Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet Lengkap Tips Agar Lolos

Sobat, pasti semua orang menginginkan penghasilan besar yang sesuai dengan minat, bukan? Salah satu platform yang bisa membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan impian adalah Jobstreet.

Cara melamar kerja lewat Jobstreet dengan cara mengajukan Curriculum Vitae (CV). Platform tersebut juga menyediakan informasi lamaran pekerjaan di Indonesia dan juga negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan lain-lain.

Apa Itu Jobstreet?

Jobstreet merupakan platform yang menyediakan informasi lengkap seputar lowongan pekerjaan dari berbagai negara ternama di Asia. Selain itu, platform ini juga menghubungkan para pelamar pekerjaan dan perusahaan-perusahaan.

Untuk memanfaatkan platform ini kamu perlu mendaftar ke akun Jobstreet dan melamar ke perusahaan dengan mengajukan Curriculum Vitae (CV).

Menariknya lewat Jobstreet, kamu bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian, memperoleh informasi seputar gaji, tips yang berkaitan dengan karier, dan lain-lain. Pastinya akan banyak informasi yang bermanfaat yang bisa kamu dapatkan.

Membuat CV dan Resume yang Mengagumkan di Jobstreet

Cara melamar kerja lewat Jobstreet agar diterima adalah dengan membuat CV dan resume yang mengagumkan, sehingga perusahaan juga tertarik untuk merekrut kamu di perusahaan mereka. Jika kamu sudah mendaftarkan diri di akun Jobstreet, maka selanjutnya kamu bisa membuat profil yang resmi dan professional. 

Buatlah profil lengkap seputar data dirim pengalaman pekerjaan, organisasi, dan lain-lain. Pastikan pelamar telah memasukkan kriteria seperti yang diinginkan misalnya lokasi pekerjaan, pendidikan, posisi, pekerja paruh waktu atau penuh, dan lain-lain. 

Baca juga:  9 Cara Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil Wawancara

Dengan memberikan informasi lengkap, maka perusahaan akan mencari kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Cara melamar kerja lewat Jobstreet hanya dengan mengajukan CV atau resume, sehingga pelamar tidak perlu repot-repot mencari karena informasi lowongan pekerjaan telah disediakan

Cara Upload CV di Jobstreet

Jika kamu sudah memiliki akun jobstreet, kamu bisa mengunggah CV di website resmi Jobstreet. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah CV via HP tetapi kamu harus mengaktifkan mode desktop ketika membuka website Jobstreet. Berikut langkah-langkah mengunggah CV di Jobstreet:

  1. Pertama, kunjungi website Jobstreet.id. lalu, kamu bisa login dengan email, nantinya kamu akan diarahkan ke tampilan halaman utama Jobstreet. Tekan update my profile.
  2. Selanjutnya, kamu bisa memilih opsi upload resume untuk mengunggah CV. Disarankan CV yang diunggah dalam format PDF.
  3. Jika CV sudah diunggah, kamu sudah bisa mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang kamu inginkan.

Buka hanya CV, kamu juga harus melengkapi identitas diri, misalnya foto, pendidikan, keterampilan, pengalaman dan lain-lain. CV yang kamu unggah harus sesuai dengan  profil yang telah diperbaharui. Jangan pernah memasukkan pengalaman yang tidak sesuai atau mengada-ada

Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet

cara melamar kerja lewat jobstreet
Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet

Jika kamu ingin menjadi bagian di perusahaan yang diiklankan di Jobstreet. Kamu memulai cara melamar kerja lewat Jobstreet dengan mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Memiliki Akun Jobstreet

Tentu untuk mendapatkan pekerjaan impian di Jobstreet, kamu harus memiliki akun dan sudah terdaftar di platform tersebut. Jika sudah masuk ke akun Jobstreet saya, kalau belum kamu bisa mendaftarkan diri secara gratis.

2. Melihat Iklan Lowongan Pekerjaan

Nantinya, kamu bisa melihat iklan pada halaman utama Jobstreet, lalu pilih bagian nama posisi. Pilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki.

Baca juga:  Kata Kata & Cara Mengirim CV Lewat Email yang Benar

3. Apply Now

Cara melamar kerja lewat Jobstreet selanjutnya, kamu akan menemukan tombol apply now pada bagian bawah iklan lowongan. Tekan tombol tersebut yang berarti kamu mengajukan sistem agar bisa mengirimkan lamaran pekerjaan ke perusahaan tersebut.

4. Melakukan Pendekatan

Jika kamu sudah mengirimkan resume atau profile Jobstreet untuk mengikuti proses rekrutmen. Maka kamu bisa meminta informasi ke bagian personalia untuk mendapatkan informasi kejelasan tentang lamaran yang sudah kamu ajukan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur pelacakan lamaran online yang disediakan di Jobstreet. 

Waktu proses lamaran Jobstreet memang membutuhkan waktu lama bahkan bisa berbulan-bulan. Hal ini tentu membuat para pelamar harus sabar menunggu. Cara melamar kerja lewat Jobstreet cukup mudah, bukan? Segera ajukan lamaran ke perusahaan impian!

Tips Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil

Pelamar di platform Jobstreet semakin banyak dan jumlah pesaing juga semakin meningkat. Jika kamu mulai sering mengecek status lamaran pekerjaanmu. Ada beberapa tips yang bisa jamu gunakan agar lamaran yang kamu ajukan di Jobstreet dipanggil:

1. Memperbaharui CV

Pastikan saat melengkapi CV di Jobstreet, CV milikmu sudah diperbaharui agar perusahaan dapat mengetahui surat lamaran yang kamu ajukan dan dapat mereview identitas dirimu dengan baik. Mulai dari identitas diri, pendidikan, foto yang professional, dan lain-lain.

2. Masa Berlaku Pekerjaan

Setiap lowongan pekerjaan yang sudah dipublish di Jobstreet mempunyai tenggat waktunya masing-masing. Sehingga, ajukan lamaran paling awal agar lamaran cepat diproses dan berpeluang dipanggil perusahaan.

3. Batas Usia

Hal yang tidak kalah penting saat melamar pekerjaan adalah syarat terkait batasan umur. Perusahaan biasanya memiliki syarat batas usia karena tingkat produktivitas berdasarkan usia akan mempengaruhi para pekerja.

Baca juga:  5 Tugas Social Media Officer untuk Resume Koordinator Media Sosial

4. Perhatikan Gaji Perusahaan

Seorang pelamar harus mengetahui gaji perusahaan yang akan dilamar. Biasanya, perusahaan akan meminta pelamar untuk menuliskan gaji yang diinginkan. Tentu, untuk menuliskannya tidak boleh sembarangan. Kamu terlebih dahulu harus riset agar tahu mengenai gaji yang sesuai dengan posisi yang kamu ajukan.

Itulah informasi lengkap tentang cara melamar kerja lewat Jobstreet serta tips-tips yang bisa kamu terapkan agar lamaran yang kamu ajukan diterima dan dipanggil. Semoga membantu!

Bagikan:

Tinggalkan komentar