Cara Memulai Usaha Gas Elpiji 3 kg Mudah Bagi Pemula

Cara Memulai Usaha Gas Elpiji 3 kg Bagi Pemula – Istilah gas elpiji atau bisa juga disebut LPG (Liquified Petroleum Gas) pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Yap, barang ini pasti dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga setiap harinya, khususnya untuk keperluan memasak. Gas elpiji pertamina tersedia dalam beberapa ukuran, yaitu 3 kg, 5 kg, dan 12 kg.

Kali ini WongCerdas akan membahas kali mengenai bagaimana cara memulai usaha gas elpiji 3 kg. Yuk baca sampai habis artikel ini.

Cara Memulai Usaha Gas Elpiji 3 kg

Usaha gas elpiji ini cocok dijalankan sebagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga, karyawan swasta, PNS, pelajar, maupun mahasiswa. Perlu kamu ketahui, ada 3 kategori yang bisa kamu pilih untuk memulai usaha gas elpiji, yaitu sebagai agen, sub agen atau pangkalan, dan pengecer.

Kamu pasti bertanya tentang cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg atau agen resmi ya? Lebih mudah memang menjadi pengecer. Coba baca artikelnya ini yang sudah kami tulis sebelumnya:

Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 Kg

Lalu, kategori mana yang bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan? Tentu semua menguntungkan. Banyaknya keuntungan yang didapat tergantung banyaknya pasokan, banyaknya tabung gas, dan banyaknya pelanggan.

Menjadi pengecer sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal terbatas dan tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Jika kamu memiliki modal yang cukup banyak, lebih baik menjadi sub agen atau pangkalan. Namun, kamu harus membayar biaya izin pangkalan gas lpg. Jika kamu punya modal yang sangat besar, ada baiknya kamu menjadi agen resmi yang langsung dibawahi pertamina.

Oiya, sebelum lanjut pembahasan, ada baiknya kamu membaca juga mengenai  resiko usaha gas elpiji 3 kg di artikel kami lainnya.

Langsung saja kita ke pokok bahasan tentang cara memulai usaha gas elpiji 3 kg. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk memulai usaha gas elpiji 3 kg bagi pemula:

1. Punya Tempat Usaha

Cara bisnis gas lpg 3 kg yang terpenting adalah mempunyai tempat untuk menyimpan stok tabung gas elpiji. Jika kamu belum memiliki tempat usaha yang luas, kamu bisa menggunakan ruangan kosong di rumah. Pastikan kamu memasang pemberitahuan bahwa kamu menjual gas elpiji di depan rumah agar orang sekitar dan tetangga tahu.

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan usaha kamu, pastikan tempat usaha jauh dari jangkauan anak-anak dan bahan yang mudah terbakar atau sumber api. Lengkapi juga tempat usahamu dengan APAR untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Punya Kendaraan Operasional

Untuk mendukung proses pengangkutan gas elpiji, kamu perlu memiliki alat transportasi. Alat transportasi yang digunakan bisa berupa sepeda motor, motor roda tiga, pick-up, atau truk tergantung keperluan dan banyaknya tabung yang akan diangkut.

3. Mencari Supplier

Cara Memulai Usaha Gas Elpiji 3 kg
Cara Memulai Usaha Gas Elpiji 3 kg Bagi Pemula

Cara memulai usaha gas elpiji 3 kg yang ketiga adalah mencari supplier atau pemasok. Pasokan ini bisa kamu dapatkan dari agen atau pangkalan resmi. Hendaknya kamu mencari supplier yang dekat dengan tempat usahamu untuk mempermudah pengiriman dan menghemat biaya transportasi.

Ingin memperoleh dana bantuan dari investor atau pemerintah? Baca yuk contoh proposal usaha gas elpiji 3 kg.

4. Persiapkan Tabung Gas LPG 3 kg

Sebenarnya, hanya dengan 10 buah tabung gas elpiji kamu sudah bisa membuka usaha jual-beli gas. Akan tetapi, jika kamu punya lebih banyak tabung akan lebih baik karena persediaan tabung bisa bertahan berhari-hari sehingga tidak perlu sering-sering belanja gas. Tabung gas kosong bisa dibeli langsung dari agen, pangkalan, atau dari pengguna.

5. Mulai Datang ke Pangkalan dan Melakukan Pengisian Ulang

Kamu perlu melakukan pengisian pada tabung gas yang kosong. Pengisian ini bisa dilakukan di pangkalan terdekat. Biasanya, biaya untuk pengisian tabung gas elpiji 3 kg adalah Rp17.000. Sedangkan untuk tabung gas 5 kg sebesar Rp70.000.

6. Menentukan Cara Pelayanan

Cara memulai usaha gas elpiji 3 kg selanjutnya adalah jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik yang memuaskan pelanggan, seperti melayani pemesanan secara online, gratis biaya pengiriman, pengiriman tepat waktu, harga bersaing, dan lain-lain.

7. Memanajemen Harga

Cara memulai usaha gas elpiji 3 kg yang satu ini tak kalah penting untuk dilakukan. Manajemen harga dilakukan agar usaha tetap berjalan dan pelanggan tidak berpindah tempat.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai cara memulai usaha gas elpiji 3 kg yang bisa Wong Cerdas bagikan kali ini. Apa kamu tertarik dan siap menjalankan bisnis ini? Sampai ketemu di artikel selanjutnya, ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar