Cara Membuat Centang Hijau di Whatsapp untuk Bisnismu

Cara membuat centang hijau di Whatsapp mungkin sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis. Pasalnya, sekarang pelanggan banyak yang meragukan kredibilitas dan integritas dari pihak yang membuka bisnis atau toko melalui Whatsapp. Alih-alih membeli, pelanggan justru merasa curiga lantaran belum ada centang hijau. 

Namun sekarang, sudah ada fitur centang hijau atau verified badge yang bisa menghilangkan kekhawatiran para pelanggan yang ingin membeli produk ataupun menggunakan jasa layanan dari akun bisnis di Whatsapp.

Tanda tersebut, akan menunjukkan bahwa akun Whatsapp bisnismu sudah terverifikasi secara resmi oleh pihak Whatsapp. Namun, masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan centang hijau di Whatsapp bisnis. Bagi yang belum tahu, nih caranya.

Apa Itu Centang Hijau di Whatsapp?

Sebelum mengetahui cara membuat centang hijau di Whatsapp, ada baiknya jika kamu mengetahui dulu apa itu centang hijau atau verified badge. Sederhananya, ketika kamu sudah mendapatkan centang hijau tersebut, artinya kamu sudah menggunakan akun resmi whatsapp bisnis. 

Logo centang hijau ini akan diberikan setelah penggunanya melakukan konfirmasi nomor yang digunakan bahwa pada nomor tersebut memang terdapat bisnis yang dijalankan dan juga sudah menggunakan akun Whatsapp Official Business Edition. 

Ada yang menjadi perbedaan dari verification badge pada Whatsapp dengan media sosial lain seperti Twitter dan Instagram. Di Instagram atau Twitter, verification badge diberikan pada mereka yang merupakan tokoh publik dan juga sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup besar. 

Sedangkan untuk centang hijau ini, hanya diberikan khusus untuk nomor Whatsapp resmi dari suatu bisnis dan memang tidak bisa diberikan untuk perorangan. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa dengan memiliki centang hijau tersebut, akun Whatsapp yang digunakan memang benar-benar memiliki bisnis tertentu. 

Setelah kamu mendapatkannya, biasanya yang akan muncul adalah nama bisnis kamu. Nama tersebut juga akan muncul walaupun ada orang yang masih belum menyimpan nomor tersebut. Nama dari bisnis yang kamu jalankan, bisa langsung terlihat pada layar obrolan, daftar obrolan, dan juga pada tampilan kontak. 

Mengapa Akun Whatsapp Business Butuh Centang Hijau?

Setelah kamu mengetahui apa yang menjadi fungsinya, kamu juga harus mengetahui mengapa kamu membutuhkan cara membuat centang hijau di Whatsapp. Hal ini harus kamu miliki untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan agar pelanggan merasa tenang ketika melakukan transaksi. 

Dengan adanya kepercayaan dari pelanggan, bukan tidak mungkin bisnis yang kamu jalankan bisa direkomendasikan kepada orang lain lantaran tidak ada unsur penipuan dan memang memberikan layanan yang optimal. 

Pada akhirnya, dengan cara ini kamu membuat tingkat penjualan melalui Whatsapp bisa meningkat dan akan membawa keuntungan yang lebih dibandingkan sebelum kamu mendapatkan centang hijau tersebut. 

Apa Manfaat Menggunakan Centang Hijau di Whatsapp?

Ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui sebelum menuju pada cara membuat centang hijau di Whatsapp, yakni manfaat dari kamu mendapatkan centang hijau atau verified badge. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bisa membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Hal ini terjadi lantaran dengan centang hijau, akun Whatsapp bisnismu bisa dipercaya oleh rekan bisnis dan juga oleh pelanggan. 
  2. Bisa meningkatkan tingkat penjualan lantaran centang hijau akan menepis keraguan serta kekhawatiran akan risiko tertipu dalam transaksi online. 
  3. Bisa memperkenalkan nama usaha atau bisa mendapatkan branding gratis ketika kamu melakukan komunikasi dengan pelanggan. Hal ini terjadi lantaran nama bisnis yang kamu miliki akan muncul secara otomatis walaupun pelanggan belum menyimpan nomor akun bisnismu. 
  4. Kamu juga bisa dibantu atau dimudahkan untuk mengatur CRM lantaran Whatsapp resmi tersebut bisa langsung dihubungkan dengan aplikasi CRM. 

Nah, sekarang, baru deh kamu bisa mengetahui bagaimana cara membuat centang hijau di Whatsapp

Bagaimana Cara Membuat Centang Hijau di Whatsapp?

Cara Membuat Centang Hijau di Whatsapp
Cara Membuat Centang Hijau di Whatsapp

Cara membuat tanda ceklis di WA yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini. Harap disimak baik-baik, ya. 

1. Verifikasi Akun Bisnis

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungkannya pada Facebook Bussiness Manager. Namun, ada syarat yang harus kamu penuhi sebelum melakukannya yakni dengan memiliki NPWP dan juga SIUP terlebih dahulu.

NPWP dan juga SIUP memiliki fungsi untuk menunjukkan bahwa produk yang kamu jual bukan merupakan produk ilegal. 

2. Menggunakan Official Whatsapp Bussiness API

Cara membuat centang hijau di Whatsapp kedua yang bisa kamu lakukan adalah membangung kemitraan dengan Official Business Partner (BSP) Whatsapp. Silakan pilih BSP Whatsapp sesuai dengan keinginanmu atau sesuai dengan yang disarankan oleh banyak orang. 

Dengan ini, kamu juga bisa sekaligus menghubungkannya dengan aplikasi CRM seperti yang telah dikatakan sebelumnya. Dengan CRM, kamu bisa mengerti apa saja yang menjadi kebutuhan, target, serta tujuan dari bisnis maupun usaha yang dimiliki.

3. Mendaftarkan Nomor Whatsapp

Langkah selanjutnya adalah dengan langsung mendaftarkan nomor Whatsapp yang akan digunakan untuk nomor resmi dari suatu bisnis ataupun usaha. Silakan daftarkan nomor tersebut langsung ke pihak Whatsapp.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan jasa BSP terlebih dahulu lantaran Whatsapp tidak bisa mengizinkan semua perusahaan untuk memiliki Official Business Account. Maka dari itu, BSP-lah yang harus membantu untuk mengajukan bisnis yang ingin diverifikasi.

4. Dapatkan Verified Badge

Langkah selanjutnya adalah hanya tinggal menunggu apakah seluruh persyaratan serta ketentuan yang berlaku sudah kamu penuhi atau belum. Jika sudah memenuhinya, biasanya centang hijau yang ada pada Whatsapp akan langsung muncul secara otomatis.

Biasanya, jika sudah memenuhi persyaratan, hanya butuh satu hingga dua hari kerja saja hingga kamu bisa mendapatkan verification badge atau centang hijau pada akun resmi Whatsapp bisnis yang kamu miliki. 

Itulah sedikit informasi mengenai centang hijau atau verified badge beserta cara membuat centang hijau di Whatsapp yang bisa kamu ikuti langkah demi langkah. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar