Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10

Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10 – Pernah suatu ketika ketika saya hendak membuka file exe di windows 10, tetapi yang saya dapati file tersebut tidak bisa dibuka. Padahal waktu itu ingin sekali membuka file exe untuk diaplikasikan di dalam komputer.

Sebagai seorang mahasiswa yang kerap berbagi file exe untuk komputer sendiri memang penting demi kelancaran pembuatan project kuliah. Tetapi ketika mengalami hambatan tentu membuat saya jengkel. Akhirnya saya dan kamu harus mencari tau cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka Windows 10.

Windows 10 merupakan update dari windows sebelumnya yakni windows 8. Kenapa tidak 9 dulu? Nah, menurut perusahaan Microsoft selaku peluncur windows mengatakan bahwa windows 10 terlalu sempurna untuk dikatakan sebagai windows 9. Jadilah dia disebut windows 10.

Segala apa yang dibuat oleh manusia, pastilah ada kurangnya. Begitu pula dengan windows 10 ini yang kerap mengalami masalah seperti tidak bisa membuka file exe.

File dalam format exe biasanya digunakan untuk setup suatu aplikasi.

Bagaimana Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10 ?

Lalu, muncul pertanyaan mengenai cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka? Wong Cerdas akan berusaha menguraikannya sebagai berikut.

1. Nonaktifkan Firewall Windows 10 Anda

Penyebab yang paling umum terjadi kenapa file .exe tidak bisa dibuka di Windows 10 karena disebabkan firewall windows 10 yang menyala. Terkadang, firewall ini langsung memblokir file.exe sangking sensitifnya ia.

Lalu, bagaimana cara mematikannya? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Cari pengaturan settings di laptop kamu, biasanya ditandai dengan icon bergerigi seperti ini:
cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka
Settings Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10
  • Jika sudah masuk ke menu settings, maka bukalah opsi Update & Security
  • Lalu, klik opsi Windows Security lalu pilih Firewall & network protection di layar laptop kamu
  • Nah, nanti akan muncul jendela baru yakni Windows Security
  • Pada bagian ini ada 3 Jenis Firewall
  • Sobat perlu mematikan semua firewall. OFF-kan semua pilihan tersebut maka firewall akan mati.

2. Ganti Pengaturan Registry di Windows 10

Cara kedua untuk mengatasi file exe yang tidak bisa terbuka adalah dengan mengubah pengaturan registry di Windows 10 kamu.

  • Pertama, coba tekan tombol Windows + R. Setelah terbuka kotak cuplikan di kiri laptop kamu, kemudian ketik regedit lalu enter.
Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10
Ketik “regedit” yah sob
  • Kemudian kamu masuk ke HKEY_CLASSES_ROOT lalu klik .exe 
  • Sudah masuk? Nah langkah kedua atau selanjutnya adalah kamu klik Modifiy.
  • Langkah ketiga, ganti value data yang tampil tersebut. Gantilah menjadi exefile. Klik OK.
  • Langkah keempat, coba cari lagi HKEY_CLASSES_ROOT kemudian exefile. Kamu klik lagi dengan cara mengklik kanan default dan klik juga Modifiy. Setelah diklik, ubah value data menjadi “%1” %* dan klik OK lagi.
  • Terakhir, restart laptop kamu.

3. Scan Antivirus

Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka Windows 10 selanjutnya, kamu perlu menscan virus di laptop atau komputer kamu. Bisa jadi laptop atau komputer kamu terkena virus, maka akan menyebabkan berbagai hal salah satunya tidak bisa membuka file exe.

Baca juga:

Cara mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan menscan laptop atau komputer dengan menggunakan sebuah alat pendeteksi virus atau antivirus. Di windows 10 sendiri sudah dibekali antivirus bawaannya yakni windows defender.

Windows defender bisa dengan baik menscan virus di laptop kamu. Cobalah untuk melakukan scan ya. Nah jika terdapat file yang dideteksi sebagai virus, maka kamu perlu menghapus file tersebut dari laptop kamu, sebelum virus tersebut merusak keseluruhan file yang ada di laptop kamu sobat.

4. File Exe Rusak atau Tidak Selesai di Download, Solusinya Download Ulang!

Beberapa pengalaman yang pernah saya lalui, file .exe yang ekstensi sebuah aplikasi ini biasanya tidak bisa dibuka karena file exe yang rusak sehingga tidak bisa dibuka sama sekali. Coba sobat perhatikan ukuran file exe yang sudah di download dengan yang ukuran seharusnya.

Nah, jika hal tersebut berbeda artinya memang benar saat pengunduhan terjadi kesalahan seperti hilang sinyal dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi file Exe yang tidak bisa dibuka Windows 10 tersebut? Ya, maaf nih sob kamu harus Download Ulang File Exe tersebut. Jika kamu memperoleh dari temanmu melalui flashdisk atau harddisk nah coba dipinta lagi ya.

Baiklah hanya itu informasi mengenai Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10 kali ini. Jika terdapat kesalahan tolong dikoreksi ya, kita sama-sama belajar. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar