Cara Mengetahui Hosting Sebuah Website dengan Mudah

Pernahkah kamu penasaran dengan informasi hosting suatu website kompetitor? Biasanya, data ini kamu butuhkan saat ingin memakai domain tertentu, namun alamat domain tersebut telah digunakan oleh orang lain.

Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa bernegosiasi langsung dengan pemilik situs yang domainnya ingin kamu gunakan. Tak perlu khawatir, Wong Cerdas menyediakan informasi tentang cara mengetahui hosting sebuah website

Selain mudah dilakukan, cara cek pemilik website berikut ini juga bisa diikuti oleh pemula. Kamu cukup mengetikkan alamat situs pada beberapa pilihan tools di bawah ini. Yuk, simak informasinya!

Cara Mengetahui Hosting Sebuah Website dengan Whois

Saat pemilik website mendaftarkan domainnya, ada beberapa jenis informasi yang harus disediakan. Data informasi tersebut harus sesuai dan relevan, seperti nama, email, alamat, administratif, nomor telepon, hingga kontak teknikal. Nah, salah satu cara mengetahui hosting sebuah website adalah menggunakan situs pencari pemilik domain yang disebut Whois.

Lalu, apa itu Whois? Seperti yang telah dijelaskan, Whois adalah platform yang menyediakan informasi domain suatu situs yang bisa diakses oleh siapapun. Tidak hanya digunakan sebagai cara cek pemilik website, dengan memakai platform ini, kamu juga bisa melihat informasi tentang ketersediaan serta tanggal kadaluarsa domain. Untuk lebih memahami cara mengetahui hosting sebuah website, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Memilih Situs Whois

Terdapat banyak situs Whois yang bisa kamu pilih dalam cara mengetahui hosting sebuah website. Salah satu situs yang banyak digunakan adalah https://www.whois.com/whois/. Bukan hanya situs tersebut, ada juga website lain dengan layanan serupa, sebagai berikut.

  • www.who.is
  • www.whois.sc
  • www.betterwhois.com
  • www.allwhois.com
  • www.whois.net
  • www.easywhois.com

2. Cara Cek Pemilik Website

Selanjutnya, ketikkan alamat situs yang informasinya ingin kamu ketahui. Setelah alamat website dirasa lengkap dan sesuai, klik Search atau tekan Enter.

cara mengetahui hosting sebuah website
cara mengetahui hosting sebuah website

3. Cek Informasi yang Tersedia

Setelah klik Enter atau menekan tombol Search, akan langsung terlihat banyak informasi penting seputar website yang ingin kamu ketahui. Gunakan informasi tersebut dengan bijak, ya!

cara mengetahui hosting sebuah website
cara mengetahui hosting sebuah website

Cara Mengetahui Hosting Sebuah Website dengan Command Line

Untuk kamu yang memakai sistem operasi Windows, kamu bisa menggunakan Command Line Who is langsung di komputer. Caranya, ketik whois -v diikuti nama domain pada Windows Command Prompt. Misalnya, untuk mengetahui informasi domain situs contoh.com, kamu cukup mengetikkan whois -v contoh.com.

Data Apa Saja yang Tersedia di Whois?

Jika kamu bingung dengan data yang ditampilkan Who is, Wong Cerdas merangkum beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Kontak Pemilik Situs

Bagian ini menyajikan informasi seputar nama organisasi, nama pendaftar, email, alamat rumah, hingga nomor telepon. 

2. Beberapa Tanggal Penting

Platform ini juga menyediakan informasi tentang tanggal-tanggal penting dari situs tersebut. Yaitu, tanggal domain dibuat, tanggal domain didaftarkan, tanggal update, maupun tanggal kadaluarsa domain.

3. Status Domain

Selanjutnya adalah informasi tentang status domain. Keterangannya bisa berupa updated atau telah diperbarui, prohibited atau terlarang untuk pengguna yang tidak diijinkan, dan deleted atau dihapus.

Manfaat Mengetahui Informasi Pemilik Website

Tak hanya menyediakan data registrasi dari sebuah domain, Who is juga bermanfaat untuk melindungi keamanan serta kestabilan internet. Ada juga fungsi lain dari platform ini yang digunakan untuk cek website penipuan. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, platform ini menyediakan data tentang pemilik website. Informasi ini akan sangat bermanfaat jika kamu ingin menyelidiki kasus penipuan pada situs belanja online. Selain itu, informasi ini juga bisa kamu gunakan jika pemilik domain melanggar hak cipta atau merek dagang tertentu. Cukup bermanfaat, bukan?

Mengenal Whois Privacy

Ada kalanya seorang pemilik website ingin melindungi privasi situsnya. Ada satu layanan yang bisa digunakan untuk memproteksi data Who is, yang disebut dengan Whois Privacy. Dengan menggunakan layanan ini, data seputar informasi dan detail kontak website dapat disembunyikan dari rekaman Who is.

Meski terdengar menarik, layanan ini biasanya membutuhkan biaya tambahan. Dengan biaya tambahan, data diri kamu akan aman dari pencurian identitas. Selain itu, layanan privasi Who is juga bermanfaat untuk mengamankan inbox kamu dari serangan email spam.

Itulah ulasan mengenai cara mengetahui hosting sebuah website, lengkap dengan penjelasan dan berbagai manfaatnya. Tak hanya informasi seputar cara cek pemilik website, Wong Cerdas juga menyediakan artikel lain yang bisa menambah pengetahuanmu. Ayo klik beranda Wong Cerdas sekarang dan temukan beragam tulisan menarik lainnya!

Penulis: Taufiqotul Masrukha Tesha Nisva
Editor: Reskia Ekasari

Bagikan:

Tinggalkan komentar