Cara Memulai Bisnis Sandal Jepit yang Kece dan Simpel

Semua orang pasti membutuhkan sandal sebagai penunjang penampilan agar menjadi lebih rapi. Ada cara memulai bisnis sandal jepit yang dapat kamu aplikasikan. Sebab seperti yang telah diketahui bahwa sandal menjadi satu di antara sekian banyak item fesyen yang digunakan oleh semua orang. Selain itu, sendal jepit juga selalu mengikuti trend  yang berkembang dengan jenis dan variasi yang beragam.

Sandal jepit memiliki kesan yang santai sehingga jenis alas kaki yang satu ini digemari oleh banyak orang. Selain itu, sandal jepit juga mempunyai konsumen sepanjang masa. Bahkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu sandal jepit. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para produsen yang ingin mengantongi banyak keuntungan dalam bisnis tersebut.

Yuk, baca artikel dari Wong Cerdas tentang cara memulai bisnis sandal jepit hingga habis ya!

Cara Memulai Bisnis Sandal Jepit yang Simpel

Semakin hari produksi sandal jepit semakin meningkat sesuai dengan kebutuhan pasar yang juga makin bertambah setiap harinya. Para produsen sandal jepit jadi berlomba-lomba untuk menawarkan produk yang berkualitas dan unik untuk memikat konsumen pasar.

Karena saat ini jenis sandal jepit juga semakin bervariasi, banyak para pedagang yang pada akhirnya memberikan modifikasi pada sandal jepit yang dijualnya dengan menambahkan pita atau manik-manik. Meskipun tampak sederhana, tetapi menambahkan pernak-pernik tersebut ternyata mampu menarik perhatian para pembeli. Hal seperti itu juga menjadi siasat yang baik untuk bersaing dalam melakukan bisnis.

Kamu perlu memperhatikan beberapa cara memulai bisnis sandal jepit saat perencanaan, di antaranya yakni:

  • Menyiapkan modal untuk membuka usaha
  • Menentukan produk, misalnya sandal jepit swallow, sandal gunung, atau sandal jepit khusus wanita
  • Memilih lokasi yang tepat
  • Menentukan harga yang tepat
  • Mempelajari administrasi usaha
  • Menyiapkan pelayanan yang komunikatif
  • Menentukan jalur penjualan seperti membuka toko online, membuka toko pribadi, atau berjualan keliling

Nah, itu dia beberapa cara memulai bisnis sandal jepit yang perlu diperhatikan saat ingin merencanakannya.

Baca juga: Contoh Usaha Hinder Ordonantie

Modal Awal Usaha Sandal

Usaha sandal jepit bisa direalisasikan dengan modal yang sedikit maupun banyak, tergantung pada perencanaan yang telah ditentukan.  Kamu dapat mencari supplier yang nantinya akan menjadi pemasok sandal yang diinginkan. Meski demikian, kamu harus tetap memilih barang yang banyak dicari oleh konsumen agar barang dagangan tetap laku di pasaran.

Menentukan perencanaan serta memilih ukuran sandal yang akan dibeli dari supplier merupakan salah satu cara memulai usaha sandal yang perlu diperhatikan. Sebab dari situlah kamu dapat menentukan seberapa banyak modal yang akan dikeluarkan.

Jika memiliki modal yang cukup, kamu dapat menyewa ruko dan menjadikannya sebagai tempat berjualan. Selain itu kamu juga harus membeli stok barang agar konsumen bisa langsung mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Cara Memulai Bisnis Sandal Jepit
Cara Memulai Bisnis Sandal Jepit

Tidak perlu langsung mengangkat karyawan, kamu dapat melakukan bisnis ini secara mandiri sebagai permulaan. Kisaran modal yang diperlukan untuk tipe ini mulai dari Rp4.000.000 sampai Rp5.000.000 tergantung pada seberapa banyak kamu ingin mengambil stok barang. Namun demikian, bila memiliki modal lebih besar dari kisaran tersebut, sudah tentu kamu dapat membeli lahan, membangun toko hingga menyiapkan karyawan.

Sedangkan bila modal yang dimiliki memang masih kecil, kamu bisa melakukan usaha sandal jepit rumahan yang artinya kamu dapat melakukan bisnis tersebut hanya dari rumah. Gunakan gadged sebagai salah satu sarana untuk melakukan bisnis ini. Kamu dapat memasarkan gambar dari supplier dan menjualnya secara online.

Untuk usaha sandal tipe ini kamu bisa menyiapkan modal mulai dari Rp150.000 hingga sebanyak-banyaknya tergantung pada kebutuhan pesanan. Selain hanya memajang foto-foto produk dari supplier, kamu juga dapat mengambil sandal dan menjadikannya stok di rumah.

Sehingga konsumen masih tetap bisa membeli sandal secara offline dengan mendatangi rumahmu. Hal ini akan sangat menguntungkan bagimu. Sebab bila barang sedang kosong, kamu bisa langsung memesan pada supplier dan meminta konsumen untuk datang kembali pada hari yang telah ditentukan.

Nah, selain itu juga kamu masih bisa menjalankan bisnis sandal jepit swallow dengan menyediakan stok minimal dua lusin. Hal tersebut berguna untuk memantau prospektif pemasaran. Tetapi stok bisa saja ditambah jika kamu yakin barang tersebut akan terjual dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Jual Sandal Jepit dengan Harga Pas

Cara Memulai Bisnis Sandal Jepit
Cara Memulai Bisnis Sandal Jepit

Kamu perlu menjual sandal jepit dengan harga yang sesuai dengan pasaran di wilayahmu. Hanya saja kamu perlu menyiapkan ukuran yang lebih lengkap daripada penjual lainnya. Dengan begitulah konsumen akan lebih memilih berbelanja di tempatmu karena sudah pasti mereka akan mendapatkan keperluan yang dibutuhkan.

Tanpa disadari ternyata berbagai jenis sandal jepit, termasuk swallow dapat menjadi salah satu usaha rumahan yang keuntungannya menjanjikan. Kamu masih bisa berjualan sandal di tengah-tengah aktivitas lainnya seperti berdagang, berkebun atau melakoni pekerjaan lainnya.

Namun demikian, bukan berarti usaha sandal tidak dapat diandalkan, ya! Bisnis yang satu ini tetap bisa ditelateni dan dijadikan pekerjaan utama. Semuanya kembali lagi pada perencanaan yang telah ditetapkan, apakah mau membuka usaha dengan modal yang besar atau modal pas-pasan. Keduanya sama-sama berpotensi menguntungkan karena sandal adalah barang yang awet dan selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin kamu suka:
Cara Memulai Bisnis Konveksi
Cara Memulai Bisnis Gorden

Buat Rencana Sebelum Memulai

Dengan memiliki perencanaan yang matang sebelum menjalankan bisnis, kamu jadi bisa memilih paket usaha sandal sesuai dengan yang diinginkan. Kamu dapat mengambil paket sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Misalnya membeli paket jualan dengan kisaran terkecil Rp150.000 sampai yang terbesar tergantung pada keinginan serta kemampuan yang kamu miliki. Paket tersebut biasanya dilengkapi dengan bahan promosi berupa foto produk sandal.

Pada umumnya jumlah sandal yang diberikan sesuai dengan paket yang diambil, mulai dari lusinan hingga kodian. Hal itu tergantung pada perjanjian atau penawaran yang diberikan oleh supplier yang telah kamu pilih untuk menjadi pemasok barang.

Tidak terlalu sulit untuk menerapkan cara memulai bisnis sandal jepit. Kamu hanya perlu fokus untuk menentukan perencanaan yang matang dan memilih beberapa keperluan lainnya. Sesuaikan pada kemampuan yang dimiliki sehingga usaha tersebut tidak menjadi beban bagimu. Dan jangan lupa untuk melakukan  riset pasar baik dalam konteks minat konsumen serta pemilihan supplier.

Bagikan:

Tinggalkan komentar