3 Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset

Factory reset menjadi cara yang paling tepat untuk mengatasi berbagai masalah pada HP. Hal ini dilakukan agar HP yang sebelumnya lemot menjadi lebih cepat dari performanya.

Namun, masalah terbesar dari cara ini adalah bisa menghapus semua data yang ada di memori HP. Lantas, bagaimana jika data terhapus? Apakah ada cara mengembalikan data setelah factory reset?

Saat ini kamu tidak perlu khawatir dengan permasalahan tersebut. Pasalnya, telah banyak aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengembalikan data tersebut. Kamu bisa mengunduh aplikasinya secara gratis di Google Playstore. Di bawah ini ulasan lengkap terkait cara mengembalikan data HP yang sudah di reset.

Apa Itu Factory Reset?

Factory reset adalah pemulihan perangkat HP hingga kembali ke pengaturan semula sesuai dengan bawaan pabrik awal. Umumnya, factory reset lebih dikenal sebagai master reset atau hard reset. Hampir dari semua HP Android saat ini telah memiliki fitur factory reset, seperti OPPO, Samsung, LG, Lenovo, Pixel dan lain sebagainya.

Fungsi dari factory reset yang sebenarnya adalah untuk menghapus semua data yang tersimpan di perangkat HP termasuk kontak, pesan, gambar, video dan lain sebagainya.

Perangkat HP kamu akan kembali seperti baru jika sudah melakukan factory reset. Namun, cara ini hanya akan menghapus file yang ada di memori internal. Khusus untuk penyimpanan pada memori eksternal akan tetap aman.

Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset 

cara mengembalikan data setelah factory reset
Cara mengembalikan data setelah factory reset

Pada dasarnya, data yang hilang setelah factory reset tidak terhapus secara permanen. Data-data ini biasanya hanya tidak terlihat pada memori sehingga kamu menganggapnya sebagai terhapus.

Baca juga:  Syarat Berjualan di Lazada dan Tips Cara Mendaftar Mudah

Tentunya, kamu masih bisa mengembalikan data-data tersebut dengan dukungan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk cara mengembalikan data setelah factory reset.

1. Melalui Aplikasi Android Data Recovery

Android Data Recovery menjadi rekomendasi aplikasi pertama yang bisa gunakan untuk cara mengembalikan data setelah factory reset. Sudah banyak pengguna yang mengklaim bahwa mereka berhasil untuk mengembalikan data yang sebelumnya telah hilang setelah factory reset. Pada proses ini kamu memerlukan komputer agar bisa menjalankan aplikasi Android Data Recovery. 

  • Langkah pertama kamu bisa memasang terlebih dahulu aplikasi Android Data Recovery di komputer.
  • Setelah berhasil dipasang, kamu dapat membuka dan menjalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama dari aplikasi, kamu bisa klik “Next” terlebih dahulu.
  • Jika sudah, aktifkan menu “Debugging” di HP Android kamu ketika ingin menghubungkan HP dengan komputer melalui kabel USB.
  • Apabila telah tampil menu “Sukses”, klik menu “Start” untuk memindai perangkat dan mencari data yang telah hilang akibat factory reset.
  • Berikutnya, kamu hanya perlu menunggu hingga aplikasi berhasil mengembalikan semua data yang telah hilang sebelumnya.
  • Jika sudah, klik menu “Pratinjau” untuk melihat data yang telah berhasil di recover.
  • Terakhir, klik menu “Recover” untuk mengembalikan data tersebut.

Perlu diketahui bahwa terkadang terdapat file yang tidak bisa di recover. Namun, kamu tetap bisa mendapatkan kembali file seperti foto, video hingga history pesan yang ada di aplikasi WhatsApp. Tentunya cara mengembalikan data setelah factory reset di Android ini bisa kamu coba

2. Melalui Aplikasi Dumpster

Tindakan lain yang bisa kamu gunakan untuk cara mengembalikan data setelah factory reset adalah dengan aplikasi Dumpster. Aplikasi ini memiliki manfaat untuk mengembalikan file yang sebelumnya telah hilang.

Baca juga:  Cara Mengirim Video Ukuran Besar Lewat Google Drive

Namun, yang menjadi perbedaan dari aplikasi dari sebelumnya yakni file yang bisa dikembalikan hanya berbentuk foto, video dan dokumen. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, bisa cek panduannya di bawah ini.

  • Pertama, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi Dumpster melalui Google Playstore.
  • Jika sudah berhasil di unduh, klik pasang dan izinkan pemasangan aplikasi untuk akses memori HP kamu.
  • Berikutnya, bukan dan jalankan aplikasi seperti biasanya.
  • Pada halaman pertama, kamu akan ditampilkan dengan berbagai file yang sebelumnya telah dihapus.
  • Untuk mengembalikan datanya, kamu bisa klik salah satu dari file yang ingin di recover dan selanjutnya tekan “Restore” agar data tersebut dapat di simpan kembali di memori HP kamu.
  • Terakhir, kamu hanya perlu melakukan cara yang sama untuk file yang ingin di restore.

Kelebihan dari penggunaan aplikasi ini, yaitu kamu tidak perlu mengubah atau melakukan akses rooting HP terlebih dahulu. Hal ini tentunya membuat HP kamu tetap aman tanpa perlu mengubah setelan pabrik secara menyeluruh. 

3. Melalui Local Backup

Saat ini hampir seluruh HP Android telah dibekali fitur local backup. Kehadiran fitur ini tentunya akan sangat membantu kamu untuk mengembalikan data yang hilang setelah factory reset. Namun, fitur ini hanya berfungsi jika kamu telah mengaktifkannya sebelum melakukan factory reset.

  • Cara pertama kamu bisa masuk ke menu “Pengaturan” yang ada di HP.
  • Berikutnya, lakukan scroll ke bawah dan masuk ke bagian opsi “Sistem”.
  • Pada bagian ini klik menu “Backup & Reset” untuk melanjutkan proses backup atau pencadangan file.
  • Terakhir, kamu dapat pilih opsi “Local Backup” dan tunggu hingga proses backup file berhasil dilakukan.

Pastikan bahwa fitur ini aktifkan dan lakukan proses pencadangan secara rutin agar terhindar dari masalah yang tidak kamu inginkan. Lamanya proses pencadangan disesuaikan dengan ukuran file yang di unggah. Semakin besar file yang di unggah, maka proses pencadangan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Search Engine Lengkap, Cek yuk!

Tidak ada jaminan untuk kamu bisa mengembalikan semua data yang telah hilang setelah proses factory reset. Cara yang paling disarankan adalah melakukan backup terlebih dahulu agar semua data kamu bisa dikembalikan secara menyeluruh. Namun, cara mengembalikan data setelah factory reset ini bisa kamu coba jika sudah terlanjur kehilangan data pada perangkat HP. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar