9 Cara Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil Wawancara

Cara melamar di Jobstreet agar dipanggil rasanya tak begitu susah, asalkan kamu dengan serius melakukannya. Mengikuti berbagai persyaratan, yup mudah sekali agar kamu bisa dipanggil wawancara.

Kemajuan teknologi berdampak pada kemudahan manusia mengakses berbagai informasi. Tak terkecuali informasi lowongan pekerjaan. Jika dahulu informasi tersebut didapatkan dari mulut ke mulut, koran, atau di papan pengumuman, sekarang kita bisa mendapatkannya dengan mudah melalui gadget.

Pun untuk melamarnya bisa dilakukan secara online. Salah satunya yaitu melalui kanal Jobstreet. Nah, di sini saya akan berbagi cara melamar di Jobstreet agar dipanggil.

Sekadar informasi, Jobstreet merupakan situs ketenagakerjaan yang menyediakan informasi lowongan kerja juga kegiatan melamar di dalamnya. Melalui Jobstreet, kamu bisa apply lamaran kamu ke perusahaan yang kamu inginkan hanya bermodalkan dengan sentuhan jari. Sudah disediakan informasi, mudah dalam melamar pula. Sangat menguntungkan, bukan?

Menurut Forbes, situs web yang didirikan di Malaysia pada tahun 1997 ini menjadi perusahaan pekerjaan online terbesar di Asia. Artinya, tidak cuma job seeker Indonesia yang menggunakan Jobstreet. Sudah banyak orang yang memiliki pengalaman melamar di Jobstreet. Beberapa orang dari negara lain juga memanfaatkan situs Jobstreet untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: contoh promosi jabatan

Cara Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil

Untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, sebelumnya kamu harus kulik dan cari tahu dulu informasi terkait hal tersebut. Termasuk ketika ingin melamar kerja di Jobstreet, biar tidak salah langkah, gitu. Nah, tidak perlu kelamaan lagi. Berikut beberapa cara melamar di Jobstreet agar dipanggil.

Kami akan memberikan kamu mengenai 9 Cara Melamar di Jobstreet Agar Dipanggil Wawancara bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Langkah ini simpel, tetapi sering luput dari perhatian. Cek yuk.

1. Perhatikan dengan Seksama Identitas Dirimu

cara melamar di Jobstreet agar dipanggil

Langkah pertama yang harus dilakukan saat melamar Jobstreet adalah mendaftar. Di sini, kamu perlu mengecek ulang email kamu apakah sudah benar atau belum karena nantinya informasi terkait lowongan kerja yang sesuai dengan dirimu akan dikirimkan langsung ke emailmu. Jika kamu salah mengisi alamat email, jangan salahkan Jobstreet kalau tidak ada informasi apapun yang masuk.

Pastikan juga kalau email yang kamu gunakan untuk mendaftar Jobstreet adalah email pribadi kamu. Tidak alasan lain, sebab jika kamu menggunakan email perusahaan atau organisasi yang suatu saat bisa tidak kamu kelola lagi, hal ini akan menyulitkanmu di kemudian hari. Kuncinya adalah validasi email yang bisa diakses olehmu kapan pun.

2. Isi Profil LiNa Sesuai dengan Dirimu

Cara melamar di Jobstreet agar dipanggil selanjutnya yaitu mengisi profil LiNa yang sesuai dengan dirimu. LiNa merupakan sistem pencocokan informasi lowongan kerja yang ada di Jobstreet. Kamu akan diberikan beberapa kriteria untuk mencocokkan profil dan lowongan yang tersedia. Kriteria tersebut meliputi bidang pekerjaan, lokasi kerja, riwayat pendidikan, jenis kerja paruh waktu atau full time, dan sebagainya.

Dengan mengisi profil LiNa yang sesuai, semakin besar peluangmu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang kamu impikan.Bahkan di Jobstreet, kamu bisa membuat 3 profil LiNa sekaligus dan mengisinya sesuai kriteria pekerjaan yang kamu inginkan masing-masing.

3. Buat dan Upgrade Profil Jobstreet Sesuai dengan Pengalaman

Salah satu cara melamar via Jobstreet agar cepat dipanggil yaitu dengan membuat profil Jobstreet yang sesuai dengan pengalaman.Isikan pengalaman dan informasi seputar dirimu yang sesuai dengan lowongan kerja yang akan kamu lamar. Jangan lupa selalu memperbaruinya jika memang ada informasi tambahan atau baru tentangmu yang perlu diketahui recruiter.

Kamu seorang lulusan SMK atau SMA? Baca deh contoh promosi diri fresh graduate SMK.

4. Unggah Resume yang Sesuai dengan Kualifikasi

cara melamar di Jobstreet agar dipanggil

Di jobstreet, kamu juga bisa mengunggah resume kamu sendiri sehingga tampilannya sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Cara melamar di Jobstreet agar dipanggil yaitu dengan memakai resume yang sederhana dan ringkas. Human Resource (HR) hanya akan melihat sekilas resume kamu, jadi cukup cantumkan informasi yang relevan dengan kualifikasi lowongan.

Baca juga: Aplikasi buat promosi iklan.

5. Gunakan Foto Profesional

Cara melamar di jobstreet agar dipanggil selanjutnya adalah dengan menggunakan foto profesional. Foto yang profesional memberikan kesan dan gambaran dirimu kepada recruiter. Gunakan foto yang jelas, rapi, dan tersenyum. Kesan profesional tersebut bisa menambah pesonamu ketika proses seleksi. Perlu diingat, jangan pernah sekali-kali memakai foto selfie.

6. Cari Perusahaan yang Relevan

Cara melamar di Jobstreet agar dipanggil lainnya yaitu melamar pada perusahaan yang relevan dengan kualifikasi kamu. HR hanya akan memilih kandidat yang sesuai dengan kualifikasi, jadi bakal sia-sia jika kamu apply pada posisi yang jauh dari kemampuanmu. Daripada melamar banyak perusahaan tapi sebenarnya tidak cocok, mending cukup beberapa perusahaan dengan syarat yang relevan.

7. Baca Ketentuan Lowongan dengan Cermat

cara melamar di Jobstreet agar dipanggil

Jangan hanya asal membaca, cermatlah dalam melihat lowongan yang tersedia. Tips melamar di Jobstreet ini sering diabaikan. Ketentuan seperti batas waktu melamar, misalnya, bisa membuatmu gugur seketika karena tidak sesuai dengan syarat sedari awal. Agar tidak menyesal nantinya, selalulah baca ketentuan lowongan pekerjaan dengan teliti.

8. Waspadai Penipuan Berkedok Rekrutmen

Rekrutmen di Jobstreet juga bisa berupa penipuan. Terkait hal ini, situs Jobstreet juga sudah mewanti-wantinya. Jangan terlalu senang terlebih dahulu jika mendapat informasi lowongan yang tersedia, pastikan perusahaan itu benar adanya dan bukan tipuan. Tetap waspada, dan jangan sekali-kali apply iklan lowongan kerja yang meminta sejumlah uang sebelum lamaran kamu diproses.

9. Cek Status Lamaranmu Secara Berkala Sembari Berdoa

Cara melamar di Jobstreet agar dipanggil yang terakhir adalah dengan senantiasa mengecek status lamaran. Bisa jadi sebenarnya lamaran kamu sudah diterima dan wawancara juga sudah dijadwalkan oleh perusahaan. Pantau terus biar bisa bikin rencana lanjutan. Nah, setelah berusaha, kamu cukup terus berdoa agar diberikan kemudahan dalam menerima segala keputusan perusahaan.

Itu dia beberapa cara melamar di Jobstreet agar dipanggil wawancara. Ayo coba tips melamar pekerjaan di Jobstreet ini, dan temukan pekerjaan sesuai keinginanmu. Yang pasti, terus semangat mencari kerja dan bagi informasi ini buat jobseeker lainnya, ya! 

Bagikan:

Tinggalkan komentar