5 Cara Memulai Usaha Donat Rumahan dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini, Wong Cerdas berusaha memberikan informasi tentang cara memulai usaha donat rumahan untuk kamu. Pastinya kamu ingin memperoleh keuntungan, bukan? Nah simak sampai habis artikel kali ini yah.

Setelah hampir setahun, nyaris semua kegiatan dialihkan ke rumah. Selama di rumah saja, aktivitas apa yang kerap kamu lakukan untuk menghabiskan waktu? Apakah hanya menghabiskan waktu untuk menyaksikan siaran kesukaan sepanjang hari sambil ngemil-ngemil makanan manis, atau ada kebiasaan baru yang mulai kamu lakukan? Ya, jika waktu kamu yang panjang hanya dihabiskan untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif, tentu sangat merugikan. Ia nggak sih? Karena sebenarnya, ada banyak kebiasaan baru yang bisa mulai kamu coba. 

Salah satunya adalah usaha donat rumahan. Sudah banyak loh kisah pebisnis yang sukses di masa pandemi, dan ini bermula dari ramainya pemecatan karyawan di mana-mana. Jika kamu adalah bagian dari orang yang juga terkena dampak, tak ada salahnya memulai usaha donat rumahan ini. 

Tentu, pemilihan usaha donat rumahan didasarkan pada banyak aspek. Mulai dari bahannya yang simple, pembuatan yang mudah, rasanya yang lezat, hingga harga jual dan untungnya yang banyak. Apalagi jika kamu kreatif, tentu akan membuat donat yang kamu jual laku keras di pasaran.

Tak usah berlama-lama, berikut kami sajikan informasi tentang cara memulai usaha donat rumahan yang bisa kamu coba. 

Cara Memulai Usaha Donat Rumahan

Apakah kamu sudah tidak sabar lagi mengetahui cara memulai usaha donat? Berikut sudah kami berikan tips mudahnya. Selamat membaca.

Cara Memulai Usaha Donat Rumahan
Cara Memulai Usaha Donat Rumahan

Menemukan Resep

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha donat rumahan adalah menemukan resep. Hingga kini, sudah banyak sekali resep donat rumahan yang bisa kamu akses di internet, baik di google maupun di Youtube.  Kamu bisa mengumpulkan beberapa resep yang menurut kamu paling baik, lalu berikan waktu untuk praktek.

Dengan praktek yang sudah kamu lakukan, tentu akan sangat mudah untuk mengetahui resep terbaik yang akan kamu pilih. Yup, menemukan resep adalah cara memulai usaha donat rumahan yang pertama.

Membuat Rencana Topping

Tips usaha donat rumahan selanjutnya adalah membuat rencana topping. Semakin banyak list topping donat rumahan yang kamu tawarkan, maka kemungkinan larisnya akan lebih besar.  Karena memang permintaan pasar membuktikan hal tersebut. Jika dulu donat hanya ditaburi dengan gula atau meses, maka kini sudah banyak sekali varian topping yang selain lezat juga bentuknya memikat, mulai dari yang cita rasa manis hingga gurih.

Mempersiapkan Alat 

Sebenarnya, pembuatan donat bisa saja kamu lakukan hanya bermodal tangan. Namun, akan lebih mudah jika kamu menggunakan mesin ya. Selain menghemat tenaga dan waktu, penggunaan mesin juga akan membuat hasilnya lebih bagus, karena tingkat kalis adonan pasti sempurna.

Jika memang dana yang kamu miliki memadai, tak ada salahnya menyisihkan uang untuk membeli beberapa perlengkapan membuat donat, seperti mixer. Tapi, jika memang modal yang kamu miliki seadanya, coba saja uleni pakai tangan dulu, nanti seiring berjalannya waktu, jika perkembangannya bagus, barulah kamu mulai membeli mesin sebagai penunjang usaha donat rumahan yang kamu bangun. 

Membuat Brand

Cara memulai usaha donat rumahan yang selanjutnya ini tak kalah penting dengan yang sudah disebutkan di atas. Bagaimanapun, usaha donat rumahan yang kamu bangun juga membutuhkan brand agar lebih dikenal masyarakat luas. Salah satunya adalah dengan memilih namanya terlebih dahulu. Kamu bisa memilih nama yang super simple, unik, dan gampang diingat. Penamaan ini bisa kamu sesuaikan dengan ciri khas yang akan donat kamu tawarkan ke konsumen. 

Setelah menemukan nama yang tepat, kamu bisa melanjutkan proses branding dengan membuat logo. Yap, logo juga merupakan bagian brand yang cukup penting. Buat saja logo yang sederhana, namun efeknya sangat kuat, sehingga siapapun akan merasa tertarik untuk membelinya. 

Jika kamu tidak bisa mendesain, aman. Sekarang sudah banyak sekali penyedia jasa desain logo dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Kamu bisa memilih penyedia jasa sesuai dengan kondisi dompet.  Jangan terlalu memaksakan diri ya. 

Sistem Penjualan

Kini, sudah banyak sekali sistem penjualan yang bisa kamu terapkan, seperti menjual online, menitipkan barang ke kedai kedai, atau kemanapun. Kamu harus sudah memikirkannya sebelum usaha donat rumahan dibuka. Pastikan kamu tahu persis akan seperti apa sistem penjualan donat nantinya.

Jika modal masih minimalis, kamu bisa kok memulainya dengan cara paling sederhana seperti menjualnya dengan modal kursi, meja, dan tenda saja di pinggir jalan. 

Pastikan bahwa jalannya memang sering dilalui banyak orang agar mendapatkan banyak konsumen. Kamu juga bisa kok menawarkannya ke berbagai grup jual beli online di Facebook. Jika kamu rajin promosi, dijamin  bakalan laku keras kok. 

Sekian beberapa informasi tentang cara memulai usaha donat rumahan. Semoga bermanfaat ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar