Cara Melihat Foto Bukti Pengiriman di Shopee yang Mudah

Sebagai seorang yang menggunakan di Shopee, terkadang kamu penasaran dengan foto bukti pengiriman yang dilakukan oleh kurir pengiriman Shopee. Terkadang ada yang tidak mengetahui cara melihat fotonya. Maka, berikut ini cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee.

Hal ini bisa dilakukan ketika kamu memang kebetulan nggak ada di rumah saat kurir pengiriman datang. Nah, foto bukti pengiriman ini, fungsinya untuk mengecek hal tersebut. Kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Shopee saja. Nantinya, kurir akan mengupload foto paket yang mungkin diletakkan di depan pintu atau diterima oleh tetangga.  

Sebelum menjelaskan cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee, lebih baik kamu pahami dulu beberapa hal berikut ini.

Apa Itu Foto Bukti Pengiriman di Shopee?

Pertama, mending pahami dulu deh tentang foto bukti pengiriman itu apa. Foto pengiriman di Shopee  itu merupakan foto yang disediakan oleh kurir saat ia selesai melakukan pengiriman.

Kamu pernah nggak sih, diminta untuk foto bersama paket yang sudah diterima oleh kurir jasa pengiriman? Nah, abang-abang kurir itu memfoto kamu bukan karena ingin menjadikan foto kamu sebagai wallpaper atau untuk dilihat setiap malam, melainkan untuk mendapatkan foto bukti pengiriman. Jadi jangan GR ya.

Biasanya juga, kamu akan dimintai tanda tangan. Dan nantinya tanda tangan itu akan difoto juga lalu dikirimkan oleh kurir jasa pengirim. Atau jika kebetulan kamu belum ada di rumah, biasanya abang-abang kurir akan memfoto paket yang sudah diletakkan di halaman maupun di depan pintu kamu. Itu tujuannya seperti yang saya sebutkan di atas.

Kadang juga, kurir pengiriman akan meminta foto produk yang dikirim jika dititipkan kepada tetangga sekitarmu. Nantinya, kamu hanya tinggal meminta paket tersebut kepada tetangga yang sudah difoto oleh kurir pengiriman.

Apa Saja Isi Bukti Foto Pengiriman di Shopee?

Biasanya yang ditampilkan sih, kalau nggak fotomu dengan memegang paket yang sudah diterima, kadang hanya menunjukkan foto paket yang sudah diletakkan di depan pintu rumahmu. Kalau tidak keduanya, biasanya berupa foto ataupun gambar tetangga yang dititipi paket yang kamu miliki.

Kapan Kita Bisa Melihat Foto Bukti Pengiriman di Shopee?

Kapan dan gimana sih cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee? Jelas. Jika kamu menanyakan kapan kamu bisa melihatnya, tentu setelah paket yang dikirimkan sudah sampai ke alamat yang dituju. Selain itu, kamu hanya bisa melihat bukti pengiriman tersebut hanya jika si kurir sudah mengambil fotomu bersama paket, paket di depan pintu rumah, dan paket yang udah dititipin ke tetangga.

Jika itu belum dilakukan, ya abang kurir pengirim nggak bisa ngupload apa-apa dan kamu tentu nggak bisa melihat foto bukti pengiriman di Shopee.

Terjadi Gagal Login? Coba baca gagal login f13 shopee ini.

Cara Melihat Foto Bukti Pengiriman di Shopee

cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee
cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee

Sebenarnya, cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee itu sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi Shopee-nya saja. Nggak perlu website atau aplikasi lain. Begini cara melihatnya.

1. Buka aplikasi Shopee yang kamu miliki terlebih dahulu.

2. Setelah diarahkan ke laman beranda Shopee, tekan Saya yang di sana ada icon abang-abang berseragam.

3. Lalu, profil kamu akan terbuka secara otomatis.

4. Langsung saja klik Lihat Riwayat Pesanan.

5. Kemudian, secara otomatis kamu akan dibawa ke tampilan Pesanan Saya.

6. Pilihlah salah satu pesanan yang foto bukti pengirimannya ingin kamu cek.

7. Kamu akan diarahkan menuju Rincian Pesanan.

8. Langsung saja tekan Lihat.

9. Gas ketuk tulisan Lihat Bukti Pengiriman.

10. Udah deh. Kalau kurir pengiriman sudah selesai mengupload foto bukti pengirimannya, maka kamu bisa melihatnya. Jika tidak ada, berarti belum diupload atau memang tidak.

Gampang banget nggak sih cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee?

Catatan Saat Menerima Paket dari Shopee untuk Melihat Foto Bukti Kiriman

Ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Takutnya, saat kamu tidak menemukan foto bukti pengiriman, malah marah ke kurir yang mengirim paket kamu. Kamu baru bisa melihat foto bukti pengiriman jika memenuhi beberapa persyaratan ini:

1. Barang yang dipesan sudah diterima atau sudah sampai di alamat yang dituju

2. Kurir meminta izin untuk pengambilan foto pemesan yang sudah menerima barang, foto saat pesananmu sudah di depan pintu, dan juga foto saat pesananmu dititipkan ke tetangga di dekat rumahmu.

3. Jika abang-abang kurir tidak mengirim foto, maka kamu tidak bisa melakukan pengecekan terhadap foto bukti pengiriman yang ada di Shopee.

4. Jika tidak ada, silakan menggunakan atau mengecek bukti pengiriman selesai melalui metode lain; mengecek nomor resi, tanggal pengiriman, dan juga tanggal paket diterima.

5. Kadang ada kurir yang tidak melengkapi foto bukti pengiriman. Jadi kamu tidak bisa melihat foto bukti pengiriman. 

Demikian artikel mengenai cara melihat foto bukti pengiriman di Shopee yang mudah banget. Semoga kamu segera bertemu sama paketmu ya sobat Wong Cerdas!

Bagikan:

Tinggalkan komentar