutuhan pakannya berisiko tinggi kekurangan gizi atau kurus. Pakan ternak juga berpengaruh terhadap hasil produksi maupun reproduksi sapi.

  1. Berapa kebutuhan pakan sapi?

Sapi membutuhkan pakan hijau dengan persentase maksimal 12% dari total bobotnya. Sementara pakan konsentrat maksimal 2% saja. Artinya, kebutuhan sapi berbeda-beda tergantung dari bobot sapi itu sendiri.

Mau menjadi peternak sapi yang baik? Selain memastikan membeli bibit sapi berkualitas tinggi pastikan juga melakukan metode penggemukan yang baik. Ikuti tata cara menggemukan sapi kurus seperti yang telah kami paparkan di atas. Teknik penggemukan yang benar akan memberikan bobot maksimal pada sapi-sapi ternakmu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar