5 Cara Mendapatkan Dana untuk Karang Taruna dengan Mudah!

Cara mendapatkan dana untuk karang taruna harus membutuhkan ide yang kreatif. Hal ini dikarenakan tidak semua orang akan rela memberikan uangnya secara cuma-cuma. Karang taruna merupakan suatu organisasi pemuda yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam dunia masyarakat.

Ada banyak sekali program kerja dari karang taruna. Sebut saja dalam bidang pendidikan, bidang penyuluhan, bidang usaha kesejahteraan sosial, dan masih banyak lagi. Dana yang dibutuhkan untuk karang taruna bisa mencapai jutaan, terlebih di bagian kecamatan yang mendapatkan dana lebih.

Cara Mendapatkan Dana untuk Karang Taruna

Melihat dari banyaknya dana yang dibutuhkan, tidak heran jika organisasi tersebut berusaha untuk mendapatkan dana sendiri. Karena tidak selamanya dana yang diberikan dapat mencukupi kebutuhan. Apalagi sebuah organisasi jika tidak ada dana, maka tidak bisa berjalan. Berikut ini cara mendapatkan dana di karang taruna.

1. Iuran yang Dilakukan Anggota

Salah satu cara mendapatkan uang kas karang taruna adalah melakukan iuran yang dilakukan dari para anggotanya. Kamu bisa membuat ketentuan dalam pembayarannya. Apakah per minggu atau per bulan dengan tarif yang sudah ditetapkan bersama anggota lainnya.

Namun, tidak sedikit anggota yang merasa keberatan atau malas dalam melakukan iuran. Oleh karena itu, penting mempunyai kesadaran sebagai anggota tentang manfaat dari organisasi dan tujuannya.

Baca juga yuk: contoh usaha ekonomi produktif karang taruna

2. Mendapatkan Dana dari Masyarakat

Cara mendapatkan dana untuk karang taruna yang bisa kamu coba lakukan adalah mendapatkan dana dari masyarakat. Karena karang taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat, maka masyarakat juga ikut berpartisipasi. Salah satu cara mendukung organisasi itu, yakni dalam bentuk dukungan dana.

Baca juga:

Namun, hal ini juga dibutuhkan banyak kesadaran agar masyarakat dan karang taruna tidak terjadi salah paham. Karena tidak sedikit masyarakat yang merasa iuran sangat mengganggu. Oleh karena itu, kamu bisa melakukannya sesekali saja. Jangan terlalu sering.

3. Memanfaatkan Event

Cara Mendapatkan Dana untuk Karang Taruna
Cara Mendapatkan Dana untuk Karang Taruna

Kamu juga bisa mendapatkan dana dengan memanfaatkan event. Dalam satu tahun, pastinya banyak perayaan penting yang harus dilakukan. Sebut saja perayaan 17 Agustus, Sumpah Pemuda, dan lain sebagainya. Kamu bisa menjadikannya sebagai ide-ide kreatif karang taruna agar bisa mendapat dana.

Bukan berarti setelah kamu mendapatkan dana untuk event, kamu malah mengambil banyak keuntungan. Sebagai ketua organisasi, kamu harus memikirkan contoh kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang.

Contohnya, jika kamu mendapatkan dana sebesar Rp 15.000.000, maka kamu bisa memanfaatkan Rp 10.000.000 untuk event dan sisanya digunakan kembali. Maksudnya adalah kamu bisa menggunakan uang untuk membeli bahan makanan atau minuman untuk dijual kembali. Dengan begitu, dana kas untuk karang taruna semakin berkembang dan tidak mati.

Mungkin ini yang kamu cari: kegiatan karang taruna yang menghasilkan uang

4. Mencari Donatur

Mencari donatur bisa menjadi salah satu cara mendapatkan dana untuk karang taruna dengan mudah. Namun, mencari donatur yang mau membantu pastinya susah-susah gampang. Oleh karena itu, kamu membutuhkan beberapa trik agar banyak donatur yang akan membantu organisasimu.

Trik yang pertama adalah membuat proposal agar terlihat menarik. Meski terkadang, proposal hanya sebagai syarat, tidak jarang juga donatur yang melihat dari proposal. Proposal bertujuan untuk menjelaskan visi, misi, serta kegiatan bermanfaat apa saja yang dilakukan oleh organisasi kamu. Kamu bisa menyebarkan proposal ke mana saja agar lebih banyak mendapatkan donatur.

Selain itu, biasanya donatur akan berkata bahwa akan segera menghubungi kamu. Trik yang kedua adalah berinisiatif. Contoh karang taruna sukses adalah selalu memiliki ide kreatif agar bisa mendapat dana. Kamu bisa berinisiatif meminta kontak dan menghubungi untuk mendapat kepastian. 

5. Menerapkan Program yang Bagus untuk Karang Taruna

Cara mendapatkan dana untuk karang taruna bisa kamu lakukan dengan menerapkan program yang bagus. Maksudnya adalah mencoba mengaplikasikan program karang taruna dalam dunia masyarakat. Contohnya mengadakan sunatan massal, mengadakan cek kesehatan, gotong royong, dan sebagainya.

Kamu bisa meminta iuran atau menerapkan harga yang tidak tergolong mahal agar masyarakat tidak kecewa. Misalnya Rp 10.000 – Rp 25.000. Tidak hanya masyarakat yang merasa terbantu, tapi karang taruna menjadi lebih bermanfaat. Anggotanya bisa lebih terbiasa dan tidak hanya belajar materi saja.

Lima cara di atas bisa kamu coba lakukan sebagai cara mendapatkan dana untuk karang taruna. Kamu juga bisa memanfaatkan bakat dalam anggota untuk mencari dana. Misalnya, menjual jasa atau produk dalam bidang wirausaha atau tata boga.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar