Cara Membuat Room di Aplikasi Zoom Pakai Laptop dan HP

Banyak yang bertanya perihal cara membuat room di aplikasi zoom ya? Ouh tenang, kami kupas tuntas di artikel ini.

Pandemi yang sudah hadir sejak tahun 2020 membuat sebagian besar aktivitas manusia menjadi berubah. Perubahan tersebut sangat terasa bagi para pelajar di tanah air. Jika dulu kita masuk sekolah bertatap muka langsung di kelas bersama guru, sekarang kita hanya bisa bersapa melalui virtual class.

Akhir-akhir ini penggunaan aplikasi meeting online atau virtual class meningkat seperti zoom. Bahkan saat ini ada yang namanya zoom berbayar atau zoom premium. Kemungkinan developer zoom ingin memperoleh keuntungan atas sewa aplikasi miliknya.

Zoom Cloud Meeting Memudahkan Pertemuan secara Online

Zoom atau Zoom cloud meeting merupakan sebuah aplikasi video conference yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pertemuan tanpa mengenal jarak. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk belajar, rapat, webinar, sharing screen dan lain-lain.

Ada beberapa versi yang disediakan oleh Zoom yaitu versi gratis dan versi berbayar. Tentu saja yang namanya gratis pasti akan ada batasan seperti batasan jumlah peserta yang hanya mampu menampung 100 peserta dan batasan waktu meeting selama 40 menit.

Bingung cara membuat room di aplikasi zoom? Kami kupas setelah ini, namun jika kamu ingin mengadakan suatu agenda dengan banyak peserta dan membutuhkan waktu lebih dari 40 menit, maka sangat disarankan untuk membeli versi berbayar. Versi berbayar ini memang agak mahal jika membelinya langsung di website official milik zoom, dibandingkan kalau beli di penyedia jasa pembayaran zoom.

Kalau di website zoom, harga yang ditawarkan mulai dari $149.90 hingga $350.00 untuk satu tahun per lisensi. Jika hanya digunakan sesekali saja, tentu tidak sebanding dengan yang akan kita keluarkan. Kamu bisa lebih hemat dengan menggunakan jasa pembayaran zoom, jasa zoom, atau jasa sewa zoom.

Cara Membuat Room di Aplikasi Zoom

Bagi kamu yang ingin menggunakan zoom untuk keperluan rapat, kelas, webinar dan lain sebagainya, bisa ikuti cara membuat room di aplikasi zoom di bawah ini.

1. Cara Membuat Room di Aplikasi Zoom Menggunakan Laptop

cara membuat room di aplikasi zoom
cara membuat room di aplikasi zoom

Bagaimana cara membuat room di aplikasi zoom menggunakan laptop? Caranya cukup mudah, pastikan internet terhubung dan stabil. Kalau ada gangguan sinyal, maka akan mengganggu proses pembuatan room.

Berikut ini langkah-langkah membuat room di aplikasi zoom menggunakan laptop yang bisa kamu ikuti:

  • Pertama, buat akun zoom terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftarkan akun dengan menggunakan email atau facebook.
  • Kedua, cara mendaftar akun menggunakan laptop cukup mudah, silakan sobat mengklik tulisan Sign Up Free. 
  • Ketiga, apabila telah mengklik tulisan tersebut maka sobat bisa ikuti saja informasi apa yang diinginkan seperti nama, tanggal lahir dan lain-lain.
  • Keempat, Jika sudah mendaftarkan akun, maka coba buka aplikasi Zoom di laptop kamu lalu silakan klik menu Sign In untuk masuk ke dalam zoom.
  • Kelima, masukkan alamat email beserta kata sandi Anda.
  • Keenam, nanti ada logo panah ke bawah nah tinggal klik aja ya sob.
  • Ketujuh, untuk memulai room silakan klik Start With Video. Setelah mengklik tulisan tersebut silakan pilih New Meeting. Tadaa room baru di zoom siap digunakan. Kamu juga bisa mengundang peserta dengan mengklik Participants dan Invite.
  • Terakhir, silakan bagikan link tersebut untuk dibagikan kepada peserta room

2. Cara Membuat Room di Zoom Android atau iPhone

Gak sempat buka laptop? Mau tau cara yang simpel saja langsung pakai HP android atau iPhone kamu? Tenang, kami kasih info cara membuat room di aplikasi zoom menggunakan HP. Cara membuatnya sama saja, tetapi kamu perlu menginstal aplikasi zoom terlebih dahulu di HP.

  • Pertama, silakan download zoom di Play Store. Tunggu proses penginstalan hingga selesai.
  • Kedua, buka aplikasi zoom yang sudah kamu download tadi.
  • Ketiga, jika belum mendaftar silakan daftarkan akun terlebih dahulu. Jika sudah mendaftar silakan langsung saja klik Sign In dan masukkan email serta password akun zoom kamu.
  • Keempat, tekan logo panah yang mengarah ke bawah, lalu pilih Start With Video. Jika sudah silakan klik New Meeting untuk membuat room baru.
  • Kelima, mau mengajak orang lain untuk bergabung? Pilih menu Participants dan Invite. Kamu bisa langsung membagikan link zoom tersebut atau menyalinnya untuk dibagikan kepada peserta.

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi cara membuat room di aplikasi zoom baik itu menggunakan laptop maupun android. Semoga agenda yang sedang kamu buat berjalan hingga lancar ya sobat. Oiya, sekali lagi saya ingatkan untuk room yang gratis terbatas hanya untuk 100 peserta dan hanya berdurasi maksimal 40 menit.

Kabarnya sih kalau akun baru dibuat tidak akan kena limit, kata temenku gitu. Namun, saya sarankan untuk agenda seperti rapat atau webinar silakan gunakan jasa zoom untuk sewa room yang lebih lama durasinya dan menampung lebih banyak peserta. Terima kasih, semoga informasi ini bermanfaat.

Bagikan:

2 pemikiran pada “Cara Membuat Room di Aplikasi Zoom Pakai Laptop dan HP”

Tinggalkan komentar