Cara Memulai Bisnis Wedding Decoration yang Mudah

Cara memulai bisnis wedding decoration itu tidaklah terlalu sulit, hanya saja modal yang dibutuhkan cukup besar dan bisa berubah tergantung dari skalanya. Mencari ilmu soal dekorasi juga tidak sulit kini banyak dibuka kelas-kelas khusus dan juga bisa belajar dari internet.

Semua bisnis yang berhubungan dengan pernikahan pasti memiliki peluang yang sangat besar terutama ketika musim nikah tiba. Apalagi jika bisnis kamu sudah punya nama, pasti banjir order deh.

Budget Usaha Dekorasi

Ngomong-ngomong soal budget yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sebagai pengusaha dekor tentu saja kamu harus memiliki berbagai macam variasi konsep dekor serta ukuran yang akan digunakan. Dekorasi tak hanya sebatas menghias panggung pelaminan saja bisa juga pelanggan minta untuk mendekor full satu gedung. 

Dekorasi pernikahan tidak sebatas ketika hari H saja tapi juga bisa digunakan saat acara tunangan atau acara resmi lainnya. Hal yang paling sering terlihat di tempat dekor adalah hiasan bunga. 

Nah, bunga ini juga mempengaruhi biaya dekorasi sendiri. Jika menggunakan bunga asli tentu lebih mahal dan kamu harus siap dengan budgetnya sebab biasanya pelanggan hanya memberikan DP di awal dan melunasi ketika acara selesai.

Bisnis wedding organizer untuk pemula biasanya dimulai dengan menangani pesta pernikahan kecil dulu saja, hitung-hitung sekalian mencari pengalaman. Biasanya pemula di bidang bisnis ini akan menghabiskan 70 – 80% modal yang dimiliki untuk membeli pernak-pernik dekor, sisanya digunakan untuk perawatan, gaji karyawan, sewa alat transportasi, dan kebutuhan lain. 

Cara Memulai Bisnis Wedding Decoration

Cara memulai bisnis wedding decoration
Cara Memulai Bisnis Wedding Decoration

Banyak sekali hal yang perlu disiapkan ketika ingin memulai usaha. Kamu bisa baca cara memulai bisnis wedding decoration seperti berikut ini:

1. Modal Usaha Wedding Organizer 

Cara memulai bisnis wedding decoration yang pertama adalah menyiapkan modal. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dekor terbilang cukup banyak jadi pastikan ketersediaan modal sebelum mulai melangkah. Jika modal kurang kamu bisa mencari sumber modal lain seperti investor, atau pinjaman bank.

2. Mencari dan Memilih Tenaga Kerja yang Terampil

Bisnis dekor tidak mungkin ditangani sendirian kamu pasti membutuhkan bantuan orang lain. Jadi carilah karyawan yang terampil dan cekatan jangan ragu untuk mengasah kemampuan seni dekor karyawan dengan mengikutkan kelas kursus supaya karyawan bisa membuat berbagai macam variasi konsep dekorasi. 

3. Menjalin Kerjasama dengan Pihak Lain

Cara memulai bisnis wedding decoration selanjutnya adalah menjalin kerja sama. Sebagai pemula tentu saja pengalaman yang dimiliki masih minim kamu bisa menambah pengetahuan dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti wedding organizer. Kamu bisa bertanggung jawab dengan salah satu bagian misalnya mendekor panggung pelaminan sesuai konsep yang diinginkan pelanggan. 

Hambatan terbesar bagi pemula adalah belum dikenal orang dan sulit untuk mendapat klien, dengan bekerja sama bersama pihak lain kamu bisa ikut membonceng jadi terkenal apalagi jika hasil dekorasi kamu bisa memuaskan pelanggan. Bekerja sama bersama orang lain merupakan langkah awal untuk melebarkan sayap. 

4. Menyiapkan Alat Transportasi

Alat transportasi sangat dibutuhkan dalam bisnis ini sebab perlengkapan dekor ada banyak sekali jadi perlu kendaraan seperti bak terbuka atau truk untuk mengangkutnya. Jika tidak punya kendaraan sendiri kamu bisa menggunakan jasa angkut. 

5. Menyiapkan Tempat untuk Menyimpan Peralatan Dekor

Terakhir, cara memulai bisnis wedding decoration yang perlu dilakukan adalah menyiapkan tempat. Seperti yang sudah diketahui jika peralatan dekor itu sangat banyak termasuk pernak perniknya seperti audio visual, tenda, meja kursi tamu, kursi pelaminan, panggung pelaminan, panggung penyanyi, seragam untuk karyawan, bunga, kain hiasan, sarung meja, sarung kursi, bantal, dan masih banyak lagi.

Kamu juga harus menyiapkan ruangan penyimpanan yang besar dan luas serta bebas dari hama bersih dan tidak lembab supaya alat dekor tidak rusak. 

Cara Memasarkan Dekorasi

Memasarkan bisnis ini bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara seperti berikut ini: 

1. Promosi by Media Sosial

Manfaatkan media sosial sebagai tempat iklan dan promosi gratis sebarkan pada grup tertentu atau bagikan kepada orang yang memiliki banyak pertemanan. Medsos yang bisa kamu gunakan di antaranya Twitter, Instagram, Facebook dan WhatsApp.

2. Menyebarkan Brosur 

Buatlah brosur semenarik mungkin dengan ditambahkan beberapa gambar dekorasi. Kamu juga perlu pastikan kalau brosur kamu memuat beberapa informasi seperti harga, size, dan juga konsep.

Tips supaya calon pelanggan lebih tertarik buatlah paket usaha dekorasi pernikahan seperti berikut ini : 

  • Grand wedding start Rp 20.000.000 
  • Traditional wedding start Rp 10.000.000
  • Decoration full color flower + wedding dress + MUA start Rp 40.000.000
  • International wedding start Rp 15.000.000
  • Indoor wedding start Rp 12.000.000
  • Intimate wedding start Rp 17.000.000
  • Throwing hand banquet 
  • Outdoor wedding start Rp 20.000.000

3. Menyebarkan Testimoni

Testimoni sangat penting sebagai bahan penilaian calon pelanggan. Dari testimoni tersebut pelanggan bisa mengetahui kualitas dekor yang kamu miliki. Jadi jangan ragu untuk meminta testimoni dari pelanggan yang sudah memakai jasa kamu dengan mengambil dokumentasi seperti video dan minta mereka untuk memberikan ulasan tentang hasil dekornya. 

Cara lain untuk mendapatkan testimoni adalah meminta pelanggan kamu untuk memposting di medsos pribadi mereka dengan latar baground dekorasi milik kamu serta menambahkan ulasan tentang hasil dekornya. Jangan lupa untuk meminta di tag pada postingan pelanggan. 

4. Mengikuti Pameran

Khususnya di kota-kota besar seringkali diadakan pameran pernikahan yang termasuk juga di dalamnya adalah wedding decoration. Daftarkan bisnis kamu untuk ikut dalam pameran ini karena pameran merupakan salah satu momen pas yang bisa digunakan untuk membantu memasarkan bisnis kamu. Ketika pameran jangan ragu untuk memberikan penawaran khusus seperti diskon. 

Cara memulai bisnis wedding decoration memang terlihat mudah, tetapi sebenarnya bisnis ini membutuhkan keahlian khusus. Jadi, sebelum terjun ke dalam bisnis ini sebaiknya kamu belajar dulu dan tingkatkan kreativitas supaya bisa membuat berbagai macam bentuk dekor yang kekinian.

Bagikan:

Tinggalkan komentar