Ini Dia 4 Cara Mengatur Sensitif Layar iPhone

Bagaimana cara mengatur sensitif layar iPhone? Terkadang beberapa orang belum memahaminya! iPhone merupakan salah satu merek gadget yang terkemuka di dunia. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh gadget yang satu ini.

Kemajuan teknologi membuat gadget menjadi banyak perubahan akan fitur-fiturnya, salah satunya yaitu Touchscreen. Touchscreen adalah bagian paling sensitif yang ada pada smartphone, sehingga hal tersebut mengakibatkan risiko-risiko kerusakan terjadi apabila kurangnya pemeliharaan.

Cara Mengatur Sensitif Layar iPhone

Kamu pasti tidak mau jika iPhone yang baru saja kamu beli terdapat kerusakan, maka perlu menjaganya. Ya, menjaga dia aja kamu mampu masa jaga HP sendiri enggak hihi.

Salah satu upaya untuk menjaga benda kesayangan yang kita punya adalah dengan mengatur sensitif layar iPhone. Mungkin layar iphone kurang responsif terjadi akibat kamu belum mengatur pengaturan sensitifitas di gadget kamu. Apalagi jika baru beli, perlu sekali kita mengenalnya ea.

Oiya, kamu mau tau gak cara menghidupkan layar iPhone dengan ketukan? Bisa baca di bawah ini juga ya:

Cara menghidupkan layar iPhone dengan ketukan

Tenang jangan galau dan risau jika layar iPhone tidak merespon sentuhan, itu artinya kamu perlu mengatur tingkat sensitivitasnya. Siapa tau kurang sensitif.

Nah, pada kesempatan kali ini, Wong Cerdas akan membagikan tips untuk kamu yang sedang mencari cara mengatur sensitif layar iPhone. Apa saja cara yang bisa dilakukan? Yuk segera cekidot di bawah ini.

Cara Mengatur Sensitifitas Touchscreen Pada iPhone

 cara mengatur sensitif layar iPhone
Cara mengatur sensitif layar iPhone

Hal yang paling sering ditemui pada para pengguna smartphone tak terkecuali iPhone ialah bermasalahnya layar sentuh pada handphone salah satunya yaitu mengenai sensitifitas. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, berikut cara mengatur sensitif layar iPhone:

1. Kalibrasi Sensor

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi sensitifitas layar iPhone, salah satunya yaitu apabila dekat dengan medan magnet. Jika hal itu terjadi, hal yang harus dilakukan adalah mengkalibrasi ulang semua sensor gerak. Berikut pengaturan sensitif layar iPhone melalui langkah-langkah kalibrasi ulang:

  • Buka aplikasi compass pada iPhone.
  • Aplikasi ini tidak perlu di download, karena sudah tersedia sejak awal.
  • Setelah dibuka, maka akan muncul perintah-perintah untuk kalibrasi.
  • Akan muncul perintah untuk menempatkan bola pada lingkaran kalibrasi.
  • Lalu, letakkan iPhone pada permukaan yang datar.
  • Tunggu hingga aplikasi compass muncul di layar.
  • Jika aplikasi compass telah muncul, maka dipastikan proses kalibrasi telah selesai.
  • Apabila proses kalibrasi selesai, kembali ke menu awal.
  • Langkah selanjutnya yaitu, mengatur kecerahan layar.
  • Pergi ke menu setting atau pengaturan.
  • Kemudian pilih menu display & brightness.
  • Lalu geser slider pengatur kecerahan layar.
  • Pastikan Anda mendapatkan kecerahan yang sesuai.
  • Jika sudah, aktifkan mode auto brightness.
  • Mode tersebut berguna untuk mengatur kecerahan layar sesuai dengan kondisi lingkungan.
  • Jika sudah menemukan kecerahan layar yang sesuai.
  • Tahap selanjutnya yaitu mengatur sensitifitas.
  • Atur lah sensitifitas touchscreen sesuai dengan kenyamanan Anda.

2. Update iOS

Selain menggunakan cara kalibrasi sensor gerak, ada metode lain yang bisa dipakai dalam mengatur atau mengembalikan sensitifitas layar iPhone. Jika terjadi suatu masalah yaitu dengan mengupdate atau downgrade iOS.

Bisa jadi kurang atau tidak responsifnya sensitifitas layar iPhone dikarenakan system iOS Anda yang sudah tidak mendukung handphone. Namun untuk melakukan downgrade terkadang sudah tersedia lagi pada apple, maka cara satu-satunya ialah meng-update iOS.

3. Restart

Metode ini bisa dikatakan hal yang paling mudah dilakukan ketika ada suatu masalah pada layar seperti kurang responsifnya touchscreen yaitu dengan cara restart iPhone. Bisa jadi lambatnya respon layar dikarenakan aplikasi-aplikasi pada handphone tersebut.

Lakukan restart pada handphone yang terasa sangat berat sangat pengoperasiannya atau layar sentuh tidak merespon. Tunggulah beberapa menit, atau agar lebih efisien diamkan selama satu malah agar sistem iPhone rehat sejenak.

4. Reset

Proses ini berbeda dengan restart. Melakukan reset pada sistem iOS akan membuat iPhone Anda kembali seperti pengaturan awal saat baru atau setelan pabrik. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada sensitivitas layar, tapi juga akan membuat semua masalah bug menjadi hilang.

Namun jika dengan cara mereset iPhone kembali ke setelan pabrik tidak cukup bekerja dengan baik, maka metode selanjutnya yang bisa dilakukan ialah restore. Namun proses ini memiliki risiko cukup besar yaitu hilangnya semua data apabila belum di backup terlebih dahulu.

Itulah tadi pembahasan mengenai berbagai macam cara mengatur sensitif layar iPhone. Apabila metode diatas tidak cukup bekerja dengan benar, maka disarankan untuk membawa handphone Anda ke Apple Center terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bagikan:

Tinggalkan komentar