Cara Membuat Akun Jobstreet, Mudah dan Praktis!

Jobstreet adalah sebuah situs ketenagakerjaan yang dikembangkan di Malaysia. Situs ini bisa membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan. Sebab, hanya dengan mendaftar Jobstreet, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan. Namun begitu, sebelum lebih jauh kamu mesti tahu dulu cara membuat akun Jobstreet.

Berikut ini saya akan kasih tahu cara membuat akun jobstreet yang menarik.

Cara Membuat Akun Jobstreet

Membuat akun Jobstreet tidaklah sesulit apa yang kamu bayangkan. Karena cukup dengan bermodal sentuhan jari, kamu bisa mendaftar Jobstreet. Baru setelah itu kamu akan menikmati segala fitur di dalamnya. Sebelum itu, saya kasih tahu terlebih dahulu kenapa Jobstreet ini sangat begitu direkomendasikan sebelum kita masuk ke pembuatan akun.

Melalui Jobstreet, pembuatan profil kamu jadi lebih gampang dan praktis karena semua dilakukan via daring alias online. Setelah bikin akun dan masuk, kamu akan disambut oleh ribuan lowongan kerja dari ribuan perusahaan. Kamu bisa menyiapkan LiNa, yang nanti akan terhubung pula dengan email kamu. Mudah bukan? Nah setelah ini, mari saya lanjutkan ke tahap berikutnya.

Bagaimana Cara Membuat Akun Jobstreet?

Mesti kamu bertanya-tanya dong, lalu bagaimana sih cara membuat akun Jobstreet? Tenang saja, kita mulai pelan-pelan saja. Saya akan kasih tahu caranya membuat akun Jobstreet. Jadi pastikan kamu membaca ulasan di bawah ini dengan tuntas. Oke deh, langsung saja menuju ke yang kamu nantikan.

1. Daftar ke Jobstreet

Kalau kamu pengin punya akun Jobstreet, ya langkah awal kamu daftar dulu dong. Nah cara mendaftar akun Jobstreet, kamu cukup buka saja situs resminya di jobstreet.co.id. Setelah membuka situsnya, kamu bisa memilih tombol “Daftar Gratis”. Lalu masukkan deh informasi tentang kamu seperti nama depan dan belakang, alamat email, dan kata sandi akun Jobstreet yang kamu inginkan.

Cara Membuat Akun Jobstreet
Cara Membuat Akun Jobstreet

Pada saat mendaftar ini pastikan kamu memberikan informasi dasar tentang kamu yang bisa dijadikan kata kunci. Ini sangat berfungsi ketika kamu sedang mencari pekerjaan, atau kamu mendapat pemberitahuan pekerjaan sesuai profilmu.

2. Validasi Email dari Jobstreet

Nah, selanjutnya agar akun Jobstreet kamu aktif, kamu perlu melakukan validasi email. Tentu saja bukan ke email pacar ya, tapi email kamu itu lho. Biasanya setelah kamu mendaftar, dari Jobstreet langsung akan mengirim email validasi ke email kamu. Verifikasi email ini diperlukan sebab untuk mengecek apakah email yang kamu daftarkan benar.

Tahunya dapat email dari mana? Gampang kok, coba kamu cari email dari lina@jobstreet.com dengan subjek email “Validasi Email Anda–dari Jobstreet.com”. Setelah itu ngapain? Ya kamu tinggal klik saja deh tautan yang ada di email itu. Kalau belum muncul juga gimana? Kamu cek lagi di akun Jobstreet dan klik tautan “Kirim ulang email verifikasi”. Mudah tho?

3. Sempurnakan LiNa

Perlu kamu tahu, LiNa merupakan sistem pencocokkan informasi lowongan pekerjaan di Jobstreet. Nah sebetulnya, dua langkah sebelumnya, kamu sudah punya profil LiNa, tapi kamu perlu menyempurnakan lagi.

Caranya, tinggal masuk ke akun Jobstreet kamu. Lalu pilih menu “Beranda”. Nah di bawah “Lowongan sesuai LiNa”, kamu bisa pilih profil LiNa yang ingin kamu sempurnakan. Setelah itu klik pada “Pilihan”, dan silakan deh kamu pilih kriteria yang kamu inginkan.

4. Membuat Profil di Jobstreet

Membuat profil merupakan cara membuat akun Jobstreet yang paling penting. Bahkan profil kamu itulah yang menentukan terpilihnya kamu untuk dipanggil wawancara. Lantas bagaimana caranya membuat profil? Ada dua, yaitu Profil Jobstreet dan Resume yang Diunggah. Saya akan bahas yang pertama dulu.

Untuk membuat Profil Jobstreet langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk akun Jobstreet.com
  • Pilihlah menu “MyJobstreet”
  • Klik “Profil Saya” dan kamu pilih “Buka Profil”
  • Ikuti tiga langkah mudah untuk membuat profil di situ

Nah, untuk mengunggah resume, kamu bisa melakukan cara-cara berikut:

  • Pilihlah menu MyJobstreet > Perbarui Resume
  • Di menu di sebelah kiri, klik “Resume Diunggah”
  • Klik pada tombol “Unggah Sekarang”. Lalu ikuti petunjuk guna menemukan resume pada file komputer yang ingin kamu upload di sana.

Catatan: resume harus berformat Word, Text, Rich Text, atau PDF, dan wajib kurang dari 1MB.

Baca juga informasi seputar JobStreet lainnya:

Nah, itu tadi cara membuat akun Jobstreet yang bisa kamu praktikkan sendiri. Ingat, sekarang ini sudah zamannya teknologi dan internet. Jadi agar bisa memperoleh pekerjaan, kamu enggak perlu lagi keliling ngirim CV ke perusahaan. Cukup dengan Jobstreet kamu bisa dapat pekerjaan, dan tak usah khawatir CV terbuang percuma.

Bagikan:

Tinggalkan komentar