Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren 4G LTE yang Benar

Sejak tahun 2017 yang lalu pemerintah sudah menetapkan peraturan baru tentang pemakaian nomor handphone. Salah satu provider internet yang mengikuti kebijakan tersebut adalah Smartfren. Sehingga sebelum menggunakan kartu Smartfren kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum mengerti caranya? Mari kita simak cara mengaktifkan kartu Smartfren 4G LTE dari Wong Cerdas.

Bukan Wong Cerdas namanya, kalo enggak bisa kasih kamu solusi hehe.

Jika dahulu kamu bisa menggunakan berbagai macam kartu paketan tanpa perlu registrasi, nampaknya saat ini cara tersebut sudah tidak bisa berlaku lagi. Sehingga kamu harus menggunakan kartu identitas asli seperti KTP dan KK yang kamu miliki sebelum mengaktifkan kartu perdana untuk paketan internet.

Peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut hingga saat ini masih berlaku di provider internet Smartfren. Sehingga bagi kamu yang ingin membeli kartu perdana Smartfren yang baru. Kamu diwajibkan untuk mengaktifkan atau mendaftarkannya terlebih dahulu.

Tidak sedikit juga yang mengalami kendala ketika akan mendaftarkan atau mengaktifkan kartu tersebut. Sehingga pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan tips dan tutorial mendaftarkan kartu perdana Smartfren yang baru agar bisa dipakai untuk internetan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kartu Smartfren yang kamu miliki. Cara tersebut akan saya bahas pada artikel kali ini. Silakan untuk membaca artikel ini hingga selesai.

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren 4G LTE

Tutorial yang akan saya berikan antara lain adalah mengaktivasi kartu Smartfren dengan mengunjungi situs resmi milik Smartfren, melakukan registrasi melalui SMS, dan mendaftarkan melalui galeri Smartfren.

Cara mengaktifkan kartu Smartfren 4G LTE
Cara mengaktifkan kartu Smartfren 4G LTE

Cara Mendaftarkan Kartu melalui Situs Resmi Smartfren

Melakukan registrasi melalui website resmi Smartfren caranya cukup mudah. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi langsung situs resmi milik Smartfren dan melakukan registrasi di sana dengan cara mengisi data-data yang diwajibkan untuk diisi.

Bagi kamu pengguna kartu Smartfren yang baru kamu harus mengisi nomor induk KTP, kartu keluarga, email, nomor telepon, dan data verifikasi yang lain.

Jika kamu masih bingung, sebaiknya kamu langsung mengunjungi website resmi milik Smartfren. Di sana terdapat panduan lengkap cara untuk mendaftarkan kartu perdana Smartfren yang baru.

Untuk data verifikasi, kamu bisa melihatnya di bagian belakang kartu atau dengan memilih PUK.

Apabila kamu sudah selesai mengisi formulir yang ada di website Smartfren tersebut, langkah selanjutnya yaitu dengan mencentang kotak kecil dengan tulisan “saya telah membaca dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan”

Maka langkah yang terakhir yaitu dengan cara mengklik tombol next atau lanjut.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Indosat ke Smartfren dan Telkomsel

Cara Mendaftar Kartu Smartfren 4G LTE melalui SMS

Selain dengan cara mendaftar melalui website. Kamu juga bisa melakukan registrasi melalui SMS. Langkah ini tergolong cukup sederhana dibanding dengan mendaftar melalui sebuah website. Jadi yang harus kamu persiapkan adalah Kartu Keluarga dan juga KTP yang ingin kamu gunakan untuk mendaftar.

Format pendaftaran melalui SMS yaitu NIK#NOMOR KK#.

Contoh : 82747755966060#2828449403030# Kirim ke 4444

Kemudian setelah mengisikan nomor KK dan NIK tersebut kamu bisa mengirimkan ke 4444. 

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren 4G LTE di Galeri Smartfren

Apabila saat kamu melakukan 2 cara diatas tetapi masih gagal kamu bisa menggunakan cara yang terakhir ini.

Caranya yaitu langsung datang langsung ke galeri Smartfren terdekat dari rumah kamu.

Perlengkapan yang harus kamu dengan membawa KK dan juga KTP. Dijamin ketika kamu datang di galeri Smartfren maka kartu perdana yang baru saja kamu beli bisa langsung digunakan.

Penyebab Kegagalan Saat Registrasi

Yang sering menjadi penyebab registrasi kartu smartfren gagal saat kartu perdana smartfren baru dibeli adalah salah saat memasukkan Nik ataupun KK. 

Oleh sebab itu maka kamu harus lebih memperhatikan saat mengisi nomor KK dan NIK. Apabila NIK dan KK sudah sesuai dengan Ditjen Dukcapil maka tidak akan terjadi kegagalan.

Penting lainnya yang menjadi faktor penyebab kegagalan saat registrasi kartu perdana. Faktor tersebut adalah karena masing-masing provider internet memiliki prosedur atau cara yang berbeda-beda saat melakukan pengaktifan kartu. Maka kamu harus mengikuti petunjuk sesuai dengan kartu perdana yang ingin kamu daftarkan

Akhir Kata

Sekian tutorial cara mengaktifkan kartu Smartfren 4G LTE dari saya. Semoga dengan artikel kali ini bisa membantu sobat semua untuk melakukan registrasi kartu perdana Smartfren yang baru dengan mudah.

Bagikan:

Tinggalkan komentar