Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi dengan Mudah

Apakah kamu pernah bertanya bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis puisi ? Jika iya, kamu tak sendiri karena banyak yang bertanya hal demikian juga.

Mulai dari golongan muda hingga tua, banyak yang hobi menulis puisi. Meski zaman semakin berubah dan popularitas puisi cenderung tidak setinggi seni musik, tetap saja jenis karya sastra yang satu ini memiliki banyak apresiator.

Hal ini dibuktikan dari semakin maraknya lomba menulis atau membaca puisi, proyek buku antologi puisi, dan sebagainya. Ternyata, di balik hobi yang simpel ini, sobat Wong Cerdas bisa mengirim puisi dan dapat honor, lho. Maka dari itu, artikel Wong Cerdas kali ini akan membahas tentang cara mendapatkan uang dari menulis puisi.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi

Hobi berpuisi, meskipun banyak apresiatornya, nyatanya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Padahal, berpuisi dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan melepas stres, karena kita dapat dengan bebas menuliskan apa yang kita pikirkan.

Apresiasi terhadap puisi dapat sobat temukan dari banyaknya orang yang pada saat memposting sesuatu di media sosial, ia menyertakan kata – kata atau sajak singkat yang indah. Bahkan, lagu – lagu Indonesia zaman sekarang pun banyak yang liriknya terkesan seperti musikalisasi puisi.

Baca juga:

Puisi tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi di masa kini juga mendatangkan kesempatan untuk sobat Wong Cerdas yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Maka dari itu, langsung saja, yuk, kita simak cara – cara mendapatkan uang dari menulis puisi di bawah ini.

1. Mengikuti Perlombaan Puisi

Barangkali bisa dikatakan bahwa cara kirim puisi online ini adalah yang paling mudah diakses dan dicoba oleh banyak masyarakat. Sobat Wong Cerdas dapat mengakses info – info lomba ini di media sosial, khususnya instagram. Sobat bisa mengecek akun – akun seperti @info_lomba, @eventhunterindonesia, dan @lomba_online.

Kebanyakan lomba tersebut memang membutuhkan biaya pendaftaran, yang mana untuk kategori puisi biasanya dipatok kisaran Rp10.000,00 – Rp20.000,00 per karyanya. Meski begitu, kesempatan ini tetap layak untuk sobat coba, karena hadiah uang yang akan didapatkan akan sangat bermanfaat untuk menambah tabungan sobat. Nah, begitu sobat untuk cara mendapatkan uang dari menulis puisi yang pertama ini.

2. Mengirim Karya Puisi ke Media Massa

Hingga kini media massa cetak maupun digital senantiasa membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengirim karya puisi, yang mana akan dimuat dalam rubrik khusus karya sastra tersebut. Sobat bisa mencari informasi dengan cara menghubungi kantor media massa, misalnya Solopos, melalui pesan langsung akun instagram mereka atau datang langsung ke kantornya.

Nantinya sobat akan diberitahu persyaratan dan prosedur pengiriman karya puisi. Namun, perlu diingat bahwa cara mendapatkan uang dari mengirim puisi ke koran seperti ini akan diseleksi terlebih dahulu. Jadi, jangan pantang menyerah,ya!

3. Menjadi Freelance Writer di Situs Tertentu

cara mendapatkan uang dari menulis puisi
cara mendapatkan uang dari menulis puisi – Jadi Freelance

Cara mendapatkan uang dari menulis puisi yang selanjutnya adalah dengan menjadi Freelance Writer. Di situs media massa tertentu seperti IDN Times, sobat Wong Cerdas dapat menyumbang karya puisi dengan cara menjadi freelance writer atau penulis lepas di sana. Untuk mendaftar freelance writer di media massa digital umumnya tidak sulit, hanya bermodalkan membuat satu akun. Dengan begitu, sobat bisa langsung mulai berkarya puisi dan jenis artikel lainnya di sana.

Karya yang berhasil diunggah akan membuat sobat mendapat sejumlah poin yang mana jika sudah terkumpul maka bisa diuangkan. Tentunya, puisi yang sobat unggah akan melalui tahap editorial dan belum tentu diunggah, Jadi, kuncinya adalah konsisten dan mau terus – menerus mencari inspirasi.

4. Membuat Buku Antologi Puisi Mandiri

Sobat bisa membuat banyak karya puisi sendiri, lalu dikumpulkan menjadi satu antologi mandiri. Agar bisa diuangkan, cobalah untuk diajukan ke penerbit resmi. Nantinya pihak penerbit akan memberikan syarat dan ketentuan terkait pengajuan antologi, penerbitan, royalti penjualan, dan sebagainya. Siapa tahu, bukan, buku antologi sobat bisa laku di pasaran, sehingga keuntungan yang sobat dapatkan pun besar.

Cara mendapatkan uang dari menulis puisi yang satu ini membutuhkan waktu yang panjang dan kegigihan dari sobat, karena belum tentu pengajuan antologi sobat akan langsung diterima. Maka dari itu, tetap semangat, ya!

5. Bergabung dengan Komunitas Seni

Cara terakhir yang direkomendasikan di artikel ini mungkin terdengar agak tidak lazim bagi sebagian sobat Wong Cerdas. Dalam cara ini, bentuk karya puisi sobat dapat disumbangkan melalui pembacaan di pertunjukan kesenian yang diselenggarakan oleh suatu komunitas seni. Sebagian pertunjukan tersebut dipungut biaya, sehingga penghasilan yang didapat pun juga bisa sobat rasakan, bukan?

Nah, itulah kelima cara mendapatkan uang dari menulis puisi yang bisa kami rekomendasikan. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Nantikan terus artikel – artikel tentang usaha dan bisnis lainnya di Wong Cerdas!

Bagikan:

Tinggalkan komentar