3 Cara Membuat Link Download dari Google Drive dengan Mudah

Untuk bisa membagikan konten dari Google Drive tentunya kamu perlu tahu bagaimana cara membuat link download dari Google Drive. Nantinya link tersebut bisa kamu bagikan dengan mudah, ada banyak fitur yang disediakan oleh Google Drive. Aplikasi ini merupakan aplikasi pilihan yang banyak diminati karena fiturnya yang bagus. 

Google Drive sendiri merupakan sebuah layanan dari Google untuk para penggunanya. Aplikasi ini dapat menyimpan file dengan kapasitas 15GB untuk pengguna gratis, sementara untuk pengguna premium memiliki kapasitas lebih besar yaitu 100GB. Aplikasi penyimpanan ini terbilang cukup baru jika dibandingkan dengan aplikasi penyimpanan lainnya.

Cara membuat link download dari Google Drive ini juga terbilang cukup mudah yang mana hanya memerlukan akun email saja. Umumnya setiap akun email akan langsung mempunyai penyimpanan drive secara otomatis tanpa perlu mendaftar dan sebagainya. Tidak hanya untuk menyimpan file aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membagikan file kepada teman yang memiliki Google Drive. 

Cara Membuat Link Download dari Google Drive 

Ada beberapa langkah-langkah membuat link Google Drive yang mudah untuk dilakukan. Umumnya cara pembuatan link download dirangkum menjadi dua cara yang bisa kamu lakukan untuk berbagi link download. Adapun cara pertamanya yaitu dengan membuat link download secara default sementara cara kedua yaitu menggunakan direct link download. 

Fungsi dari kedua cara tersebut sama saja yaitu untuk berbagi link kepada pengguna Google Drive, hanya saja proses pengerjaannya yang berbeda. Kamu juga bisa memilih cara membuat link download dari Google Drive yang sesuai dengan kebutuhan untuk mempermudah. Jika ingin mengubah atau memperpendek link pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. 

1. Cara Membuat Link Download Google Drive Menggunakan Smartphone 

Fitur berbagi link dari Google Drive ini bisa digunakan oleh orang lain untuk mendownload file yang sudah disediakan. Sehingga tidak heran jika cara ini dapat membantu dan mempermudah para youtuber dan juga blogger untuk membagikan file yang berhubungan dengan konten mereka. Adapun cara membuat link download dari Google Drive menggunakan smartphone adalah sebagai berikut. 

  • Kamu perlu menyiapkan akun Gmail untuk bisa mengaksesnya, selain itu file yang akan dibagikan juga harus disiapkan. 
  • Instal aplikasi Google Drive melalui App Store dari smartphone kamu. 
  • Jika sudah selesai diinstal, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan login menggunakan akun Gmail yang kamu miliki. 
  • Upload file yang akan dibagikan dengan mengklik tombol bertanda plus yang berada di posisi pojok bawah. 
  • Nantinya akan ada beberapa pilihan, maka kamu dapat memiliki upload lalu cari file yang ingin dibagikan.
  • Jika sudah selesai di upload, kamu dapat mengklik tombol titik tiga di pojok atas.
  • Langkah-langkah membuat link Google Drive selanjutnya dengan mengaktifkan opsi berbagi link, jika sudah klik salin link. Link yang telah disalin akan otomatis tercopy dan sudah bisa dibagikan. 

2. Cara Membuat Link Download Google Drive Default 

cara membuat link download dari Google Drive
cara membuat link download dari Google Drive

Cara membuat link download dari Google Drive ini merupakan cara share link yang disajikan tanpa adanya modifikasi. Sehingga saat pengunjung mengklik link yang telah dibagikan akan langsung masuk ke halaman download atau Google Drive yang dituju. Link default ini umumnya hanya dapat diakses oleh pengunjung yang memiliki Google Drive juga.

  1. Langkah-langkah membuat link Google Drive yang pertama adalah membuka alamat situs Google Drive. 
  2. Silakan login lebih dulu menggunakan alamat akun Gmail yang kamu miliki. 
  3. Lalu kamu bisa membuat folder baru untuk memasukkan file yang kamu miliki dengan cara klik tombol new/baru yang ada pada halaman Google Drive. 
  4. Klik tombol pilih folder yang berada di pojok kiri atas, fungsi folder ini untuk mempermudah kamu dalam mengelola file.
  5. Anda dapat melakukan double klik pada folder yang telah dibuat jika ingin membukanya.
  6. Masukkan file yang akan kamu share dengan cara klik kanan jika folder sudah terbuka, kemudian pilih upload files.
  7. Jika file yang ingin dishare sudah ada di folder maka kamu dapat mengklik kanan pada file yang akan dibagikan. Saat muncul menu pilih get sharable link.
  8. Jika sudah muncul URL langkah selanjutnya adalah mengcopy link URL tersebut untuk dibagikan.
  9. Langkah-langkah membuat link Google Drive default pun selesai, sobat bisa membagikannya ke website atau media sosial. 

3. Cara membuat link download dari Google Drive Menggunakan Tipe Direct Link

Langkah-langkah membuat link Google Drive menggunakan direct link sangat mempermudah pengunjung. Hal ini karena link yang dibagikan dapat diakses walaupun user tidak memiliki Google Drive. Direct link juga akan langsung mendownload file saat di kamu mengkliknya. Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu memodifikasi format URL yang didapat seperti berikut. 

  1. Lakukan upload file seperti yang telah dijelaskan di atas baik dengan menggunakan cara membuat link download dari Google Drive smartphone atau default.
  2. Jika sudah, salin URL google drive tersebut dan untuk mengubahkan menjadi direck link kamu dapat memodifikasinya dengan format khusus.
  3. Jika link tersebut di klik biasanya akan secara otomatis mengunduh file yang telah dibagikan. 

Nah, begitu kira-kira ya sobat cara membuat link Google Drive.

Cara Memperpendek URL Share Link Google Drive 

Link URL dari Google Drive cukup panjang sehingga sangat sulit dihafal karena menggunakan kode yang acak. Cara membuat link download dari Google Drive sendiri sudah banyak digunakan untuk berbagi file kepada teman dan sebagainya. Link yang panjang dapat kamu pendekkan dengan menggunakan bantuan tools URL shortener gratis yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Kamu bisa mencoba untuk memendekkan URL menggunakan bitly. Bitly merupakan platform pemendek url yang gampang banget untuk dicoba. Platform ini juga bisa mengcustom link yagng kamu inginkan agar mudah dihapal.

Demikian artikel mengenai cara membuat link download dari Google Drive. Semoga bisa kamu pahami ya sobat. Selamat mencoba!

Penulis: Mirna pujianti
Editor: Reskia Ekasari

Bagikan:

Tinggalkan komentar