Cara Memulai Usaha Catering Pernikahan 100% Mudah

Banyaknya peluang usaha membuat semua orang berbondong-bondong membuka usaha, berharap mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Salah satunya peluang usaha catering pernikahan ini. Hanya saja, banyak pula yang sekedar ingin tapi bingung hendak melangkah bagaimana hingga membuat usahanya hancur. Nah, pada kesempatan kali ini kamu bisa ikuti cara memulai usaha catering pernikahan di artikel kali ini.  

Sampai kini, usaha yang terus mempunyai prospek terbaik di hari depan adalah usaha catering pernikahan, karena menjalankan bisnis kuliner memang sangat menguntungkan, karena mempunyai banyak peminat. 

Salah satu contohnya adalah dengan mulai menjamurnya berbagai usaha makanan, dari yang hanya menyajikan makanan tradisional, gorengan, makanan modern, dari pedagang biasa hingga catering pernikahan ini.

Tak heran jika kemudian bisnis catering pernikahan menjadi sebuah usaha yang sangat menjanjikan tak hanya di perkotaan saja, tapi juga di pedesaan. Hal ini karena pernikahan bisa diadakan oleh siapapun, sehingga sangat berpotensial menghasilkan cuan yang cukup besar. 

Hanya saja, karena kita tahu semakin menjamurnya bisnis satu ini, pasti pesaing terus bertambah dan menjadi lebih sulit. Ditambah lagi dengan berbagai hambatan serta kesulitan dalam menjalankannya.

Cara Memulai Usaha Catering Pernikahan

Di tengah sulitnya persaingan, kamu harus mengetahui cara memulai usaha catering pernikahan dulu sebelum terjun untuk melakukannya. Ada apa saja caranya? 

Mengetahui Segmen Pasar

Menjalankan usaha catering pernikahan sejatinya sama saja dengan menjalankan usaha lain, sehingga kamu harus menyesuaikan dulu segmen pasarnya. Misalnya dengan menentukan calon pembeli, apakah kamu akan mencoba menawarkan catering untuk bagian kalangan biasa atau atas. 

Dengan mengetahui segmen pasar, maka akan sangat bagus bagi perkembangan usaha kamu, karena kamu sudah bisa menentukan dulu nih harganya, media promosinya, dan sebagainya.

Menyiapkan Modal Usaha

Menyiapkan modal usaha
Cara memulai usaha catering pernikahan dengan menyiapkan modal

Jika berbicara persoalan bisnis, maka tidak akan lepas dari namanya modal atau dana usaha. Nah, usaha catering pernikahan juga memerlukan modal usaha. Kamu bisa menyiapkannya dari sekarang jika memang mau memulai usaha catering pernikahan. Modal juga bisa dari kecil dulu kemudian lama-lama akan menjadi besar seiring besarnya usaha yang kamu jalani.

Membeli Peralatan Masak untuk Usaha Catering

Jika sudah punya dana, kemudian sudah merencanakan bisnis catering kamu. Selanjutnya adalah membeli peralatan masak. Apa saja yang bisa menunjang bisnis kamu, perlu kamu rincikan pada saat awal. Sehingga saat melakukan pembelian peralatan masak kamu tak perlu bingung lagi. Biaya peralatan ini juga merupakan investasi awal untuk memulai usaha catering pernikahan kamu sobat.

Mempunyai Menu Khas

Semua jasa catering pernikahan tentu menawarkan berbagai menu menarik yang siap dihidangkan kepada seluruh konsumen ketika perhelatan dimulai. Tapi, untuk menjangkau pembeli yang lebih ramai tentu tak ada yang salah jika kamu mencoba menawarkan menu khas yang bisa saja tidak sama dengan penyedia jasa lainnya.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Donat Rumahan

Meningkatkan Cita Rasa

Meningkatkan Cita Rasa
Cara memulai usaha catering pernikahan dengan meningkatkan cita rasa

Cita rasa menjadi salah satu poin paling penting dalam sebuah usaha catering pernikahan. Jika usaha catering pernikahan kamu bagus, cita rasa baik, khas, tentu bukan hal yang sulit untuk mendapatkan banyak konsumen. Dan ini sangat menguntungkan bagi kelancaran bisnis yang kamu jalankan. 

Kenapa? Karena saat peseta, ada banyak orang yang merasakan kelezatan masakan di catering kamu, sehingga peluang dikenal dan mendapatkan uang lebih banyak menjadi terbuka lebar. 

Sebaliknya, jika cita rasa yang kamu tawarkan tidak baik, maka mulailah untuk mempermudahnya agar menjadi sesuatu yang berkesan dan mendatangkan pundi-pundi keuangan. Atau, kamu juga bisa memberikan tester kepada para keluarga, teman, tetangga, atau siapapun, dan mintalah masukan dari setiap orang yang merasakan masakan di catering pernikahan kamu.

Promosi dengan Tepat

Selanjutnya, cara memulai usaha catering pernikahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan promosi dengan tepat, karena promosi mempunyai posisi yang sangat penting di dalam sebuah usaha. Dengan melakukan promosi dengan tepat, maka usaha yang kamu jalankan akan lebih mudah dikenal oleh orang lain secara luas. 

Kamu harus memilih waktu promosi terbaik agar tujuan promosi bisa tercapai. 

Membuat Paket Catering

Dari dulu, banyak masyarakat yang akan lebih memilih paket catering pernikahan daripada biasanya. Keberadaan paket catering pernikahan ini bisa membuat konsumen menekan biaya pengeluaran atau pemasukan. Maka, kamu bisa mencoba untuk mengkombinasikan beberapa menu yang dirasa sesuai, dan perhatikan kesesuaian keduanya agar bisa saling menyempurnakan antara rasa yang satu dengan lainnya. Bahkan tak hanya itu, paketan catering pernikahan juga bisa membuat kamu mempermudah konsumen di dala proses pemilihan, jadi, bisa terbiang sangat hemat waktu.

Jangan Takut untuk Memulai

Sebagian besar orang harus rela mengubur mimpinya dalam-dalam hanya karena menganggapnya terlalu jauh. Yap, bisnis satu ini menggunakan modal yang tak sedikit. Namun, tak ada salahnya kan kamu harus memulai bisnis keren ini, karena jika modal yang dikeluarkan cukup besar, maka akan secara otomatis hasilnya juga demikian.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perhitungan atas rincian modal usaha catering pernikahan yang ingin kamu lakukan. Nah, itu dia cara memulai usaha catering pernikahan yang terakhir yaitu jangan takut untuk memulai usaha.

Cara Marketing Catering Pernikahan

Cara Marketing Catering Pernikahan
Cara Marketing Catering Pernikahan

Setelah kamu membaca langkah awal cara memulai usaha catering pernikahan, mungkin kamu akan bingung dengan cara promosinya. Ya memang beberapa orang cukup kebingungan ketika ingin melakukan promosi untuk usaha catering pernikahan ini. Padahal ada cara sederhana yang perlu kamu ketahui untuk bisnis kamu ini. Yuk baca cara marketing catering pernikahan berikut ini.

1. Melakukan Riset Pasar

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama di cara memulai usaha catering pernikahan, marketing usaha yang bagus adalah dengan menentukan target pasar kita.

2. Menentukan Target Penjualan

Cara marketing catering pernikahan selanjutnya, ketika kamu sudah punya menu-menu apa saja yang ingin dijual maka perlu adanya target penjualan dari menu catering pernikahan kamu itu. Misalnya, dalam sebulan harus berapa menu atau paket yang terjual.

3. Menarik Pelanggan

Ini sama saja kamu perlu menerapkan strategi ketuk pintu atau jemput bola. Artinya, sebelum bisnis kamu dikenal luas maka pada masa awal membangun usaha terapkanlah strategi ini. Kamu yang menawarkannya terlebih dahulu. Misalnya, jika ada di komplek kamu mengadakan arisan ibu-ibu, nah bisa menawarkan jasa bisnis kamu.

Bisa juga ketika ada acara hajatan, jangan malu untuk memberikan pamflet promosi bisnis kamu. Mula-mula dari hal yang kecil, perlahan usaha catering kamu akan merambah ke yang besar yaitu usaha catering pernikahan.

4. Perkuat Komunikasi dengan Pelanggan

Cara Marketing Catering Pernikahan 1
Cara marketing catering pernikahan dengan jalin komunikasi

Terkadang kita sering lalai ketika sudah habis mengerjakan pesanan pelanggan, maka kita akan segera melupakannya. Jangan begitu, kalau bisa add nomor kontaknya dan secara berkala menjalin komunikasi serta sisipkan sedikit promosi atau penawaran jika ada yang membutuhkan.

5. Mendaftarkan usaha catering

Terakhir, cara marketing catering pernikahan yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftarkan usaha catering.

Saat ini perkembangan bisnis catering sudah semakin pesat. Merek dagang atau branding dari suatu merek bisnis juga perlu dijaga demi meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha catering yang kamu jalani. Jika usaha kamu sudah mulai berkembang dan mengalami kemajuan, cobalah untuk mendaftarkan usaha catering kamu ke departemen pemerintah.

Agar sajian dari catering kamu memiliki nilai lebih sehingga pelanggan percaya akan kualitas terbaik yang diberikan, kamu perlu mendaftarkan usahamu di Departemen Kesehatan.

Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. 715/Menkes/SK/V/2003 yang mengatur mengenai persyaratan umum dan khusus bagi kamu yang bergelut di usaha jasa boga atau catering. Dengan mendaftarkan usaha catering pernikahan kamu ke depkes, kamu bisa memperoleh sertifikat hygiene dan sanitasi untuk keperluan legalitas dari usaha yang dijalani. Pelanggan juga semakin yakin deh.

Semoga dengan adanya artikel dari Wong Cerdas tentang cara memulai usaha catering pernikahan ini bisa membuat kamu lebih yakin. Intinya, jangan pernah lelah, berputus asa, dan terus berusaha, karena tak ada satupun usaha yang bisa sukses tanpa kerja keras. 

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar