6 Cara Memulai Bisnis Frozen Food dengan Mudah

Halo, kali ini Wong Cerdas ingin berbagi mengenai cara memulai bisnis Frozen Food. Bisnis yang bisa menambah penghasilan untuk kamu. Simak artikel hingga habis ya.

Kini, bisnis frozen food menjadi sebuah ladang empuk untuk menghasilkan banyak uang. Pasalnya, banyak ibu rumah tangga yang ingin tetap menyajikan berbagai menu makanan dan cemilan untuk keluarganya meski dengan segudang kesibukan dan pekerjaan. 

Tentu, ini menjadi sebuah potensi besar yang menghasilkan bagi kamu yang ingin memulai bisnis frozen food, dan ini adalah waktu yang paling tepat. Apalagi, kalau frozen food yang kamu tawarkan ke konsumen dibuat tanpa pengawet, tentu membuat banyak orang melirik ke frozen food yang kamu jual. 

Karena selain ingin praktis, seorang ibu rumah tangga juga pasti tetap memperhatikan kualitas frozen food yang akan dikonsumsi oleh keluarganya. Dengan tidak menggunakan bahan pengawet, itu artinya produk kamu sudah memenuhi kriteria frozen food yang dicari emak-emak, yakni lezat dan aman dikonsumsi. 

Bisnis ini sangat mungkin untuk kamu lakukan di rumah, sehingga waktu memulainya bisa kamu tentukan sendiri. Namun, sebelum memulai bisnisnya, kamu harus baca artikel ini sampai selesai, karena kami akan menyajikan informasi menarik tentang cara memulai bisnis frozen food yang akan mempermudah kamu membangun bisnis

Cara Memulai Bisnis Frozen Food

Ada beberapa cara memulai bisnis frozen food yang harus kamu lakukan, tapi sebelum seluruh cara tersebut, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah riset. Yap. Riset akan mempermudah kamu dalam melakukan cara-cara selanjutnya. Kamu bisa menelusuri kota atau daerah mana yang memiliki ketertarikan besar terhadap frozen food ini. 

Baca juga:

Kalau sudah, yuk baca cara selanjutnya. 

1. Memilih Produk

Jika riset sudah, selanjutnya kamu harus mulai memilih produk yang akan dijual. Kamu harus memilih produk yang memang sangat praktis untuk diolah. Kini, sudah banyak kok produk-produk frozen food yang bisa kamu pilih-pilih, seperti daging, kentang goreng, bakso, dan sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan dengan tingkat kemampuan untuk memproduksi produk.

2. Menghitung Modal 

cara memulai bisnis frozen food

Cara memulai bisnis Frozen Food yang selanjutnya adalah menghitung modal. Riset sudah, produk sudah, nah selanjutnya adalah mulai menghitung modal yang akan kamu keluarkan dalam menjalankan bisnis frozen food nantinya. Ketika menghitung modal, kamu harus mencatat semuanya dengan detail, masukkan semua keperluan yang harus dipenuhi. Jika kamu melakukan kerjasama dengan pihak lain, atau pihak kedua, maka biaya pengeluarannya juga harus kamu masukkan ke dalam  modal awal.

3. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Belilah alat dan bahan yang sesuai dengan modal dan anggaran yang kamu buat. Untuk pemula, alangkah baiknya jika kamu membelanjakan perlengkapan utama dulu nih, misalnya wadah atau tempat stok frozen foodnya untuk memulai bisnis makanan beku ini. 

Jika ingin mendapatkan wadah pendingin yang berkualitas, tentu kamu harus mengeluarkan uang lebih mahal, dan ini jauh lebih baik jika dibandingkan kamu hanya memilih mesin pendingin hanya karena harganya lebih murah. Biasanya, harga sesuai kualitas. Jika harga kamu keluarkan murah, tidak menutup kemungkinan alatnya tidak akan tahan lama, dan ketika rusak, ada modal lain lagi yang harus kamu keluarkan. Kan repot. 

Ini akan sangat merugikan usaha frozen food yang kamu jalankan, karena pasti menghambat operasionalnya dan memakan uang yang tak sedikit. 

4. Kemasan

cara memulai bisnis frozen food

Tips bisnis makanan beku yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah kemasan. Selain hal-hal di atas, kemasan juga memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah usaha, khususnya makanan. Maka, buatlah sebuah kemasan yang menarik, keren, dan tentunya mendukung kualitas frozen food kamu, pakai plastik yang memang khusus dipakai untuk frozen food. 

Kamu harus tahu, bahwa kemasan frozen food tidak mempunyai pori, hal ini yang akan membuat makanan menjadi tahan lama selama di mesin pendingin. Kemudian, makanannya bisa divakum, lalu buat sebuah label yang isinya tanggal kadaluarsa, nama produk, dan sebagainya. 

5. Memanfaatkan Aplikasi Digital

Nah cara memulai bisnis Frozen Food selanjutnya adalah penjualan dengan memanfaatkan aplikasi digital. Untuk menjangkau banyak pembeli, kamu pasti membutuhkan sebuah metode jualan yang praktis. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan dagangan frozen food kamu di berbagai aplikasi penjual makanan, seperti Go Jek dan Grab. Selain itu, kamu juga bisa banget menawarkannya di berbagai grup jual beli di Facebook dan Whatsapp. 

6. Izin Resmi

Agar produk yang kamu jual laku keras dan dipastikan aman, maka kamu harus mendaftarkannya untuk mendapatkan izin yang resmi diedarkan di tempat yang lebih luas. Caranya sudah banyak beredar di internet kok, kamu bisa browsing-browsing ya.

Strategi Pemasaran Frozen Food

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis Frozen Food. Pertama, kamu bisa melakukanya dengan membuat branding dulu. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan logo dan ciri khas apa yang ingin kamu tonjolkan dari usaha frozen food kamu. Apakah ingin bertema biru atau tema lainnya.

Kedua, cobalah untuk menawarkan produk ke lingkup terdekat kamu dulu seperti teman atau kerabat. Minta tolong juga untuk teman dan kerabatmu menawarkannya kepada orang lain. Ya ibarat sebuah salju es, dari orang ke orang.

Ketiga, punya website dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimazation). SEO ini merupakan hal penting dalam dunia internet. Dengan menerapkan SEO produk yang ingin kamu jual akan lebih dikenal luas karena orang bisa dengan mudah menemukannya di mesin telusur.

Keempat, semakin lama bisnis kamu akan semakin berkembang. Nah, kamu bisa melebarkan area penjualan dengan membuka model pemasaran reseller. Mengajak orang lain untuk menjual ulang produk frozen food kamu.

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah semakin yakin untuk memulai bisnis frozen food? Jika sudah, yuk ikuti cara memulai bisnis Frozen Food di atas. Semoga sukses ya.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar