3 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel Mudah

Siapa nih yang hobi menulis novel? Jangan cuma simpan karyamu di laptop atau HP, ya. Ternyata dari menulis novel juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah loh, kan lumayan buat nambah uang jajan. Kali ini Wong Cerdas akan membahas tentang cara mendapatkan uang dari menulis novel di berbagai platform atau aplikasi kepenulisan.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel

Ada banyak cara mendapatkan uang dari menulis novel, salah satunya dengan menulis di platform menulis online yang sudah banyak tersedia di Indonesia. Platform tersebut memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri. Penulis tentu akan memilih platform yang menurutnya nyaman untuk wadah menulis. Tak hanya menulis, di platform tersebut kita juga bisa membaca karya orang lain.

Berikut adalah beberapa platform atau aplikasi penghasil uang dengan menulis:

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel di Wattpad

Cara mendapatkan uang dari menulis novel di Wattpad bisa dibilang cukup mudah karena Wattpad merupakan platform yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Cerita dari Wattpad banyak yang sudah diangkat ke layar lebar. Selain bisa diakses dengan mendownload aplikasi Wattpad di smartphone, kamu juga bisa mengunjungi situs ini di www.wattpad.com. Saat link halaman buku kita share di media sosial, aplikasi ini memiliki thumbnail foto yang menarik sehingga bisa menarik lebih banyak pembaca jika penulis pandai memilih thumbnail.

Berikut cara mendapatkan uang dari Wattpad:

  1. Melalui Wattpad Paid Stories

Wattpad Paid Stories bisa jadi cara mendapatkan uang dari menulis novel di Wattpad yang paling mudah. Di program Paid Stories ini, pembaca dapat mendukung penulis dengan cara membayar untuk bisa membaca karya penulis. 

  1. Menjual E-book berbentuk PDF

Kamu bisa menjual karyamu dalam bentuk PDF, apalagi jika kamu seorang penulis populer di Wattpad, tentu akan ada banyak fans yang antusias membeli e-book kamu.

  1. Karya Wattpad yang diterbitkan

Kamu juga bisa mengirimkan karyamu ke penerbit untuk dicetak. Ada juga penerbit yang menerbitkan dalam bentuk digital. Sebelum itu, karyamu harus sesuai dengan persyaratan terbit dari penerbit, misalnya viewer naskah di Wattpad minimal 100.000, halaman naskah minimal 200, dan lain-lain.

  1. Membuat akun Wattpad yang menarik

Ada juga penerbit yang mencari naskah di Wattpad untuk diterbitkan. Agar karyamu dilirik penerbit, buatlah akun Wattpad yang menarik dengan cerita yang unik dan sesuai kaidah penulisan. Kamu juga harus mempromosikan karya Wattpad-mu di media sosial untuk menarik lebih banyak pembaca dan like yang biasanya kedua faktor tersebut menjadi kriteria karya yang layak diterbitkan.

  1. Menjadi penulis orang lain

Cara mendapatkan uang dari menulis novel juga bisa kamu dapatkan dari menjadi penulis karya orang lain. Tak sedikit penulis yang sudah terkenal membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan karyanya yang panjang. Kamu bisa mengambil kesempatan ini untuk menambah pundi-pundi rupiah sekaligus menambah ilmu untuk mempercantik karyamu sendiri.

Baca juga:

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel di Innovel

3 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel Mudah
Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel Mudah di Innovel

Selanjutnya yaitu cara mendapatkan uang dari menulis novel di Innovel. Innovel menyediakan 2 kategori spesifik, yaitu Adult dan Teenager. Novel-novel di Innovel tersusun dalam beberapa bagian, mulai dari best seller, top rate, novel gratis (wait for free), like me like you do, dan sebagainya.

Setelah mendownload dan mendaftar menjadi penulis Innovel, akan muncul notifikasi pop up yang menginstruksikan untuk mengunjungi www.starywriting.com jika ingin menulis. Jika tulisanmu masuk di salah satu kategori tertentu misalnya “hubungan dua sejoli” yang cocok dibaca orang dewasa, tulisanmu akan diterbitkan di platform ini. Namun, jika tulisanmu lebih general, maka akan diterbitkan di aplikasi Dreame.

Penulis Innovel dapat memperoleh 3 jenis bayaran, yaitu bayaran untuk cerita baru, bayaran untuk yang berhasil menyelesaikan cerita hingga tamat, dan bayaran jika penulis terus mengupdate ceritanya. Tulisan yang terbit di Innovel memiliki peluang untuk terdaftar di program baca berbayar sehingga penulis bisa mendapatkan tambahan penghasilan.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel di NovelMe

NovelMe juga menjadi salah satu platform untuk menulis dan membaca. Perkembangan aplikasi dan jumlah pengguna platform ini terus meningkat. Namun, platform ini masih punya kekurangan, yaitu buku yang dibaca hanya bisa diakses via aplikasi dan penulis hanya bisa menulis via web www.novelme.com. Saat kita share link karya juga tidak muncul thumbnail sehingga kurang menarik perhatian.

Awalnya platform ini gratis, tapi sejak 19 Juli 2019 NovelMe mulai mengunci novel-novel favorit dan pembaca harus membeli koin untuk membuka bab yang berbayar sebesar Rp100 per bab. Cara mendapatkan uang dari NovelMe bisa dibilang tak semudah platform lain. Untuk mendapat penghasilan dari NovelMe, penulis harus dikontrak terlebih dahulu. Oleh karena itu, pastikan kamu rajin menulis di platform ini.

Berikut cara mendapatkan uang dari menulis novel di NovelMe:

  1. Isi semua data dan verifikasi akun penulis di website NovelMe
  2. Verifikasi akun biasanya memakan waktu 2-5 hari dan kamu bisa menunggu sambil mulai menulis
  3. Setelah akun terverifikasi dan tulisanmu sudah mencapai 3.000 kata, silakan ajukan kontrak
  4. Saat sudah mencapai 16 atau 17 bab, ajukan bab berbayar melalui aplikasi lalu kirimkan screenshot bukti pengajuan bab berbayar kepada editor masing-masing
  5. Untuk mengetahui siapa editor kita atau ingin menanyakan sesuatu yang belum jelas, silakan hubungi Ambassador NovelMe atau Customer Service

Suka menulis cerita pendek? Coba baca cara mendapatkan uang dari menulis cerpen

Demikian artikel tentang cara mendapatkan uang dari menulis novel di beberapa platform kepenulisan. Kira-kira platform mana yang akan kamu gunakan? Yuk, jangan menunda lagi, segera publish karyamu!

Bagikan:

Tinggalkan komentar