2 Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak

Bagi seseorang yang kerjanya di depan laptop, tentu permasalahan kursor yang tidak bergerak merupakan masalah serius. Hal menyebalkan ini bisa menghampiri laptop kamu kapan saja, bahkan di waktu yang tak pernah kamu duga. Sehingga kamu mungkin akan segera mencari tahu cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak.

Ini karena memang kursor adalah bagian yang sangat penting di laptop kamu, yang dengannya kamu akan sangat terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas di kantor, sekolah, atau kampus. Jika kursornya rusak? Ya pasti kamu akan bingung, karena kesulitan untuk menjalankan aplikasi yang ada. 

Nah, jika tiba-tiba kursor laptop atau komputer kamu error atau mati, apa yang akan kamu lakukan? Membiarkannya dengan berharap ia normal kembali? Menutupnya lalu meninggalkannya? 

Jika dulu kamu melakukan hal tersebut, sekarang bukan waktunya lagi, karena kini kami akan memberikan cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak. Tapi, sebelumnya kamu harus tahu, apa alasan yang memuat kursor laptop tidak bergerak.

Kursor laptop tidak bisa di klik biasanya ada dua penyebab utama. Penyebabnya kursor laptop kamu error atau tidak bergerak, yakni karena kamu menggunakan touchpadnya dengan kasar, sengaja ataupun tidak, dan kamu mencabut mouse terlalu kasar.

Jika salah satunya kamu lakukan, maka tak heran kalau kursor laptop tidak dapat bergerak. Maka, mulai sekarang berhenti melakukan hal tersebut, karena akan menyebabkan kerusakan pada kursor.

Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak

Nah, berikut beberapa cara mengatasi kursor tidak bergerak yang bisa kamu lakukan agar kursor laptop bisa berfungsi kembali. 

Dengan Menekan Fn+F5 atau Fn+F7

Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak
Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak dengan Tombol

Selain karena kerusakan, ada juga loh kursor yang tidak bergerak hanya disebabkan oleh hal yang sangat sepele, misalnya tidak sengaja mematikan fungsi kursornya.  Hal ini karena memang ada beberapa laptop yang memiliki sensitivitas tinggi, sehingga hanya tersenggol sedikit saja kursor bisa tidak berfungsi, dan ini pasti akan sangat menyebalkan. 

Pertama, coba kamu perhatikan seluruh keyboard yang ada. Perhatikan dengan baik, apakah terdapat ikon atau gambar touchpad? Nah, jika kamu menemukannya, coba tekan agar touchpad berfungsi lagi dengan mengkombinasikan kunci, dan ini selalu menggunakan Fn. Contohnya Fn ditambahkan dengan tombol yang ada simbol touchpadnya

Atau, bisa saja touchpad laptop kamu tidak diaktifkan di pengaturannya, sehingga untuk membuatnya aktif lagi kamu harus mengaktifkan di tempat yang serupa. Caranya mudah, kamu tinggal pergi ke logo windowsnya, lalu pada bagian pencarian ketikkan kata ‘mouse’. Kamu bisa memilih mouse setting. 

Kan touchpadnya mati, bagaimana caranya? Tenang, kamu bisa menggunakan tab dan enter saja kok. Lalu, di menu mouse properties, kamu bisa memilih device setting. Laptop akan menunjukkan beberapa perangkat touchpad, kemudian klik enable, dan enter. Selesai, mudah bukan cara mengaktifkan touchpad laptop ?

Baca juga: Cara Mengatasi File Exe yang Tidak Bisa Dibuka Windows 10

Atasi dengan Masuk ke Control Panel

Jika dengan cara di atas masih gagal, kamu bisa mencoba cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak ini.

Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak
Cara Memperbaiki Kursor Laptop yang Tidak Bergerak lewat Control Panel

1. Masuk ke Control Panel

Pertama, masuk ke control panel. Biasanya setiap windows berbeda-beda. Namun, pada umumnya  kamu hanya perlu mengetikkan tulisan “Control Panel” pada menu pencarian di laptop. 

2. Hardware and Sound

Jika sudah, carilah tulisan hardware and sound, lalu klik. 

3. Device and Printer

Setelah mengklik hardware and sound, akan keluar banyak menu pilihan. Maka, kamu bisa mencari device and printer, di bagian pilihan menu yang ada di device and printer ini ada tulisan mouse. Nah, klik pada tulisan mouse tersebut.

4. Enable

Begitu kamu mengklik mouse, tampilannya akan berubah, dan masih tetap muncul menu yang berbeda. Kamu perlu masuk ke tab bagian device setting, cari tulisan ‘enable’ lalu klik. Dan di bagian paling bawahnya ada tulisan apply, kamu klik juga, kemudian oke. 

5. Done

Sekarang kursor kamu sudah bisa berfungsi sebagaimana biasanya.

Kalau kursor di laptop kamu sudah aman, dan bisa berfungsi itu berarti aman. Kamu tidak perlu mencari cara lagi untuk mengatasinya. Demikian sekilas cara memperbaiki kursor yang mati. Jika setelah langkah-langkah di atas masih gagal, mungkin masih ada kerusakan yang lain dan sifatnya memang tidak bisa diperbaiki dari dalam laptop. So, bawa saja ke toko komputer terdekat, biarkan mas-masnya yang memeriksa, dan memberikan solusi perbaikan yang terbaik untuk kursor laptop kamu yang mati.

Semoga artikel tentang cara memperbaiki kursor laptop yang tidak bergerak dari Wong Cerdas bermanfaat ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar