Cara Memulai Usaha Sayuran yang Mudah Dicoba

Sayur merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat, sebab harganya yang murah serta bergizi tinggi. Hampir setiap hari di meja makan selalu tersedia minimal 1 menu masakan yang berbahan dasar dari sayur. Tingginya permintaan akan sayur membuka peluang besar bagi bisnis sayuran. Tertarik untuk mencoba? Simak cara memulai usaha sayuran berikut ini agar bisa jadi pebisnis sukses. 

Cara Memulai Usaha Sayuran

Bisnis sayuran merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang sangat besar. Terbukti dengan permintaan sayur setiap hari sangat tinggi dan stabil. Jenis sayuran yang bisa dijual pun ada banyak tinggal pilih saja mau yang yang mana dan berapa banyak. Mau sayuran organik atau sayuran biasa dari para petani.

Perhitungan bisnis sayuran mudah atau tidak bisa dilihat dari sini : 

Modal 

Modal awal yang digunakan untuk memulai bisnis ini tidak terlalu besar. Kurang dari 1 juta rupiah sudah jalan. Nantinya modal ini akan dibagi untuk biaya transportasi, alat transportasi, menyewa tempat dan kulakan sayuran. 

Baca juga:

Memilih sayuran yang mau dijual 

Jenis sayuran ada banyak sekali, mulai dari sayur hijau seperti bayam, sawi, dan kangkung, sayur buah seperti tomat, dan terong, sayur umbi seperti lobak, wortel, dan kentang. Sebaiknya kamu memilih jenis sayuran yang paling banyak dikonsumsi calon konsumen kamu. 

Menentukan metode berjualan

Metode jualan sayuran sangat berpengaruh pada masa depan bisnis kamu. Mau jualan muter kampung, mau jualan yang stay seperti didepan rumah, pinggir jalan raya, pasar, atau mau jualan secara online harus kamu tentukan dan persiapan sematang mungkin. Dari mulai persiapan tempat sampai tempat penyimpanan tidak boleh ada yang miss. 

Cara Memulai Usaha Sayur Online

Cara Memulai Usaha Sayur
Cara Memulai Usaha Sayuran Online

Semakin hari masyarakat suka hal yang instan hingga mobilitas sehari hari belanja ke pasar mulai berkurang. Hal ini membuka peluang sangat besar bagi pebisnis sayuran online apalagi saat ini didukung dengan gadget yang canggih. Usaha sayuran online merupakan salah satu inovasi jualan sayur konsep modern. 

  1. Memilih Jenis Sayur yang akan Dijual 

Cara memulai usaha sayuran secara online yang bisa dicoba adalah dengan memilih jenis sayur. Jenis sayuran itu banyak sekali jadi kamu harus memilih beberapa sayuran yang akan dijual dan menyiapkan stoknya. Sebaiknya memilih sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat, seperti wortel, kentang, kol, brokoli, kembang kol, tomat, jagung, terong, sawi dan lain sebagainya. 

Bisa juga khusus menjajal sayuran organik yang kini semakin banyak peminatnya terutama kalangan masyarakat menengah atas. Bisnis sayuran online juga bisa dikatakan sebagai usaha sayur packing sebab pengemasannya tidak dilakukan sembarang. Harus rapi, dan bersih. 

  1. Membuat Akun Media Sosial dan Promosi

Media sosial ini berperan sebagai wadah promosi kamu. Cara memulai usaha sayuran dengan memanfaatkan media sosial juga mudah banget. Melalui media sosial kamu bisa menawarkan produk yang kamu jual. Jangan lupa posting semua gambar sayur yang dijual lengkap dengan informasi yang mencakup kualitas, berat, harga, dan nomor yang bisa dihubungi. 

  1. Menggunakan Metode Pre-order 

Jadi yang dimaksud dengan pre-order adalah memesan barang terlebih dahulu dikirim kemudian dengan pembayaran secara transfer atau langsung. 

Nah pre-order ini membuka celah bagi kamu untuk menyiapkan sayuran tepat waktu sehingga sayuran tetap segar ketika sampai ke tangan pembeli. Berikan juga kebijakan untuk pre-order misalkan pembelian partai kecil minimal h-1. Jika pembelian dalam partai besar minimal h-7. 

  1. Mencari Supplier

Cara memulai usaha sayuran yang kudu wajib kamu terapkan adalah dengan mencari supplier. Carilah supplier yang menawarkan harga murah namun berkualitas baik. Kalau bisa ambil langsung dari petani atau pengepul. 

  1. Kemasan

Jual sayur online bisa dikatakan juga dengan bisnis sayur kemasan bentuk dari packing sayuran akan mempengaruhi kualitas dari sayur yang dikirim, jadi pastikan mengemasnya dengan baik untuk mengurangi resiko kerusakan. 

  1. Tempat Penyimpanan

Sediakan tempat penyimpanan seperti kulkas untuk menjaga kesegaran sayur yang akan dijual. Sesuaikan ukuran dan jumlah unit penyimpanan dengan banyaknya sayur yang akan dijual. 

  1. Tentukan ongkos kirim dan jasa pengiriman. Cara memulai usaha sayuran yang terakhir perlu kamu perhatikan adalah ongkos kirim. Mau gratis ongkir tetapi harga sayur dinaikkan demi menutupi free ongkir atau harga murah tapi ongkirnya bayar? Keputusan ada di tangan kamu ya sob.

Baca juga informasi tentang memulai usaha di bidang tanaman yang menguntungkan:

Strategi Bisnis Sayuran

Cara Memulai Usaha Sayur
Cara Memulai Usaha Sayuran
  1. Menentukan target pasar. Target pasar paling mudah adalah ibu ibu rumah tangga. 
  1. Membangun hubungan baik dengan pelanggan. Caranya adalah dengan menganggap semua pelanggan itu potensial dan penting. Jadi berikan layanan yang terbaik serta jujur dengan kondisi produk yang dijual. 
  1. Mencari lokasi jualan. Carilah lokasi jualan yang paling prospek sesuai dengan target pasar kamu. 
  1. Giat menawarkan dagangan. Jangan menunggu pembeli datang kamu harus menjemput pembeli. Contoh menawarkan dengan dengan berkata “sayur sayur Bu sayurrrr” ketika jualan keliling perumahan atau kampung. Dengan begitu orang akan tau kalau kamu jualan sayur. 
  1. Jangan mematok harga yang mahal kalau bisa lebih murah sedikit dari saingan kamu. Beda Rp 500 saja sudah menjadi pertimbangan berat bagi ibu-ibu yang mau beli.

Nah, begitu teman-teman cara memulai usaha sayuran dan strateginya. Yuk intip di bawah ini cara mudah menentukan keuntungan.

Saat ini Usaha Daun Kelor dan Tanaman Hias Menguntungkan
Baca:
Peluang Usaha Budidaya Kelor
Peluang Usaha Tanaman Hias

Cara Mudah Menentukan Keuntungan dan Harga Jual Sayuran 

  • Cara menghitung harga jual sayuran yang mudah adalah membandingkan harga jual pesaing dengan harga beli sayur. Misal harga beli sayur bayam 1 ikat Rp 2.000. Harga jual pesaing Rp 4.000. Kamu bisa jual 1 ikat bayam dengan harga Rp 3.500 atau sama dengan pesaing yang penting kalau mau laku jangan lebih mahal. 
  • Cara menghitung untung jualan sayur adalah total penjualan sayur selama 1 hari – dengan total biaya yang dikeluarkan dalam sehari meliputi biaya kulakan sayur + biaya transportasi + biaya lain lain. Misalnya laba bersih yang mampu diperoleh dalam sehari sebesar Rp 1.300.000. Total seluruh biaya yang dikeluarkan Rp 750.000. Laba bersih = Rp 1.300.000 – Rp 750.000 = Rp 550.000. 

Jualan sayuran adalah salah satu bisnis yang memiliki keuntungan besar resiko rendah. Jika masih ada sisa dari dagangan kamu bisa memasak untuk dimakan sendiri bersama keluarga. Dapat untung uang sekaligus sayur gratis. Itulah tadi sedikit informasi cara memulai usaha sayuran semoga bermanfaat. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar