3 Cara Mengembalikan File yang Menjadi Shortcut di Laptop

Pada kesempatan kali ini Wong Cerdas akan membahas mengenai cara mengembalikan file yang menjadi shortcut di laptop dengan mudah. Simak artikel kali ini ya!

Saat ini, laptop sudah menjadi sahabat banyak orang. Mulai dari bos besar, karyawan, mahasiswa, atau bahkan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Besarnya tuntutan teknologi memang membuat banyak orang harus mahir, atau paling tidak bisa menggunakannya. 

Nah, sayangnya, beberapa bagian laptop kadang ada yang sangat sensitif, misalnya, tak sengaja menekan beberapa keyword maka ada sistem yang berubah, dan sebagainya. Dan salah satu yang juga sering menjadi masalah adalah file jadi shortcut di flashdisk, file jadi shortcut di laptop, komputer dan sejenisnya.

Jadi, shortcut ini merupakan virus yang bisa membuat data di flashdisk kamu berubah, dan ini pasti sangat menjengkelkan. Kalau saat ini kamu sedang menemukan file yang tiba-tiba berubah menjadi shortcut, tenang saja, karena kali ini kami akan memberikan solusi tentang cara mengatasi file shortcut di laptop terbaik bagi kamu yang ingin mengembalikan file yang shortcut tadi menjadi seperti semula. 

Berikut cara mengembalikan file yang menjadi shortcut di laptop dengan mudah.

Cara Mengembalikan File yang Menjadi Shortcut di Laptop dengan Mudah

Sebelum masuk ke pembahasan, kamu perlu tahu dulu apa itu file shortcut. Sebenarnya file shortcut adalah sebuah file duplikat dari file utama. Laptop punya fungsi shortcut untuk bisa ditampilkan di layar awal atau tampilan start di laptop kita. Atau kita juga bisa membuat folder khusus yang berisi file shortcut.

Namun, pada kesempatan kali ini bukan file shortcut seperti itu yang dimaksud. File shortcut di sini merupakan file yang sudah terkena virus shortcut sehingga merusak komponen dari file tersebut. Tetapi, kamu tak perlu khawatir karena kita akan membahas cara mengembalikan file yang menjadi shortcut di laptop dengan mudah di bawah ini. Cekidot.

Baca juga:

Baca juga: Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10

Cara Mengembalikan File yang Menjadi Shortcut di Laptop
Cara Mengembalikan File yang Menjadi Shortcut di Laptop

Cara Mengembalikan Shortcut Seperti Semula dengan CMD

Cara mengatasi file shortcut di laptop ini cukup mudah, kamu bisa gunakan command prompt di laptop. Berikut tutorialnya:

  • Pertama, kamu harus menghilangkan virusnya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan antivirus yang sudah tersedia di laptop ya.  Akan lebih bagus jika antivirus yang kamu gunakan sudah diupdate. Jika sudah kamu scan, dan virusnya hilang, maka selanjutnya kamu bisa mulai mengembalikan file yang telah berubah menjadi shortcut tadi. 
  • Kedua, hapus semua file ataupun folder yang sudah menjadi shortcut, kamu bisa melihat yang ukuran file atau folder ukurannya kecil, kisaran 2 kb. 
  • Kemudian, kamu bisa membuka command promt di laptop. Caranya sangat mudah, kamu bisa klik start, cari menu run di sana, lalu ketikkan CMD di menu tadi. Enter. 
  • Jika sudah tekan enter, maka tampilannya sudah berubah. Kamu sudah ada di tampilan command prompt. Langkah selanjutnya adalah membuka drive penyimpanan file yang tadi berubah. Kamu bisa mengklik drive lalu diikuti dua titik. Misalnya, D:
  • Cara selanjutnya adalah menampilkan semua file yang ada di dalam drivenya. Caranya, kamu bisa mengetik “dir” kemudian enter.
  • Jika file atau foldernya sudah muncul, kamu bisa melanjutkan langkah selanjutnya dengan mengklik “attrib attrib -s -h -r /s /d”. Ingat ya, tidak perlu mengetikkan tanda kutipnya juga. 
  • Selesai. Kamu bisa kembali mengecek semua file atau foldernya. 

Atasi dengan Cara Manual

Cara Mengembalikan File yang Menjadi Shortcut di Laptop
Cara Mengembalikan File yang Menjadi Shortcut di Laptop Mudah

Cara mengembalikan file yang menjadi shortcut di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan cara manual.

Pertama, ketika laptop kamu akan boot, jangan lupa untuk menekan tombol F8, ini akan membuat laptop kamu berpenampilan warna hitam, selanjutnya bisa cari tulisan “safe mode”, klik. 

Kedua, masuk ke Windows, lalu pergi ke windows explorer, kemudian klik tab tools, folder options, tab view, dan klik juga show hidden. 

ketiga, kamu bisa menghilangkan tanda centang pada hide ect…., jangan lupa untuk menghilangkan juga centang hide protected.

Jika sudah, langsung pergi ke folder tempat file kamu ingin disimpan. Di sana, kamu akan melihat antara file yang benar atau yang asli dengan file yang shortcut. Selanjutnya copy filenya ke FD yang benar-benar bebas VS, klik kanan di filenya, pilih properties, dan hapus centang di attribute hidden. Selesai. File kamu sudah bisa digunakan kembali.

Cara mengatasi file shortcut dengan Software 

Selain dengan cmd dan manual, kamu juga bisa mengembalikan file atau folder yang menjadi shortcut dengan menggunakan software loh. Cara mengembalikan file yang menjadi shortcut di laptop cukup mudah, kamu bisa gunakan gunakan software seperti Avira. Nah, jika kamu ingin mengembalikan file atau foldernya menggunakan software, maka jangan lupa untuk mengamankan file atau foldernya terlebih dahulu, karena jika langsung kamu delete, maka filenya langsung terhapus.

Demikian cara singkat untuk mengembalikan file kamu yang menjadi shortcut ya. Semoga bermanfaat. Oiya, untuk meminimalisir virus dan untuk mengatasi yang masuk kamu bisa gunakan anti virus ya sob.

Baca juga: Spesifikasi Android Studio untuk 4 OS Komputer, Lengkap!

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar