6 Cara Memasarkan Soto Sokaraja Dijamin Mantap!

Menjadi pemilik usaha, membuat kita harus pintar memasarkan produk yang kita miliki. Salah satunya di bidang kuliner. Semakin banyak jenis kuliner, artinya semakin ketat pula persaingan antar pemilik usaha kuliner, termasuk Soto Sokaraja. Untuk itu, agar tidak kalah di pasaran, sebagai pemilik usaha kita harus mengetahui cara memasarkan Soto Sokaraja yang paling efektif.

Soto Sokaraja tentu sudah dikenal penikmatnya. Tapi orang dari luar Banyumas belum tentu tahu bagaimana nikmatnya soto ini. FYI, buat kamu yang belum ngerti, Soto Sokaraja adalah soto khas daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Ciri khasnya menggunakan bumbu sambal kacang dan ketupat yang dicampur sekaligus ke dalam mangkuknya. Gimana? Sudah ada bayangan?

Nah, biar makanan khas daerah ini tidak kalah saing dengan kuliner lainnya, pemilik kedai wajib hukumnya mengetahui cara memasarkan produk. Mau tahu tipsnya? Yuk, simak dan pahami baik-baik agar kedaimu makin ramai.

Seperti barang jual lainnya, ada dua cara memasarkan Soto Sokaraja agar dikenal lebih banyak orang. Yaitu pemasaran offline dan online. Keduanya tentu punya dampak masing-masing yang patut diperhatikan pemilik usaha.

Cara Memasarkan Soto Sokaraja Secara Offline

Tips memasarkan Soto Sokaraja yang pertama yaitu dengan jalur offline seperti yang sudah biasa dilakukan. Langkah konvensional ini punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Kabar baiknya, dengan cara ini konsumen mengerti betul bagaimana pelayanan dan cita rasa kedai kamu. Hal ini tentu saja menjadi nilai plus.

Sebab jika konsumen puas, mereka tak akan sungkan datang lagi. Ya walaupun dengan cara ini pula, kamu tidak bisa menjangkau konsumen secara lebih luas. Tapi, jangan sedih terlebih dahulu. Di sini saya juga akan kasih tahu cara memasarkan Soto Sokaraja agar menarik minat pembeli secara lebih luas sekalipun melalui media offline.

1. Berpartisipasi pada Event

Memanfaatkan kegiatan pameran, ekspo, pasar raya, festival, ataupun bazar bisa menjadi salah satu media untuk memasarkan Soto Sokaraja. Acara yang dibuat dengan skala besar ini akan mendatangkan banyak pengunjung dari berbagai daerah.

Hal ini membuat peluang Soto Sokaraja buatan kedaimu dikenal banyak orang menjadi makin besar. Tentunya, di sini kamu bisa mengatur kedaimu sedemikian rupa agar pengunjung pameran tertarik mampir.

2. Menyediakan Kartu Nama dalam Setiap Kemasan yang Dijual

Salah satu media offline untuk memasarkan produk adalah dengan kartu nama. Kertas kecil yang berisi info singkat kedai ini bisa memperluas promosi dagangan kamu, lho.

Bayangkan saja, misal ada 10 bungkus Soto Sokaraja yang terjual, masing-masing kartu nama kedaimu dalam bungkus itu dibaca 2 sampai 3 orang sekaligus. Dalam waktu singkat, kedaimu sudah diketahui 30 orang sekaligus! Apalagi kalau disertakan juga promo yang menarik di sana.

3. Menjadi Sponsorship Acara Tertentu

Usaha branding lain yang bisa dilakukan untuk menarik minat pembeli adalah dengan menjadi sponsor. Dengan cara ini selain akan dikenal lebih luas, kedai Soto Sokaraja kamu juga akan memiliki citra positif.

Cara Memasarkan Soto Sokaraja Secara Online

cara memasarkan Soto Sokaraja
Cara Memasarkan Soto Sokaraja

Saat ini pemasaran yang dilakukan online menjadi jalan tempuh efektif. Dengan cara ini, jangkauan konsumen menjadi lebih luas dan transaksi pemesanan yang dilakukan juga menjadi lebih praktis. Lalu, bagaimana langkah-langkah memasarkan produk makanan ini secara online?

4. Menentukan dan Membuat Portal Online

Banyak portal online yang bisa dijadikan sebagai media promosi. Hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih portal ini yaitu pemahamanmu tentang media itu dan media mana yang memiliki potensi jangkauan pasar lebih luas.

5. Melakukan Promosi Secara Berkala Melalui Media Online.

Tidak harus selalu mengunggah jualan Soto Sokaraja, konten media promosi juga bisa diisi dengan hal menarik lain seperti rekomendasi minuman pendamping makan Soto Sokaraja, waktu yang tepat untuk menyantapnya, dan sebagainya. Sebab promosi ini penting dan harus terus dilakukan.

6. Promosikan Toko Online di Berbagai Forum

Langkah ini harus kamu tempuh agar semakin banyak orang yang mengenal dan tertarik dengan kedaimu.Jika toko online kamu biarkan begitu saja, artinya kamu hanya jalan di tempat. Kamu bisa menaikkan jumlah pengunjung toko online dengan mempromosikannya di berbagai forum.

Itu dia cara memasarkan Soto Sokaraja yang bisa kamu lakukan. Apa pun pilihan caramu untuk memasarkannya, terus lebarkan kedaimu sampai seantero nusantara tahu bagaimana sedapnya soto ini. Tetap semangat dan selalu berinovasi, yaa.

Bagikan:

Tinggalkan komentar