Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama dan Enak + Contoh

Kamu suka makan frozen food hingga tertarik menjalankan bisnis ini? Sebelum berpikir tentang simulasi bisnis cari tahu terlebih dahulu cara membuat frozen food tahan lama. Frozen food berbeda dari makanan segar yang kamu masak sehari-hari. Makanan ini berpotensi basi jika tidak disimpan dengan baik dengan teknik yang tepat.

Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

Kamu yang hobi bereksperimen di dapur mungkin tidak lagi asing dengan frozen food dan bisa jadi makanan ini merupakan lauk favorit anggota keluarga.  Agar frozen food buatanmu mampu bertahan lebih lama, yuk ikuti beberapa tips berikut.

1. Selalu Pilih dan Gunakan Bahan Baku Terbaik

Frozen food ada banyak macamnya mulai dari yang terbuat dari sayuran, ikan, ayam hingga daging. Apa pun jenis frozen food yang kamu buat selalu pastikan kebersihan perlengkapan dan kualitas bahan bakunya.

Bila ingin frozen food tahan lebih lama maka gunakanlah bahan-bahan terbaik. Contohnya kamu mau membuat nugget ayam maka pilih daging ayam segar berikut bumbu pelengkap lainnya. Bukankah cara membuat frozen food tahan lama ini sangat mudah? Intinya kamu hanya perlu jeli ketika memilih bahan bakunya.

2. Gunakan Kemasan Kedap Udara

Kemasan kedap udara tidak hanya menjaga kualitas makanan tapi juga meningkatkan usianya. Saran kami tempatkan makanan olahan berdasarkan pada jenisnya. Chicken nugget pada satu kemasan, dimsum ayam pada satu kemasan dan sebagainya.

Cara ini tidak hanya memperpanjang usia frozen food tapi juga menjadikannya lebih rapi. Solusi cerdas ini bisa kamu praktekkan ketika membuat olahan frozen food untuk jualan.

3. Beri Label Kadaluwarsa

Frozen food sama saja seperti makanan pada umumnya yang mempunyai waktu kadaluwarsa. Oleh karena itu, tambahkanlah label kadaluarsa pada tiap frozen food yang kamu buat. Cara ini akan membantu mengingatkanmu mana makanan yang harus segera dikonsumsi dan makanan yang bisa dikonsumsi setelahnya.

Penambahan label kadaluarsa merupakan salah satu teknik atau cara membuat frozen food tahan lama untuk makanan homemade. Jika kamu tertarik berbisnis frozen food maka daftarkan izin edarnya untuk mendapatkan tanggal kadaluarsa yang tepat.

4. Monitoring Perubahan Suhu Lemari Es

Tips terakhir lakukanlah pengawasan atau pengecekan perubahan suhu lemari es. Agar suhu lemari es tidak turun naik hindari terlalu sering membuka tutup lemari es.

Masukkan kembali frozen food setelah dikeluarkan dalam lemari es namun buanglah frozen food jika makanan tersebut sudah 2 jam dalam suhu lebih dari 40 derajat.

5. Kemas Adonan Frozen Food ketika Dingin

Cara membuat frozen food tahan lama berikutnya dengan teknik pengemasan. Setelah frozen food matang tunggu sampai adonan mendingin baru bungkus dalam kemasan kedap udara.

Meski terkesan sepele cara ini efektif untuk menambah usia frozen food yang kamu buat. Memaksakan memasukkan makanan beku dalam lemari es sebelum mendingin dikhawatirkan akan membuat makanan tidak membeku secara sempurna.

Mau mulai bisnis frozen food? Baca artikelnya ini yuk: cara memulai bisnis Frozen Food.

Macam-Macam Frozen Food untuk Jualan

Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama
Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama + Contoh

Setelah membahas mengenai cara membuat frozen food tahan lama, kita akan bahas contohnya. Membuat frozen food untuk konsumsi pribadi dengan produk jualan merupakan dua hal yang berbeda. Pastikan pilih salah satu frozen food berikut yang sudah dijamin banyak peminatnya.

1. Dimsum Ayam Jamur

Resep frozen food pertama adalah dimsum ayam jamur. Frozen food ini sangat disukai masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau. Supaya dimsum ayam jamur kamu disukai banyak orang gunakan bahan terbaik selama pengolahan.

Bahan terbaik akan membuat dimsum ayam jamurmu menjadi lebih istimewa dan pastinya lebih tahan lama. Kamu bisa memasarkan dimsum ayam jamur dengan berbagai ukuran mulai dari yang small hingga big size.

2. Ekado

Ide jualan frozen food homemade selanjutnya adalah ekado. Beda dari dimsum ayam jamur yang lebih enak dimasak dengan cara dikukus, ekado bisa dinikmati setelah digoreng. Kamu bisa menambahkan telur puyuh atau isian lainnya pada adonan ekado.

Ekado termasuk frozen food yang cocok untuk dinikmati oleh berbagai kalangan. Ketika membuat ekado jangan lupa untuk turut membuat saus pendampingnya.

Baca kemitraan usaha frozen food di artikel ini. Semoga bisa bekerja sama.

3. Tahu Bakso

Tahu bakso yang kamu buat mendapatkan pujian dari banyak orang lantas mengapa tidak membuatnya menjadi bisnis saja? Membuat tahu bakso membutuhkan keterampilan memasak yang baik agar adonan bakso yang ditambahkan pada tahu terasa gurih dan lezat.

Tahu bakso bisa kamu sajikan dengan saus sachet atau cabai rawit saja. Rasa tahu baksonya sudah cukup nendang untuk dinikmati tanpa sambal.

4. Nugget Ayam

Dan rekomendasi frozen food yang juga sangat laris adalah nugget ayam. Nugget ayam bahkan menjadi lauk wajibnya anak-anak otomatis ketika berjualan nugget ayam kamu bisa memilih ibu rumah tangga sebagai target marketing.

Membuat nugget ayam juga tidak sulit, kamu bisa intip resepnya di internet atau YouTube. Selain membuat nugget ayam original silahkan bereksperimen untuk mendapatkan resep nugget ayam terbaru.

Itulah beberapa jenis frozen food dan penjelasan singkat tentang cara membuat frozen food tahan lama. Silahkan kamu ikuti arahan kami agar frozen food buatanmu cepat populer di kalangan pembeli.

Baca juga:
Bagikan:

Tinggalkan komentar