Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen Mudah Banget

Cerpen merupakan salah satu jenis karangan tulisan, selain cerpen ada pula novel, puisi, dan pantun. Cerpen sendiri memiliki banyak genre. Mulai dari cerpen romansa, thriller, slice of life, komedi dan masih banyak lagi. Nah kalau kamu tim pembaca atau penulis cerpen nih? Cerpen juga bisa menghasilkan uang loh guys. Nih ada cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang mudah dan anti ribet. 

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan jika ingin cerpen kamu menghasilkan uang. Misalnya dengan mengirimkannya ke kantor penerbit buku atau koran. Namun cara ini lebih ribet. Kalau mau yang mudah kamu bisa post cerpen kamu melalui aplikasi khusus jika beruntung dapat uang kalau tidak beruntung coba lagi. 

Apa saja aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang simak daftar berikut ini: 

  1. Innovel
  2. Vebma 
  3. Plukme 
  4. Dreame
  5. Storial.co – Aplikasi baca novel gratis
  6. Mangatoon 
  7. Noveltoon
  8. We Read
  9. Joylada
  10. WebNovel
  11. Kakaopage Korea
  12. Webtoon
  13. Novelme

List daftar di atas juga masuk dalam kategori cara mendapatkan uang dari internet tanpa paypal. Lanjut baca cara dapat uang dari menulis cerpen di Kompas yuk!

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen di Kompas

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen
Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen di Kompas

Selain melalui aplikasi kamu juga bisa mengirimkan cerpen ke surat kabar seperti kompas, Jawa pos, tribun, suara merdeka Dibawah ini ada cara mengirim cerpen ke kompas 2021, penasaran bagaimana? Cus simak langkah langkahnya. 

  1. Tema cerpen harus disesuaikan dengan visi misi perusahaan penerbit. Biasanya kompas lebih memilih cerpen yang menceritakan unsur “jiwa”. Cerpen romansa sedikit sulit untuk diterima. 
  2. Naskah ditulis di ms word, kertas A4.
  3. Ukuran tulisan 12 Times new roman. 
  4. Line spacing berukuran 1,5 dan tidak lebih dari 10.000 karakter. 
  5. Save dalam format RTF dan dikirim lewat file attachment.
  6. Bagian bawah naskah tambahkan catatan yang berisi no rekening untuk pengiriman honor jika cerpen berhasil di post, no hp, dan email. 
  7. Subjek email saat mengirim cerpen di tulis CERPEN : JUDUL CERPEN. 
  8. Langkah terakhir untuk cara mendapatkan uang dari menulis cerpen di Kompas adalah dengan mengirimkan cerpen kamu ke alamat email kompas yaitu opini@kompas.co.id. 

Nah, begitu teman-teman cara mendapatkan uang dari menulis cerpen di Kompas. Cobain dulu deh ya dan jangan lupa sambil baca-baca cerpen yang sudah terbit di Kompas juga.

Tau Pemendek URL dari Bitly? Itu bisa menghasilkan uang lho. Yuk baca artikelnya di sini cara mendapatkan uang dari bitly.

Syarat Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen dengan Mudah

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen di internet sangatlah mudah jika kami memenuhi syarat berikut ini :

  1. Naskah cerpen murni milik sendiri, asli, dan original bukan dari hasil plagiat karya orang lain. 
  2. Belum pernah di post di manapun, termasuk blog, medsos, aplikasi cerita, atau perusahaan penerbit.
  3. Memuat cerita yang menarik, dan segar. 
  4. Cerita harus bisa memunculkan rasa penasaran pembaca sehingga menimbulkan perasaan candu. 
  5. Tulislah cerita yang membuat kamu enjoy, jangan memaksakan apabila tema yang dipilih tidak sesuai dengan passion kamu. 
  6. Tentukan sasaran pembaca. 
  7. Perhatikan gaya bahasa. Ada pembaca yang suka gaya bahasa cerpen baku ada pula yang santai. 
  8. Konsisten. 
  9. Tepat waktu.
  10. Niat dan semangat. 
  11. Harus mau menerima saran dan kritik sekaligus itu pedas. Hanya dari kritikan penulis bisa berkembang. Karena seorang penulis menulis bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk pembacanya, dengan begitu cara dapat uang dari menulis cerpen bukan menjadi sesuatu yang mustahil. 

Cara Mendapatkan Uang dengan Menulis Cerita di Innovel

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen
Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen – Cerita di Innovel

Menulis cerita selain sebagai hobi ternyata juga bisa menjadi sumber penghasilan. Baik penghasilan tetap maupun sampingan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi penghasil uang dengan menulis seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Baca juga:

Berikut ada cara mendapatkan uang dari menulis cerpen di innovel : 

  1. Download aplikasi innovel di play store. 
  2. Setelah download akan ada permintaan izin akses ke penyimpanan dan telepon kamu. Izinkan.
  3. Jawab pertanyaan yang muncul dengan baik dan benar. Lanjut. 
  4. Pilih 3 tag genre cerita favorit kamu. 
  5. Sebelum memulai menulis kamu bisa masuk beranda kemudian daftar. 
  6. Klik “Profil > Saya”. Klik gambar profil nanti akan tampil tulisan PENGUNJUNG dan no id. 
  7. Pilih metode registrasi bisa melalui Google atau Facebook. 
  8. Setelah registrasi berhasil kembali klik profil kemudian klik menu “untuk menjadi penulis innovel”. 
  9. Setelah itu kamu akan diarahkan untuk jadi penulis di innovel, tapi sebelum itu kamu bisa baca baca dukungan yang diberikan pihak innovel kepada penulisnya seperti syarat, aturan benefit yang akan kamu terima dan alasan kamu memilih innovel serta kemitraannya, salah satunya adalah DREAME. 
  10. Langkah selanjutnya adalah klik “menjadi penulis DREAME”. 
  11. Jika semua tahap sudah selesai akan muncul tampilan POP UP yang menunjukkan jika ingin menulis di innovel anda wajib mengunjungi “staywritting.com”. 

Baca juga selengkapnya di cara mendapatkan uang dari menulis novel

Perlu diketahui cerita yang dimuat dalam innovel hanya terdiri dari 2 jenis saja yaitu teenage dan adult. Jika karya kamu termasuk ke dalam cerita romansa berunsur dewasa akan masuk ke platform ini sedangkan jika bertema lebih umum santai akan masuk ke DREAME. 

Gimana guys cara dapat uang dari menulis cerpen mudahkan? Sebagai gambaran jika kamu menulis di innovel maka benefit yang mungkin akan kamu peroleh adalah sebagai berikut : 

  1. Fee untuk cerita baru. 
  2. Fee ketika karya kamu berhasil selesai sampai ending. 
  3. Fee setiap kali update episode cerita baru. 
  4. Cerita yang khas dan menarik kamu berpeluang besar masuk ke program “baca berbayar” jadi peluang mendapatkan uang banyak menjadi lebih besar. 
  5. Selain pendapatan di atas kamu juga bisa mendapatkan benefit teknis yang biasanya disampaikan langsung oleh pihak innovel. 
  6. Sistem pembayaran sangat transparan, kamu bisa mengecek berapa banyak pendapatan yang masuk secara harian serta mengetahui informasi perjanjian dengan penerbit mana saja yang sudah menjalin kerjasama. 

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang bisa kamu praktekkan di rumah. Menulis cerpen bisa menjadi aktivitas menyenangkan di kala pandemi seperti ini. Dapat menyalurkan hobi, dapat uang, sekaligus melindungi diri dari wabah covid yang berbahaya. Sekian dan terimakasih. 

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar