Cara Memulai Usaha Budidaya Kelor dan Harga, Manfaat, Risiko

Cara memulai usaha budidaya kelor saat ini cukup tinggi peminatnya. Hal ini dikarenakan usaha tersebut masih minim dilakukan dan sepi pesaing. Tidak heran jika masyarakatnya mampu mendapatkan keuntungan berlipat dari usaha tersebut. Daun kelor biasanya berkaitan dengan sesuatu hal mistis. Misalnya untuk mengusir hantu atau roh jahat.

Namun, dalam soal medis atau kesehatan, daun kelor mempunyai banyak manfaat. Mulai dari mengatasi kanker, menurunkan kadar gula darah, sampai baik untuk daya ingat. Hal inilah yang membuat masyarakat mulai membudidayakan kelor sebagai tanaman penghasil uang.

Kali ini kami akan membahas mengenai cara memulai usaha budidaya kelor, sebelum itu yuk baca peluang usahanya dulu di bawah ini.

Peluang Usaha Budidaya Kelor

Tidak main-main, tanaman yang bisa tumbuh dengan bebas dan cepat ini ternyata bisa mendatangkan uang puluhan juta. Tidak di Indonesia saja, tapi luar negeri juga turut menggunakannya. Hal ini dikarenakan kelor menjadi tumbuhan yang sangat rekomendasi untuk dibudidayakan.

Ada beberapa alasan peluang usaha budidaya kelor ini cukup tinggi dan tentu kami menjadikannya sangat rekomendasi karena hal berikut ini:

  1. Manfaat dan khasiat dari daun kelor yang sangat luar biasa.
  2. Kelor mempunyai karakteristik yang cocok dengan tanah di Indonesia sehingga mudah tumbuh.
  3. Proses budidaya tanaman kelor tidak ribet dan sangat mudah.
  4. Pemasaran daun kelor sangat tinggi karena permintaan ekspor daun kelor juga tinggi. Biasanya daun yang kering dijual secara langsung ke pelanggan.
  5. Modal yang dikeluarkan untuk budidaya tanaman cenderung kecil.
  6. Bisa menjadi usaha sampingan dengan waktu fleksibel.
  7. Terjadinya minim akan risiko.

Baca lengkap disini: peluang usaha budidaya kelor

Cara Memulai Usaha Budidaya Daun Kelor

Cara Memulai Usaha Budidaya Kelor
Cara Memulai Usaha Budidaya Kelor

Melihat peluang usaha budidaya kelor yang tinggi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba sekarang dalam menanam tanaman tersebut. Ada beberapa cara memulai usaha budidaya kelor untuk memulai usaha dengan langkah tepat.

1. Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Salah satu cara memulai usaha budidaya kelor adalah dengan mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari pengadaan bibit, cangkul, timba, timbangan, golok, sabit, dan masih banyak lagi. Pastikan jika kamu menyiapkan semua yang dibutuhkan agar proses pembudidayaannya lebih optimal.

2. Memahami Konsumen Daun Kelor

Cara untuk menjadi pengusaha daun kelor, kamu harus tahu dan paham mengenai konsumen daun kelor. Carilah konsumen yang bisa memberikan banyak keuntungan padamu. Contohnya, pelaku bisnis yang membutuhkan daun kelor dalam pembuatan obat. Dijamin usahamu tidak akan sia-sia.

3. Tahu Cara Memasarkan Daun Kelor

Langkah selanjutnya untuk cara memulai usaha budidaya kelor adalah tahu cara memasarkan atau cara ekspor daun kelor. Kamu bisa menjual secara langsung ke pasar atau pengepul. Atau kamu juga bisa memasarkannya ke pelaku bisnis yang akan banyak menggunakan daun kelor.

Harga Jual Budidaya Daun Kelor

Setelah mengetahui cara memulai usaha budidaya kelor, bah intip yuk harga jualnya.

Biasanya, tanaman kelor yang dijual akan disesuaikan dengan harga pasaran. Kisaran harga daun kelor 2021 mencapai Rp 35.000 – Rp 45.000 untuk setiap kilogram daun kelor kering. Namun, harga daun kelor bisa berubah tergantung dengan harga yang ada di pasaran saat itu.

Saat sudah panen, biasanya dalam sehari kamu bisa menjual 7 kilogram, maka keuntungan yang bisa kamu capai adalah Rp 245.000 – Rp 315.000. Sementara jika dikalikan sebulan, maka total pendapatan mencapai Rp 7.350.000 – Rp 9.450.000. Harga yang cukup fantastis, bukan?

Risiko Peluang Usaha Budidaya Kelor

Bisa dikatakan jika tanaman daun kelor mempunyai risiko yang minim. Tidak heran jika banyak yang mulai mencoba membudidayakan tanaman tersebut. Meski minim resiko, bukan berarti tidak ada tantangan atau risiko yang terjadi. Berikut beberapa resiko yang kemungkinan besar terjadi.

  1. Membutuhkan lahan yang cukup luas dan tidak mengganggu.
  2. Adanya kesalahan budidaya tanaman yang menyebabkan kelor tidak bisa tumbuh.
  3. Kurangnya teknik pemasaran yang tepat sehingga tidak bisa terjual secara optimal.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Melihat peluang usaha budidaya kelor yang sangat tinggi, sebenarnya apa sih manfaat daun kelor? Ternyata, daun kelor mempunyai manfaat untuk kecantikan wajah dan kulit.

1. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat daun kelor yang bisa kamu rasakan adalah mencegah penuaan dini. Tidak heran jika daun kelor dibuat minyak dan bubuk untuk digunakan pada wajah. Keriput dan radikal bebas yang ada di kulit bisa diatasi olehnya.

2. Menghilangkan Flek

Noda atau flek hitam di wajah tentunya sangat mengganggu. Hal ini karena wajah akan terasa kusam. Itulah kenapa banyak wanita yang mencari bahan alami untuk membuat wajah menjadi cerah dan sehat.

3. Melindungi Kulit dari Polusi

Daun kelor atau bunga moringa bisa membantu melindungi kulit dari polusi. Hal ini karena daun kelor dibuat inovasi daun kelor, berupa body mist. Wanginya yang harum membuat siapa saja ketagihan menggunakannya.

Selain dibuat handbody, tanaman tersebut juga dibuat dalam bentuk parfum daun kelor. Negara seperti Korea dan Jepang sudah menggunakannya. Hal inilah yang menyebabkan peminat daun kelor tinggi dan dilakukannya ekspor. 

Melihat peluang usaha budidaya kelor di atas, apakah kamu juga berminat untuk menjadikannya sebagai usaha sampingan? Kamu juga bisa mengkonsumsinya untuk mendapatkan kesehatan dan juga kecantikan. Dicatat ya itu cara memulai usaha budidaya kelor, harga, risiko dan peluangnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar