Cara Mengatasi Default Gateway is Not Available Windows 10

Halo sobat Wong Cerdas, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja ya. Kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi Default Gateway is Not Available. Jika kamu sedang mengalami hal ini, simak terus artikelnya dan temukan jawabannya.

Sebagian besar, komputer digunakan untuk keperluan yang mengandalkan jaringan internet. Namun kadang-kadang, koneksi internet ini bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah bagi semua penggunanya. Misalnya, yang sering terjadi pada kamu yang menggunakan windows 10 ialah adanya tulisan Default Gateway is Not Available atau The Default Gateway is Not Available Windows 10. 

Apa itu Default gateway ?

Default gateway adalah sebuah istilah untuk menyebutkan perangkat yang merutekan trafik dari local network (Contohnya: Jaringan yang berpusat di Jakarta) menuju perangkat yang diakses melalui remote network (Contohnya: Jaringan yang berada di Bandung). 

Pada lingkungan bisnis, default gateway juga dikenal untuk menghubungkan local network atau komputer-komputer yang terhubung pada LAN yang sama untuk bisa mengakses internet di lingkup perusahaannya

Tulisan sederhana ini akan menjawab kendala bagi kamu yang sedang membutuhkan koneksi internet, karena pemberitahuan Default Gateway is Not Available membuat laptop tidak bisa terhubung dengan internet. Tentu, agar bisa digunakan dan dihubungkan kembali, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya. 

Masalah ini terjadi pada banyak orang kok, tenang. Sebelum memecahkan masalah bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya kamu tahu dulu, apa sih sebenarnya penyebab munculnya tulisan default gateway is not available

Penyebab terjadinya Default Gateway is Not Available

Sebenarnya, masalah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya, ketika driver kamu memang sudah ketinggalan zaman, adanya pengaturan IP yang kurang tepat, adanya kesalahan pada router, dan sebagainya. 

Cara Mengatasi Default Gateway is Not Available

cara mengatasi Default Gateway is Not Available
cara mengatasi Default Gateway is Not Available
Pict by: drivereasy.com

Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi Default Gateway is Not Available. Paling tidak, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih salah satu cara saja yang memang bisa berhasil diterapkan di laptop kamu. 

Menghapus Antivirus

Kasus Default Gateway is Not Available sering kali terjadi karena antivirus McAfee. Jika kamu sudah mengunduhnya, hapus ya. Caranya mudah kok. Pertama, kamu bisa menekan tombol windows bersamaan dengan R. Lalu ketikkan tulisan appwiz.cpl, enter.

Klik McAfee nya, kemudian cari tulisan uninstall. Selesai proses uninstall, jangan lupa untuk me-restart laptop kamu terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Mengubah Power Management 

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah program management. Caranya, tekan windows bersamaan dengan x, kemudian pilih Device manager. 

Buka bagian Network Adapters, lalu pilih network adapternya. Jika sudah, klik kanan di adaptor jaringan laptop kamu, lalu pilih properties. Selanjutnya, kamu bisa membuka power management, jangan lupa untuk memastikan allow the computer to turn off this device to save powernya tidak tercentang ya. Lalu klik ok. 

Menginstall Ulang Driver

Apabila drivers network adapter kamu rusak, maka secara otomatis koneksi internet tidak akan berfungsi dengan sempurna. Maka, kamu harus menginstall ulang dulu drivernya, agar masalah ini bisa teratasi. Cara setting default gateway agar kembali normal dengan cara ini cukup mudah. Yuk dibaca seterusnya.

Pertama, klik windows dengan x bersamaan, pilih  device manager, tepat pada bagian network adapter, kamu bisa mengklik kanan, dan pilih uninstall. Kemudian oke.

Setelah proses uninstall, kamu bisa menghidupkan kembali laptop kamu, dan windows akan langsung membantu kamu dalam proses install ulangnya secara otomatis.

Cara Mengatasi Default Gateway is Not Available dengan Mereset TCP

Tekan windows bersamaan dengan s, kemudian ketikkan command prompt, pilih run us administrator. Maka di layar laptop kamu akan muncul hasilnya. Jika sudah, tutup dan reboot laptop. 

Memperbarui Driver Ethernet

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka menu pengaturan, kemudian pilih update & security. Selanjutnya pilih windows update. Tak berapa lama, system akan memeriksa pembaruannya, dan mendownload. 

Merubah Mode Power Saving

Jika cara-cara sebelumnya belum juga berhasil, kamu bisa mencoba cara mengatasi Default Gateway is Not Available ini. yakni dengan memeriksa pengaturan mode savingnya. Caranya mudah, kamu cukup menekan windows bersamaan dengan s, kemudian klik power options.  Jika tampilan power optionnya sudah muncul, kamu bisa memilih paket opsi daya, kemudian mengklik change plan settings. Selanjutnya baru kamu mengubah pengaturannya dengan cara mengklik bagian change advanced power settings.

Lalu tab ‘wireless adapter settings’ dan juga tab ‘power saving mode’. Kemudian atur battery dan plugin menjadi maximum performance. Lalu oke, untuk merekam semua perubahan yang sudah kamu buat.

Semua langkah-langkah tersebut bisa kamu terapkan di laptop kamu yang bermasalah. Jangan lupa untuk mengikuti setiap stepnya dengan benar ya, teliti dalam memilih, baik untuk memilih bagian yang akan di tab ataupun yang akan dicentang. Karena kesalahan bisa menimbulkan masalah baru yang bisa jadi lebih rumit. 

Demikian sekilas mengenai cara mengatasi Default Gateway is Not Available. Semoga bermanfaat, hingga semua fungsi internet di laptop kamu kembali normal lagi.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar