Cara Melamar Kerja di Starbucks Lengkap dan Mudah

Saking populernya Starbucks, ada banyak orang yang ingin bekerja di sana. Akan tetapi, tak sedikit yang belum mengetahui cara melamar kerja di Starbucks dan masih memiliki sedikit informasi tentangnya. 

Padahal, kamu baru bisa menjadi pegawai atau freelance di sana hanya ketika sudah mendaftar dan dinyatakan lolos. Tentunya juga, kamu harus mengetahui apakah ada lowongan kerja Starbucks atau belum. 

Biasanya sih, lowongan kerja di Starbucks gampang ditemukan. Misalnya di Internet dan dari media sosial resmi milik Starbucks. Dari sana, kamu bisa melihat apa saja persyaratan yang dibutuhkan. 

Tapi jika kamu kelewat dengan informasi lowongan kerjanya, berikut ini akan disediakan ulasannya secara lengkap, mulai dari PT yang menaunginya sampai pada pertanyaan bagaimana melamar ke Starbucks melalui LinkedIn.

Sekilas Mengenai PT. Sari Coffee Indonesia (Starbucks Indonesia)

Sebelum masuk pada bagian bagaimana cara melamar, pengetahuan tentang perusahaan—dalam hal ini Starbucks—sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, bukan tidak mungkin HRD di sana menerima kamu sebagai karyawannya hanya gara-gara mengerti tentang Starbucks walaupun hanya sedikit. 

Starbucks ini merupakan salah satu perusahaan kopi juga jaringan warung kopi modern yang berasal dari Amerika Serikat. Tepatnya di Seattle, Washington. Kedai kopinya juga sudah tersebar di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Tiongkok, dan banyak lagi. Salah satunya di  Indonesia. 

Sebagaimana kedai kopi pada umumnya, Starbucks menjual minuman dingin dan panas, biji kopi khas, kue, camilan, dan segala kelengkapan lain dalam dunia per-kopi-an. 

Kalau di Indonesia, Starbucks dijalankan oleh PT. Sari Coffee Indonesia. Kantor pusatnya ada di DKI Jakarta yang sudah berdiri sejak tahun 2002. Menurut data terakhir, perusahaan ini sudah memiliki 1001 – 5000 karyawan. 

Kabar baiknya perusahaan ini membuka kesempatan yakni career Starbucks Indonesia untuk siapapun yang ingin bekerja di Starbucks. Kamu bisa melihatnya di Facebook @KarirStarbucks dan di Instagram @KarirStarbucksIndonesia untuk informasi lebih lengkapnya. 

Tapi jika kamu pemalas, ya sudah. Berikut ini akan saya berikan informasi lengkap mengenai pertanyaan tentang syarat minimal dan cara melamar kerja di Starbucks.

Apakah Lulusan SMA Bisa Kerja di Starbucks?

Menurut informasi yang saya dapatkan, untuk bisa bekerja di Starbucks masih mengizinkan pegawai dari lulusan SMA/K sederajat. Akan tetapi, ada syarat khusus yakni minimal punya satu tahun pengalaman kerja. 

Apakah Lulusan SMP Bisa Kerja di Starbucks?

Dari informasi yang saya dapatkan, syarat untuk bekerja di Starbucks punya kriteria usia minimum yakni antara umur 18 – 24 tahun. Kalau kamu baru lulus SMP, paling mentok umurnya 17 tahun. Artinya masih belum bisa bekerja di Starbucks. 

Berapa Gaji Part Time di Starbucks?

Hal menarik yang ada di Starbucks adalah program Starbucks career part time. Jadi, kesempatan kamu untuk mendapat uang jajan tambahan dari bekerja, bisa didapatkan dengan bekerja di perusahaan kedai kopi ini. 

Selain programnya yang sangat menarik, gajinya juga menarik. Kabarnya, Starbucks memberikan gaji Rp150.000 – Rp 200.000 untuk sembilan jam bekerja. 

Berapa Gaji Barista di Starbucks?

Tentang gaji barista Starbucks, memang belum ada informasi yang jelas mengenainya. Hanya saja, ada yang menyebutkan bahwa gaji barista di sana sekitar Rp2,98 juta – Rp8 juta.

Syarat Bekerja di Starbucks

Setelah kamu mengetahui rincian gaji, sekilas tentang Starbucks, sekarang kamu harus tahu juga apa saja syarat yang menjadi kualifikasi umum bagi para pelamar kerja. Beberapa syarat ini harus kamu penuhi, kalau tidak, ya percuma juga nggak bakal diterima. 

Apa saja syaratnya? Berikut ini saya sediakan:

  1. Kandidat harus merupakan seseorang yang semangat.
  2. Usia 18 – 24 tahun. 
  3. Memiliki keterampilan interpersonal yang baik. 
  4. Memiliki kepribadian yang ramah. 
  5. Bisa melayani pelanggan. 
  6. Mau bekerja dengan sistem shift dan waktu liburan. 
  7. Bisa bekerja secara fleksibel pagi, sore, dan akhir pekan. 

Itu untuk persyaratan umumnya. Berbeda halnya jika kamu ingin mendaftar sebagai barista di Starbucks. Berikut ini syarat-syaratnya. 

  1. Bisa untuk mahasiswa dan juga non-mahasiswa. 
  2. Bersedia bekerja minimal empat hari dalam satu minggu.
  3. Untuk mahasiswa, minimal sudah masuk ke tahun kedua studi. 
  4. Diutamakan untuk jurusan perhotelan, ilmu sosial, dan pariwisata. 

Jika kamu memiliki kualifikasi seperti yang telah dituliskan di atas, artinya kamu berhak untuk mendaftar ke sana. Bagi yang masih bingung, silakan simak ulasan cara melamar pekerjaan di Starbucks yang ada di bawah ini. 

Cara Melamar Kerja di Starbucks

Cara Melamar Kerja di Starbucks
Cara Melamar Kerja di Starbucks

Sebentar, ngopi dulu kenapa sih. Buru-buru banget mau tahu cara melamar kerja di Starbucks. Kalau memang sudah nggak sabar, cus aja simak langkah-langkah agar kamu bisa melamar kerja.

1. Cara Melamar Kerja di Starbucks Melalui Website Resminya

Bagaimana cara melamar kerja di Starbucks? Salah satu cara untuk melamar kerja di sana adalah melalui website resminya. Berikut ini langkah-langkahnya: 

  1. Kunjungi starbucks.co.id melalui browser perangkat yang kamu gunakan. 
  2. Setelah membukanya, kamu hanya perlu scroll sampai halaman bawah.
  3. Lihatlah di sebelah pojok kiri bawah. Ada tulisan Career Centre. 
  4. Ketika menekannya, kamu akan diberikan dua pilihan: Staff Management Careers atau Retail Career. 
  5. Di sana ada juga opsi How to Apply.
  6. Silakan klik Online Application yang ada di bawahnya. 
  7. Kamu akan ditampilkan beberapa kolom atau form yang harus diisi dengan biodata secara lengkap. 
  8. Isilah form tersebut secara lengkap dan benar. 
  9. Jangan lupa untuk melakukan centang pada kotak Terms & Condition Agreement. 
  10. Masukkan juga captcha pada kolom yang disediakan. 
  11. Terakhir, klik Submit. 

Itulah beberapa langkah sebagai cara melamar kerja di Starbucks yang harus kamu lakukan. Setelahnya, kamu tinggal menunggu pemberitahuan dari email ataupun langsung ke nomor telepon aktif yang telah kamu isi dalam form sebelumnya. 

Untuk cara melamar kerja part time di Starbucks, metodenya sama saja. Hanya saja, kamu perlu mengubah kolom Position dalam form tadi ke misalnya Part Time Barista. 

2. Cara Melamar Kerja di Starbucks melalui LinkedIn

Cara melamar kerja di Starbucks melalui LinkedIn sangat mudah. Hampir sama dengan melamar ke perusahaan lainnya yang ada di LinkedIn. Begini caranya. 

  1. Buka akun LinkedIn milik Starbucks Indonesia atau PT. Sari Coffee Indonesia: https://www.linkedin.com/company/pt–sari-coffee-indonesia.
  2.  Silakan cek apakah di sana ada lowongan pekerjaan atau tidak. 
  3. Jika ada, klik Lihat Pekerjaan. 
  4. Carilah posisi pekerjaan yang kamu inginkan, lalu tekan. 
  5. Klik terapkan/terapkan dengan mudah di sebelah atas.
  6. Lengkapilah informasi sebagaimana dibutuhkan dan ikutilah arahan selanjutnya. 
  7. Setelah selesai, klik Tinjau terlebih dahulu. 
  8. Klik Kirim.

Sudah, itu saja cara melamar kerja di Starbucks. Semoga ulasan ini membantu!

Bagikan:

Tinggalkan komentar