Cara Membuat Website Penghasil Uang yang Mudah dan Terbukti

Salah satu cara untuk menghasilkan uang di era digital saat ini adalah dengan membuat website. Dengan website, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah atas hasil dari iklan yang ada di dalamnya. Tapi, bagaimana sih cara membuat website penghasil uang? Dan, apa saja yang perlu dilakukan?

Sudah banyak orang yang menggunakan website sebagai tempatnya mendapatkan uang. Ada banyak tokoh yang bisa kaya hanya dengan maksimal dalam mengurusi website yang dimilikinya. Dan lagi, penghasilan dari sana lumayan tinggi loh. Jika beruntung, dalam sebulan kamu bisa meraup jutaan rupiah.

Cara Membuat Website Penghasil Uang

Cara membuat situs web agar bisa mendapat penghasilan dari sana memang perlu usaha dan energi lebih untuk melakukannya. Tapi itu akan terbayar jika traffic dan penghasilanmu dari sana bisa mengalahkan gaji PNS yang jadi idaman banyak mertua. Walaupun kelihatannya kamu nggak kerja, tapi masalah penghasilan, kalau diadu masih bisa, lah!

Begini cara membuat website penghasil uang yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan Jenis Website

Hal pertama cara membuat website penghasil uang adalah menentukan jenis website yang akan kamu buat. Tentang jenisnya, ada kurang lebih 3 jenis website yang banyak digunakan untuk mendapatkan uang. Jenisnya adalah website dengan niche khusus, website pribadi, dan juga website untuk bisnis.

Website dengan niche khusus adalah website yang sangat dalam, detail, dan spesifik dalam membahas suatu tema yang ditentukan. Misalkan, website kamu memiliki niche teknologi. Maka konten yang perlu ditulis hanya boleh dan lebih baik tentang teknologi. Mulai dari penjelasan sejarah sampai penjelasan teknologi saat ini.

Jenis website kedua yakni website pribadi. Website ini bisa kamu isi seputar diri kamu, cerita, curhat, opini pribadi, dan sebagai sarana personal branding kamu. Untuk mendapatkan uang dari sana, kamu cukup sering-sering review barang sampai ada yang perusahaan yang tertarik. Jika beruntung, jasamu akan dibayar untuk mereview beragam produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Terakhir, website bisnis. Website ini cocok bagi kamu yang suka jualan atau melakukan transaksi bisnis. Biasanya sih konten di dalamnya nggak jauh-jauh dari produk yang ingin kamu jual. Misalnya, kalau kamu jualan properti, ya didalamnya harus berisi konten tentang bagaimana jenis properti, desain interior dan eksterior, model rumah, dan yang sejenis.

Kamu hanya perlu memilih salah satu dari ketiga jenis tersebut. Dan, kamu bisa mendapatkan uang dari sana.

2. Beli Domain dan Hosting

cara membuat website penghasil uang
cara membuat website penghasil uang

Yupp, langkah selanjutnya untuk cara membuat website penghasil uang adalah dengan membeli atau menyewa domain dan juga hosting. Sudah ada penjelasan mengenai ini. Ini ibarat kamu membeli tanah untuk dibikin suatu usaha di sana. Tanah itu berupa hosting yang merupakan tempatmu menyimpan data, informasi, dan kelengkapan website lainnya.

Domain, itu fungsinya untuk memberi identitas dari website yang kamu miliki. Kan untuk bikin website, kamu harus punya nama dulu. Untuk menggunakan namanya, ada harga yang harus kamu bayar. Ini berguna agar website yang kamu buat lebih mudah dicari dan ditemukan di mesin pencarian.

Belilah domain dan hosting dari penyedia yang terpercaya yah. Dan juga jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Sebatas pengalaman teman yang membeli hosting dan domain murah, di sana seringkali terjadi gangguan dan banyak masalah. Maka dari itu, belilah yang walaupun agak mahal tapi memberi kenyaman untuk mengurus website yang sedang dibikin.

3. Tulislah Konten yang Berkualitas

Hal ini seringkali luput dan lupa dicantumkan di artikel ataupun tulisan tentang cara membuat website penghasil uang. Ada yang bilang, konten adalah segalanya. Saya seringkali menemukan, banyak website yang kontennya asal banyak menyertakan keyword tertentu agar websitenya banyak mengunjungi.

Konten yang dibikin juga seringkali kaku. Dan ini merupakan kesalahan umum yang dilakukan. Walaupun tujuanmu adalah mendapatkan uang, tentu kamu harus bisa menghasilkan konten yang bermanfaat dan juga berkualitas. Jangan asal bikin konten saja.

Biasanya, sih, kalau kontennya sembarangan, website tersebut akan segera ditinggalkan oleh pembacanya. Apalagi jika tulisannya kurang menarik dan tidak bermanfaat apa-apa, sering nggak laku website yang begituan.

Memang, kamu menulis bukan hanya untuk manusia, tapi juga untuk mesin pencari. Tapi ya nggak gitu juga, kali. Apa gunanya dong kamu susah-susah dan capek nulis tapi nggak bermanfaat apa-apa bagi manusia lain? Percuma.

4. Mengajukan Pendaftaran Google Adsense

Yuhuu. Cara mendapatkan uang dari website paling mudah adalah dengan mendaftarkan website yang kamu miliki ke Google Adsense. Kamu bisa mendaftar ke sana hanya dengan menggunakan email yang digunakan saat pembuatan website. Jika berhasil terdaftar, barulah kamu bisa meraup uang sesuai dengan ketentuan Google Adsense.

Biasanya sih, Google Adsense akan meletakkan beragam iklan di websitemu yang telah terdaftar. Dan kamu bisa mendapatkan royalti sesuai dengan tingkat traffic website yang kamu miliki. Selain traffic, jumlah klik terhadap iklan yang ditampilkan juga akan menambah pundi-pundi rupiah yang bisa kamu dapatkan.

5. Melakukan Optimasi Website

Tips pamungkas yang merupakan cara membuat website penghasil uang adalah dengan mengoptimasi website yang kamu miliki. Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa kamu akan dibayar sesuai dengan tingkat traffic website dan juga banyaknya iklan yang di klik.

Nah, untuk mendapatkan klik iklan dan juga traffic, cara jitu yang bisa kamu lakukan adalah melakukan optimasi terhadap website yang kamu miliki.  Optimasi tersebut berupa mengatur sedemikian rupa tampilan website agar pembaca tidak bosan dan enak untuk berlama-lama di sana.

Selain itu, belajarlah juga tentang SEO atau Search Engine Optimization dan juga SERP atau Search Engine Result Page. Dengan menggunakannya, kamu bisa bikin  konten dan website kamu berada di page satu mesin pencari. Dan tentu ini akan membuat website kamu punya traffic yang tinggi.

Hasilnya, akan makin banyak uang yang akan kamu dapatkan. Perlu kamu ketahui juga, langkah-langkah di atas nggak hanya untuk kamu yang udah jago cari duit online, loh. Ini juga merupakan cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula sekalipun. Sisanya tinggal lebih keras belajar dan berusaha saja.

Cara Menghasilkan Uang dengan Website

cara membuat website penghasil uang
Cara membuat website penghasil uang mudah

Selain beberapa langkah cara membuat website penghasil uang yang telah kami sebutkan di atas, berikut ini cara lain untuk menghasilkan uang dengan website:

1. Menjual Produk dengan Membuat Landing Page yang Menarik

Cara yang bisa kamu lakukan yang pertama ini adalah dengan menjual produk dengan membuat landing page yang menarik. Landing page merupakan halaman khusus yang didesain untuk marketing.

Dengan membuat landing page yang menarik, konsumen akan lebih percaya dengan produk yang kamu jual. Apa saja yang perlu kamu masukkand di dalam produk? Simpel saja, jelaskan produk kamu itu apa, kelebihan produk, alasan kenapa harus beli produk di tempatmu, cara pemesanan dan lainnya.

2. Membuka Kesempatan untuk Menaruk Iklan Banner

Cara membuat website penghasil uang yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah dengan membuka kesempatan kerja sama untuk menaruh iklan banner. Kamu bisa buka dengan slot iklan di bagian sidebar ataupun di bagian footer. Bisa juga dengan banner pop up yang muncul pertama kali saat pengunjung masuk.

Kamu bisa memberikan jasa sewa pasang banner bulanan atau mingguan. Cara ini tentu bisa kamu lakukan jika website sudah punya trafik yang bagus. Yuk tingkatkan optimasi websitemu!

3. Kerja sama Content Placement atau Sponsored Post

Ada juga yang namanya kerja sama content placement atau sponsored post. Sederhananya, kerja sama ini bisa kamu lakukan ketika ada perusahaan atau brand yang ingin produknya dipromosikan di website kamu.

Mereka menginginkan adanya promosi dan link tautan aktif ke website mereka. Cara membuat website penghasil uang yang satu ini juga bisa cuan lho! Bahkan, cara ini populer di kalangan blogger sebagai cara yang ampuh untuk memperoleh uang secara cepat.

Beberapa tips di atas adalah serangkaian cara membuat website penghasil uang yang perlu kamu pelajari dengan konsisten. Tidak ada orang yang ujug-ujug bisa banyak uang tanpa ada usaha keras di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar