Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju 100% Mudah untuk Pemula

Sering kali ketika berselancar di media sosial, kita menemukan iklan atau promosi produk-produk online shop. Entah itu skincare, makanan, hingga pakaian. Dan tak jarang juga tiba-tiba kamu ingin berbelanja, apalagi baju-baju dengan style kekinian.

Tapi kalau belanja terus-menerus, uang sakumu akan habis. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, gimana sih cara memulai bisnis online shop baju? Mau tahu jawabannya? Kuy, baca artikel ini hingga selesai!

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

Siapa pun bisa sukses dan meraih keuntungan besar dari online shop jika langkah yang dilakukan sudah tepat. Ada banyak cara untuk memulai bisnis online. Buat kamu yang pemula, wajib tahu cara memulai bisnis online dari nol berikut ini:

1. Melakukan Riset dan Menentukan Konsep

Cara memulai bisnis online shop baju yang pertama adalah melakukan riset untuk mencari peluang usaha. Kamu bisa melakukan riset dengan cara riset keyword di search engine, media sosial, forum online, atau membuat survei singkat hingga kamu mendapatkan informasi apa saja masalah dan kebutuhan pasar.

Selanjutnya, kamu perlu menentukan indikator target market, seperti jenis kelamin dan umur untuk menentukan strategi marketing online.

2. Mencari Supplier Produk yang Tepat

Setelah menentukan konsep yang akan dijalankan, segera cari supplier atau pemasok produk yang akan kamu jual. Ada 2 sistem online shop yang bisa kamu jalankan sebagai pemula, yaitu sebagai reseller dan dropshipper.

Untuk menjadi reseller, kamu perlu menyiapkan sejumlah modal untuk membeli baju yang kemudian dijual kembali. Sedangkan dropshipper adalah cara bisnis online shop tanpa modal karena kamu tidak perlu stok barang, melainkan tinggal mempromosikan produk dari supplier.

3. Melakukan Promosi yang Menarik

Ada banyak platform online yang bisa kamu gunakan untuk promosi. Media sosial yang sedang ramai saat ini adalah Instagram, Tiktok, dan Facebook. Sedangkan marketplace dengan pengguna paling banyak di Indonesia yaitu Shopee atau Tokopedia. Kamu juga bisa membuat website.

Untuk melakukan promosi yang menarik, kamu perlu membuat konten yang menarik pula, bisa berupa foto atau video yang mengikuti tren masa kini, dan caption yang membangun emosi calon customer.

4. Memberikan Informasi Kontak yang Jelas

Cara memulai bisnis online shop baju selanjutnya adalah dengan mencantumkan kontak di tiap konten yang kamu buat. Bisa berupa kontak WhatsApp, link website, media sosial, atau marketplace yang kamu miliki untuk memudahkan calon customer berkomunikasi denganmu. Jangan lupa untuk memberikan respons yang cepat, sopan, dan ramah agar calon customer nyaman dengan pelayanan yang kamu berikan.

5. Terus Berdoa dan Berinovasi

Cara memulai bisnis online shop baju yang terakhir yaitu meski nantinya bisnis sudah berjalan dengan baik, tetaplah berinovasi untuk melakukan pengembangan dan mampu bersaing di pasaran. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan dan meminta restu orang tua agar dimudahkan segala urusannya serta diberi kelancaran rezeki yang halal dan berkah.

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju di Shopee 2021

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju
Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju yang Mudah

Shopee adalah salah satu marketplace yang ramai dan banyak penggunanya di Indonesia. Kamu juga bisa membuka toko online di marketplace ini dengan mudah dan gratis loh. Berikut cara memulai bisnis online shop baju di Shopee:

  1. Install aplikasi Shopee di smartphone. Kamu juga bisa mengunjungi situs https://shopee.co.id/ di laptop. Namun, untuk pertama kali mendaftarkan toko, sebaiknya kamu menggunakan smartphone.
  2. Buka aplikasi Shopee yang sudah terinstall di smartphone. Dari halaman “Profil Saya”, scroll ke bawah dan klik “Mulai Jual”.
  3. Klik “Tambah Produk”. Kamu akan diminta untuk memilih beberapa jasa kirim yang akan kamu gunakan.
  4. Kamu bisa memilih foto produk dari kamera, galeri, atau Instagram dan mengupload hingga 9 foto. Pastikan foto produk yang kamu gunakan dapat terlihat jelas, berkualitas baik, detail, dan menarik.
  5. Setelah foto berhasil diunggah, isilah kolom Nama Produk dan Deskripsi Produk. Pada Deskripsi Produk, kamu bisa menambahkan hashtag secukupnya, jangan terlalu banyak.
  6. Lengkap rincian produk, seperti kategori produk, harga jual, jumlah stok, berat produk, ongkos kirim, dan kondisi produk. Kamu juga bisa menentukan harga grosir jika mau.
  7. Jika produkmu made by order, kamu bisa menggunakan fasilitas Pre-order untuk mendapatkan waktu lebih lama untuk mengirim pesanan (7-15 hari). Jika tidak memilih Pre-order, kamu harus bisa mengirim pesanan dalam 2 hari (tidak termasuk hari libur dan hari non operasional jasa kirim).
  8. Cara memulai bisnis online shop baju di Shopee yang terakhir adalah klik “Simpan” yang ada di bawah halaman dan produkmu pun sudah bisa di-order via Shopee.

Cara Memulai Bisnis Online Baju di Facebook

Saat ini media sosial Facebook juga masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bisa banget nih kalau kamu mau menjajakan baju daganganmu di Facebook. Di bawah ini adalah 3 cara memulai bisnis online shop baju di Facebook dengan gratis dan mudah:

1. Cara Berjualan Baju dengan Update Status di Facebook

Cara ini terbilang cara yang paling mudah. Kamu bisa upload konten jualanmu di status akun Facebook pribadi agar teman-temanmu bisa melihat baju daganganmu. Akun Facebook pribadi bisa terkoneksi hingga 5.000 teman, tapi teman pribadimu belum tentu tertarik dengan promosi jualan. Sebaiknya kamu membuat akun baru dan berteman dengan orang yang sesuai target market.

2. Cara Jualan Baju di Grup Facebook

Cara kedua yaitu dengan promosi di grup Facebook yang relevan. Misal kamu tinggal di Solo dan menjual baju anak, carilah grup dengan kata kunci “baju anak”, “jual beli baju anak”, “baju anak Solo”, “baju anak Jawa Tengah”, atau kata kunci lainnya, dan mintalah untuk bergabung dalam grup tersebut. Orang-orang yang ada di suatu grup biasanya memiliki minat dan ketertarikan yang sama.

3. Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju di Facebook Marketplace

Facebook Marketplace (Facebook MP) adalah situs untuk pengguna Facebook yang sedang menjual, membeli, dan mencari produk tertentu. Setelah kamu mengupload produk, orang yang tertarik dengan produkmu bisa langsung berkomunikasi dan negosiasi di Facebook Messenger.

Apakah Usaha Jual Baju Menguntungkan?

Setelah kamu mengetahui cara memulai bisnis online shop baju di atas, mungkin kamu masih berpikir apa nantinya bisnis online shop baju ini akan menguntungkan? Bisnis baju dan pakaian merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena pakaian pasti dibutuhkan semua orang.

Jadi, jangan menyerah jika di awal berdiri online shop-mu masih sepi pembeli. Yang penting adalah jangan malas promosi dan berikan yang terbaik untuk customer.

Demikian artikel Wong Cerdas tentang cara memulai bisnis online shop baju. Jadi gimana, Sobat? Kapan bisnis online shop kamu dimulai? Semoga sukses dan tetap semangat! Nantikan artikel Wong Cerdas lainnya, ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar