Cara Membatalkan Order di Lazada dengan Cepat & Mudah

Adakah cara membatalkan order di lazada? Jawabannya pasti ada. Belanja secara online bagi kebanyakan orang dianggap lebih mudah dan gak ribet. Lazada merupakan salah satu platform jual beli terbesar di Indonesia yang kerap kali menawarkan diskon dan promosi besar-besaran untuk menarik minat konsumen berbelanja online. 

Tidak heran jika pengguna aplikasi ini melakukan perang transaksi belanja dengan pengguna lain demi mendapatkan harga yang murah. Karena terburu-buru memutuskan untuk membeli, terkadang kita melakukan kesalahan yang mengharuskan pesanan itu dicancel.

Setiap aplikasi e-commerce pasti sudah menyediakan fitur yang dapat memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi apapun termasuk membatalkan pesanan. Di lazada sendiri terdapat kebijakan yang memperbolehkan customer mengajukan pembatalan pesanan. 

Kebijakan Lazada untuk Proses Pembatalan Pesanan

Ketika berniat untuk melakukan pembatalan order, kamu harus pahami dulu kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak lazada untuk layanan tersebut. Berikut poin penting kebijakan pembatalan pesanan dari lazada yang harus kamu tahu :

  1. Orderan dapat dibatalkan dalam waktu paling lambat 1 jam setelah pesanan dibuat.
  2. Secara sistem, pengajuan pembatalan tidak bisa dilakukan jika : produk yang dipesan merupakan koleksi Taobao, produk tersebut sudah diproses di gudang, sudah dikemas penjual, dan produk sudah dalam pengantaran.
  3. Sesuatu yang berbentuk potongan seperti voucher, diskon, dan promosi lainnya tidak bisa digunakan kembali setelah melakukan pembatalan.
  4. Nilai dari total pesanan setelah item/barang dibatalkan tetap harus memenuhi ketentuan penggunaan voucher, diskon, ataupun promosi lainnya yang sejenis.
  5. Kamu harus menghubungi customer service lazada untuk mendapatkan kode voucher baru jika ingin membatalkan pesanan menggunakan store credit.
  6. Orderan yang dibatalkan tidak dapat diaktifkan kembali.
  7. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Cara Membatalkan Order di Lazada 

cara membatalkan order di lazada
cara membatalkan order di lazada

Sudah paham mengenai kebijakan pembatalan pesanan di lazada? kalau sudah yakin, kamu bisa melakukan proses pembatalan dengan langkah dibawah ini melalui aplikasi di smartphone mu. Berikut penjelasan cara membatalkan order di lazada :

  1. Buka aplikasi lazada dan lihat semua orderanmu di bagian menu akun.
  2. Klik bagian pesanan saya dan pilih nomor pesanan yang ingin dibatalkan.
  3. Klik pesanan tersebut, scroll kebawah kemudian klik tombol batal.
  4. Selanjutnya kamu harus Isi data formulir pembatalan online dan isi data tersebut sesuai perintah.
  5. Terakhir klik submit dan pilih jenis pengembalian dana yang kamu inginkan (tidak berlaku untuk COD). 

Prosesnya mudah bukan? Cara diatas juga berlaku untuk cara membatalkan pesanan di lazada yang sedang diproses penjual. Pesanan yang statusnya “dalam proses” itu berarti sedang dalam tiga tahapan, seperti dalam persiapan gudang seller, pengemasan oleh seller dan persiapan untuk diserahkan ke jasa ekspedisi pengantaran.   

Jika kamu mempunyai masalah lain seperti pesanan sudah dikemas oleh penjual tentu masih bisa kamu batalkan. Lalu, bagaimana cara membatalkan order di Lazada jika pesanan sudah dikemas penjual? 

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Dikemas Penjual 

Jika mengacu pada kebijakan lazada, pengajuan pembatalan pesanan tidak dapat dilakukan apabila pesanan sudah masuk dalam status dikemas. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa memproses pesanan untuk dibatalkan dengan cara menghubungi penjual secara langsung melalui fitur chat. 

Menghubungi seller merupakan satu-satunya cara membatalkan pesanan di lazada yang sedang dikemas apabila kamu tidak mendapati fitur batal di detail pesanan. Jika penjual setuju untuk dibatalkan, maka proses pengajuan pembatalan dapat diproses. Kamu hanya perlu menunggu status pemesanan sampai ada tombol batal. 

Kemudian cek detail status pesanan kamu, jika ada tombol batal silahkan di klik dan lanjutkan proses cara membatalkan order di lazada seperti langkah di atas. Tapi jika di aplikasi menu pesanan masih ada fitur tulisan batal, kamu tidak perlu repot konfirmasi ke seller untuk mengajukan pembatalan. 

Itulah pembahasan mengenai cara membatalkan order di lazada dengan cepat. Akan lebih baik jika kamu teliti sebelum memutuskan untuk checkout pesanan agar tidak perlu melakukan pembatalan. Tapi jika keadaan memaksa untuk cancel order, kamu bisa dilakukan cara di atas. Semoga informasi ini membantu masalahmu ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar