Cara Melamar Kerja di Shopee serta Syarat & Taksiran Gaji

Siapa yang tidak kenal marketplace raksasa bernama Shopee? Jadi, tidak heran jika Shopee memiliki jumlah karyawan yang sangat banyak untuk menunjang operasional Shopee tersebut. Lantas, kamu penasaran bagaimana cara melamar kerja di Shopee? Kamu bisa dengan mudah mengakses lamaran di Shopee dengan sistem yang sudah dibuat oleh pihak Shopee bernama Shopee Karir.

Alasan Shopee Menjadi Perusahaan Idaman Pelamar Kerja

Sebelum kamu penasaran cara melamar kerja di Shopee, kamu harus tahu terlebih dahulu kenapa Shopee menjadi perusahaan idaman yang diminati banyak orang.

  1. Shopee memiliki budaya kerja yang menyenangkan dan kolaboratif, sehingga jika kamu bisa kerja di Shopee jelas kamu akan berkembang secara karir maupun kemampuan.
  2. Shopee hadir dengan program pelatihan skill umum seperti kepemimpinan, komunikasi, berpikir kreatif serta manajemen.
  3. Shopee juga memiliki Shopee Academy, dengan adanya program ini maka akan tercipta suasana kerja dari leaders hingga individu yang kondusif.
  4. Terakhir, kantor Shopee bersifat open space dimana kamu seorang karyawan dapat dengan mudah berkolaborasi ataupun pindah tempat duduk sesuai keadaan suasana hati.

Sudah semakin penasaran, lowongan kerja di Shopee seperti apa persyaratannya?

Tunggu apalagi, inilah persyaratan kerja di Shopee yang harus kamu persiapkan mulai dari sekarang. Karena Shopee sangat cocok untuk dijadikan tempat kerja idaman, selain gaji yang tinggi tentunya, kamu akan mampu meningkatkan skill dan network yang baik.

Syarat Kerja di Shopee

Seringkali pertanyaan kerja di Shopee jurusan apa muncul, serta cara melamar kerja di Shopee lulusan SMA itu seperti apa? Namun, kamu tidak perlu khawatir karena di artikel ini akan membahas tuntas pertanyaan tersebut dalam QnA. 

Shopee yang diluncurkan pada tahun 2015 ini menduduki kursi e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan. Jadi, tidak heran jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari Shopee. Layaknya seperti perusahaan lainnya, syarat kerja di Shopee yang paling awal dan yang kamu tahu siapkan adalah melengkapi dokumentasi sesuai kualifikasi.

Sebelum menyiapkan dokumen, kamu harus memperhatikan apakah jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh Shopee sesuai dengan karakter mu atau tidak serta cara melamar di Shopee ini apakah cocok sesuai dengan kemampuanmu. Jika, sesuai dengan karakter dan kualifikasi maka segeralah siapakan dokumen persyaratannya.

  1. Surat Lamaran Kerja
  2. Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Kartu Identitas (KTP)
  6. Pas Foto Terbaru
  7. Sertifikat-Sertifikat Penunjang
  8. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  9. Surat Pengalaman Kerja atau Referensi Kerja
  10. Surat Keterangan Sehat

Itulah dokumen penting yang perlu kamu siapkan untuk melamar kerja di Shopee, walaupun ada beberapa kualifikasi yang tidak mengharuskan semua ada. Namun, untuk lebih amannya kamu dapat melengkapi semua berkas sehingga kualitas lamaran kerja yang kamu ajukan baik.

Cara Melamar Kerja di Shopee

cara melamar kerja di shopee
Cara melamar kerja di Shopee

Sudah cukup familiar dengan “Shopee Karir”? Ya, merupakan platform yang diperuntukkan untuk kamu yang tertarik bekerja di Shopee. Shopee Karir akan memberikan informasi seputar posisi yang sedang dibutuhkan serta lokasi penempatannya secara langsung dari Shopee.

1. Cara Melamar Kerja di Shopee Secara Online

Kamu bisa mengunjungi laman atau website resmi Shopee yaitu careers.shopee.co.id, di website tersebut kamu akan menemukan informasi seputar cara melamar kerja di Shopee yang sedang dibuka. Melalui website resmi ini kamu akan bekerja under Shopee langsung tanpa outsourcing, karena jika kamu melalui outsourcing untuk peluang karirnya akan lebih sedikit.

  1. Buka situs Shopee Karir.
  2. Pilih lokasi negara, atau kota yang membutuhkan posisi lowongan kerja.
  3. Atau kamu juga dapat memilih posisi sesuai dengan background atau pengalaman kerja.
  4. Setelah kamu klik, kamu akan diberikan deskripsi singkat pekerjaan, kualifikasi sampai job desc.
  5. Selanjutnya, tekan “Kirim Lamaran”  yang berada di bawah halaman. 
  6. Kemudian kamu isi data lamaran berkas serta siapkan berkas secara online.
  7. Jika sudah, tunggu sampai proses rekrutmen berjalan.

Semua dokumen serta formulir yang sudah kamu lamarkan secara otomatis masuk ke database lowongan kerja di Shopee, selanjutnya kamu tinggal menunggu panggilan tes yang akan pihak Shopee sampaikan melalui e-mail ataupun telp. Jadi, pastikan bahwa e-mail dan nomor telp kamu dalam keadaan aktif.

2. Cara Melamar Kerja di Shopee Melalui BPO atau Outsourcing Shopee

BPO merupakan pihak pengalihdayaan bisnis perusahaan kepada pihak lain atau pihak ketiga untuk memberikan fokus pada bisnis intinya atau efisiensi biaya. Biasanya rekrutmen melalui BPO ini untuk berbagai posisi dan pihak perusahaan atau Shopee membutuhkan banyak tenaga kerja baru.

Jadi, pihak shopee mempercayakan pihak ketiga untuk merekrut dan membina calon karyawannya guna nantinya bisa bekerja di Shopee.

Cara Melamar Kerja di Shopee Express

Seiring berkembangnya industri e-Commerce di tanah air membuat Shopee terus berinovasi dengan melengkapi pelayanan menggunakan Shopee Express. Shopee Express merupakan jasa pengiriman khusus untuk penjual Shopee yang terpilih, dengan begitu Shopee Express ini menawarkan peluang kesempatan bagi masyarakat untuk bisa memperoleh penghasilan dengan menjadi kurir pengantaran.

Sebelum melanjutkan ke cara melamar kerja di Shopee Express, kamu harus tahu terlebih dahulu syarat mendaftar menjadi mitra PT. Shopee Internasional Indonesia kurir Shopee Express.

Syarat Mendaftar Kurir Motor

  1. Memiliki motor pribadi dengan SIM C aktif
  2. Surat Domisili dari RT/RW
  3. Dokumen kendaraan (STNK) lengkap dan aktif
  4. Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  5. Memiliki rekening BCA atas nama pribadi

Syarat Mendaftar Kurir Mobil

  1. Mempunyai mobil pribadi dengan SIM A aktif
  2. Surat Domisili RT/RW
  3. Dokumen kendaraan (STNK) lengkap dan aktif
  4. Sudah memiliki rekening BCA atas nama pribadi
  5. Serta memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Sedangkan, cara melamar kerja di Shopee Express dapat kamu lakukan baik secara online maupun offline. Jika, kamu ingin bekerja di Shopee Expressnya kamu tinggal menunggu informasi lowongan kerja di Shopee Express yang tentunya akan diinformasikan oleh laman resmi pihak Shopee atau Shopee Express.

Selanjutnya, bagi kamu ingin bekerja menjadi mitra Shopee Express, pastikan kamu mendaftar sesuai dengan tempat tinggalmu saat ini apabila ingin cepat masuk dalam proses tahapan interview.

  1. Buka link pendaftaran di spx.co.id dan pilihlah sesuai dengan wilayah kamu berada.
  2. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke pengisian formulir dengan lembar pertama pemilihan kuris sesuai kendaraan yang kamu miliki yaitu motor atau mobil.
  3. Kemudian, geser ke bawah dan masukan data diri secara lengkap sesuai kartu identitas (KTP), serta masukan kontak pribadi, nomor NPWP, masukan data bank, pilih lokasi HUB, alamat rumah lengkap, masukan data SIM dan data kendaraan serta data STNK.
  4. Selanjutnya, input informasi lainnya berupa beberapa pernyataan dan pertanyaan.
  5. Sudah selesai, tinggal klik kirim pada bagian bawah untuk menyelesaikan proses melamar pekerjaan di Shopee Express.

Cara Melamar Kerja di Shopee Food

Shopee Food merupakan inovasi dari Shopee yang bergerak dalam bidang pemasaran dan minuman secara online, dengan kata lain Shopee Food adalah layanan pesan antar makanan secara online yang dapat kamu rasakan dan miliki dari Shopee.

Jika kamu tertarik untuk mencoba cara melamar kerja di Shopee Food, biasanya pihak Shopee akan memberikan informasi secara resmi untuk lowongan yang pihak Shopee Food butuhkan. Namun, jika kamu ingin mendaftar menjadi bagian dari Shopee Food kamu dapat mencoba dengan melamar menjadi driver.

  1. Pertama, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP yang aktif, SIM C aktif, STNK dengan tahun pembuatan kendaraan minimal tahun 2012, SKCK, dan buku tabungan yang sesuai dengan identitas KTP.
  2. Memiliki alamat email aktif.
  3. Nomor telepon atau handphone aktif.
  4. Mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Shopee yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu driver di daerah Jabodetabek serta luar Jabodetabek.
  5. Setelah selesai mengisi dengan lengkap, kamu tinggal menunggu konfirmasi dari pihak tim Shopee Food  dengan kurun waktu paling lambat satu bulan.
  6. Untuk konfirmasi tersebut pihak Shopee Food akan menghubungimu melalui email atau WhatsApp untuk informasi atau proses selanjutnya.

Q&A Seputar Melamar Kerja di Shopee

Perkembangan yang pesat itulah yang menjadikan munculnya banyak pertanyaan terkait cara melamar kerja di Shopee. Apalagi di generasi milenial atau anak muda tidak mungkin mereka tidak mengetahui yang namanya Shopee. Sehingga, kini saya meringkas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar melamar kerja di Shopee.

Jurusan apa agar bisa kerja di Shopee?

Shopee menerima semua jurusan sesuai dengan posisi yang mereka butuhkan, terutama gelar sarjana yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Posisi apa saja yang ada di Shopee?

Shopee menawarkan berbagai macam posisi dalam perusahaannya, mulai dari Service Point Surveyor, Service Point Supervisor, Service Point Legal Admin hingga Hub Lead Shopee Express.

Berapa gaji intern Shopee?

Rata-rata gaji yang ditawarkan Shopee untuk internet sekitar Rp 2.000.000,- hingga Rp 2.500.000,-

Shopee nama PT nya apa?

Shopee memiliki profil PT dengan nama PT. Shopee Internasional Indonesia

Berapa gaji kurir Shopee?

Kurir di Shopee akan menerima gaji sekitar Rp 3.000.000,- hingga Rp 4.000.000,-

Berapa gaji mitra pengemudi Shopee Food?

Mitra pengemudi Shopee Food akan biasanya menerima pendapatan rata-rata per hari sekitar Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,-

Nah, itulah informasi lengkap seputar cara melamar kerja di Shopee, Shopee Express ataupun Shopee Food yang akan membantu kamu untuk menambah wawasan serta persiapkan jika kamu tertarik untuk menjajakan kemampuan yang kamu miliki di Shopee. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar